10 Tips Olahraga Ringan untuk Kesehatan Kerja Seorang Freelancer

Menjadi seorang freelancer akan menuntut Anda untuk lebih banyak duduk di depan komputer sepanjang hari, sehingga kesehatan pun tidak terjaga dan terabaikan. Seorang freelancer harus pandai dalam menjaga kesehatannya saat bekerja agar tetap stabil dan bisa berkonsentrasi.  Nah, berikut 10 tips olahraga ringan untuk kesehatan freelancer di tempat kerja.

1. Jalan di tempat 20 detik

 Jalan di tempat 20 detik

Jalan di tempat 20 detik

Salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan freelancer di tempat kerja adalah berjalan di tempat selama 20 detik. Jika memungkinkan, Anda dapat mengombinasikannya dengan lari di tempat selama 10 detik. Lakukanlah gerakan ini di sela-sela Anda bekerja agar konsentrasi tetap terjaga. Selain itu, gerakan ringan pada kaki akan membuat peredaran darah kembali lancar, terutama setelah duduk berjam-jam di tempat kerja.

2. Squad jump

Squad jump

Squad jump

Squad jump juga bisa menjadi pilihan seorang freelancer untuk berolahraga ringan di tempat kerja. Lakukanlah squad jump 10x, maka tubuh akan menjadi bugar kembali. Anda dapat melakukan squad jump di saat siang hari, saat mata mulai mengantuk dan tidak fokus.

3. Push up

Push up

Push up

Gerakan push up dapat mengaktifkan seluruh bagian tubuh, mulai dari otot leher, perut, tangan hingga kaki. Melakukan push up rutin untuk menjaga kesehatan saat kerja dapat membuat tubuh tetap langsing. Lakukanlah push up sebanyak 5 hingga 10 kali.

4. Peregangan otot punggung

Peregangan otot punggung

Peregangan otot punggung

Seorang freelancer akan menghabiskan banyak waktu seharian untuk duduk di kursi kerja, sehingga banyak freelancer mengalami gangguan nyeri otot di punggung. Nah, olahraga ringan, seperti peregangan otot punggung, akan membantu Anda untuk mengatasinya. Peregangan otot punggung dapat dilakukan dengan menggerakkan ke kanan, ke kiri, dan merunduk ke depan untuk merelaksasi otot.

 

Baca juga:

 

5. Sit up

Sit up

Sit up

Anda dapat melakukan sit up di lantai dekat meja kantor. Selain dapat menjaga kesehatan kerja freelancer, gerakan sit up juga menjadi langkah efektif untuk mengecilkan perut dan membakar lemak di perut. Lakukanlah gerakan sit up sebanyak 10 hingga 15x setelah makan siang agar lemak tidak terkumpul di perut saat melanjutkan kerja.

6. Gerakan memutar kepala

gerakan memutar kepala

gerakan memutar kepala

Selama Anda menatap layar komputer, mata dan kepala mengarah lurus ke depan. Nah, gerakan memutar kepala searah atau berlawanan arah jarum jam bisa meregangkan saraf tegang di area sekitar leher dan kepala. Ditambah lagi, gerakan ini bisa dilakukan sambil duduk di kursi kerja.

7. Memutar pundak

Memutar pundak

Memutar pundak

Selain kepala, pundak juga cenderung berada pada posisi yang sama saat berhadapan dengan komputer. Putarlah pundak ke atas dan ke bawah saat duduk di kursi. Lakukan gerakan memutar pundak setiap 2 jam sekali agar saraf-saraf di otak tidak terlalu tegang.

8. Gerakkan pinggang ke kanan dan ke kiri

Gerakkan pinggang ke kanan dan ke kiri

Gerakkan pinggang ke kanan dan ke kiri

Jika Anda merasa lelah, karena terlalu lama duduk. Berdirilah sebentar. Lalu gerakkan pinggang ke kanan dan ke kiri dalam beberapa menit, karena pekerjaan seorang freelancer yang sangat menyita waktu di depan komputer dapat membuat pinggang sering terasa sakit.

9. Peregangan lengan tangan dan jari

Peregangan lengan tangan dan jari

Peregangan lengan tangan dan jari

Lengan dan jari-jari tangan juga bergerak tanpa henti untuk menekan tombol-tombol pada keyboard komputer. Sebaiknya, Anda mengistirahatkan lengan dan jari dengan melakukan peregangan setiap satu jam sekali, agar lengan dan jari tidak kaku. Angkat lengan ke atas dan turunkan ke bawah selama 20 detik. Lalu, kepalkan jari-jari secara bergantian setelah melakukan peregangan lengan.

10. Peregangan otot kaki

Peregangan otot kaki

Peregangan otot kaki

Tips yang terakhir untuk menjaga kesehatan kerja freelancer adalah melakukan peregangan otot kaki. Anda bisa melakukannya dengan mengayunkan kaki dalam posisi duduk. Nah, dengan gerakan ini, Anda akan terhindar dari kesemutan yang menyiksa.

Ikutilah 10 tips olahraga ringan untuk kesehatan kerja freelancer agar stamina tetap terjaga dan pekerjaan menjadi lancar.

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *