Pekerja Freelance Pun Butuh Olahraga

Hampir semua pekerja freelance memulai bidangnya dari hobi. Ini membuat mereka lebih berdedikasi pada pekerjaannya dan tentu saja lebih menonjol dari pada mereka yang hanya didorong oleh keinginan untuk mencari uang. Tapi, dedikasi mereka yang terlalu tinggi kadang berakibat buruk. Bagi sebagian pekerja freelance, mereka terlalu terikat dengan pekerjaannya sehingga bahkan lupa untuk melatih tubuhnya. Oleh karena itu, di artikel ini saya akan kembali mengingatkan Anda tentang betapa pentingnya berolahraga.

Workout – stock.xchng

1. Olahraga itu Menyehatkan

Olahraga itu menyehatkan. Tidak perlu lagi penjelasan panjang atau bukti-bukti ilmiah. Semua orang tahu itu dan saya anggap Anda pun sudah tahu itu.

Ketika berkeringat Anda mengeluarkan racun-racun di tubuh yang kadang tidak bisa dikeluarkan lewat air seni atau kotoran. Anda juga akan menghirup lebih banyak oksigen yang dibutuhkan sel merah Anda. Tekanan yang Anda berikan akan melatih tubuh untuk lebih seimbang, lebih cekatan, lebih kuat, dan mampu berkoordinasi dengan lebih baik.

2. Olahraga Sebagai Hobi

Bagi kebanyakan pekerja freelance, hobinya adalah bekerja. Terdengar aneh bagi para karyawan di luar sana, tapi itulah kenyataannya. Selesai bekerja, sering kali desainer beristirahat dengan membaca situs-situs desain. Kadang-kadang mereka berdiskusi ringan tentang tipografi di waktu luangnya. Bukankah mereka beristirahat sambil bekerja? Setelah sebelumnya bekerja!

Begitu terbiasa, olahraga bisa menjadi hobi baru bagi Anda. Anda juga akan sedikit demi sedikit terlepas dari kebiasaan jelek untuk terlalu terikat dengan pekerjaan. Bahkan, olahraga bisa menjadi pelarian yang menyenangkan setelah menyibukkan diri selama seharian dengan pekerjaan Anda.

3. Olahraga Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

Semakin sering dilatih, tubuh akan secara otomatis lebih kuat. Bertambahnya kekuatan ditandai dengan bertambahnya massa otot. Selain itu, Anda juga bisa membuang tumpukan lemak di tubuh. Tubuh berotot tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Bahkan, jika menekuni bela diri bukan hanya percaya diri yang akan Anda peroleh. Anda akan lebih berani, fokus, dan tenang dalam situasi genting apa pun. Tentu saja, Anda tahu bahwa fisik Anda berada dalam kondisi siap tempur.

4. Olahraga Melatih Skill Bersosialisasi

Ketika aktif berolahraga, Anda akan memiliki bahan pembicaraan baru selain pekerjaan. Olahraga berregu semacam sepak bola akan memaksa Anda untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja sama dengan pemain lain. Di tempat olahraga Anda juga mungkin bertemu kenalan baru. Kita tidak pernah tahu kesempatan apa yang bisa muncul dari hal-hal baru ini.

5. Olahraga Membantu Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Aktivitas olahraga membutuhkan tubuh yang prima. Untuk itu, Anda akan memiliki alasan baru untuk menghindari kebiasaan buruk yang biasa dilakukan. Misalnya tidur terlalu larut malam, merokok, makan junk food yang tidak sehat, dst.

6. Olahraga Melatih Sikap Disiplin

Pertama kali berolahraga, tubuh Anda akan hancur! Otot yang tidak terbiasa dengan kerja berat akan stress. Tapi, jika Anda memaksakan diri dan berolahraga secara rutin, sedikit demi sedikit tubuh akan beradaptasi. Proses ini butuh waktu dan harus dilakukan secara terus menerus. Dengan berolahraga, Anda melatih diri sendiri untuk disiplin dengan waktu latihan, membatasi menu makanan, dan cukup beristirahat.

Tidak perlu disangkal lagi bahwa olahraga sangat Anda butuhkan. Bahkan yang perlu Anda lakukan sekarang bukanlah membaca artikel ini. Bangunlah dari kursimu dan mulailah push up!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Untungnya sekarang setiap minggu udah main basket. Dulu bisa dibilang setiap hari duduk di depan komputer. Kalau saya pribadi, meluangkan sedikit waktu untuk olahraga bisa membantu menurunkan stress juga.

  2. says

    Kesehatan adalah hal terpenting jadi bangaimanapun juga mesti harus bisa pandai2 jaga kesehatan dengan berolahraga rutin meskipun pekerjaan kita tidka terlalu berat
    nice info RuangFreelance.com..

  3. says

    Menurut saya sangat butuh, apalagi jika freelance di bidang yang bergelut dengan komputer seperti saya. Kebanyakan duduk dan kurang olahraga bisa menyebabkan overweight. Tapi jangan lupa, olahraga saja tanpa mengatur pola makan sama saja seperti tidak berolahraga.
    Selama 1 bulan, setelah saya menerapkan olahraga intensif dan atur pola makan, berat badan bisa turun sampe 9 kg. Hehehe, sekarang rasanya bener-bener butuh olahraga, tiap pagi klo tidak jalan rasanya tidak semangat.

  4. Lavia says

    Olahraga memang ada banyak manfaat, olahraga yang simpel tapi bermanfaat seperti jalan cepat pun sudah cukup membantu menjaga kebugaran tubuh

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *