Meningkatkan Profesionalitas Lewat Desain Kartu Nama Unik

Di Indonesia, kartu nama biasanya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi tertentu. Kartu nama juga dimiliki oleh sebagian orang yang memiliki bisnis/usaha mandiri. Walaupun demikian, masih banyak yang belum menganggap penting kartu identitas yang satu ini. Padahal, banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memiliki kartu nama. Mau tahu? Inilah beberapa manfaat kartu nama yang bisa Anda dapatkan.

MANFAAT KARTU NAMA

MANFAAT KARTU NAMA

MANFAAT KARTU NAMA

1. Tampak profesional dan menghormati orang lain

Seseorang yang memiliki kartu nama dan membawanya ke mana saja, akan terlihat lebih siap bertemu orang lain untuk keperluan apa pun. Jika dikaitkan dengan bisnis, kartu nama akan membuat Anda tampak lebih profesional. Selain itu, di negara-negara maju seperti Jepang, memberikan kartu nama kepada orang yang baru dikenal adalah salah satu bentuk penghormatan. Anda ingin pergi ke Jepang? Jangan lupa membawa kartu nama Anda!

2. Memperkenalkan perusahaan/bidang keahlian

Bagi perusahaan, kartu nama dapat menjadi media untuk memperkenalkan perusahaan kepada orang lain melalui pegawai-pegawainya. Demikian juga jika Anda memiliki usaha sendiri, kartu nama bisa menjadi media promosi efektif yang bisa Anda berikan kepada orang-orang yang Anda temui. Suatu saat, ketika mereka memerlukan produk atau jasa Anda, mereka akan teringat pada kartu nama tersebut dan menghubungi Anda.

3. Mudah dibawa, mudah diberikan

Ukuran kartu nama yang kecil dan mudah diselipkan di dalam dompet membuat kartu nama menjadi mudah dibawa dan juga mudah diberikan. Anda tidak akan merasa repot untuk membawa beberapa lembar kartu nama ke mana saja, sehingga Anda dapat memberikannya kepada orang-orang yang tepat kapan saja. Demikian pula, seseorang tidak akan keberatan menerima kartu nama Anda karena tidak akan menambah beban bawaannya. Sebaliknya, bisa jadi kartu nama Anda malah menjadi sumber solusi bagi mereka.
4. Memperlancar networking
Pernahkah Anda bertemu seseorang, lalu ditanya “Apa kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari?” Sering kali, pertanyaan yang singkat ini memerlukan jawaban yang sangat panjang. Dengan memberikan kartu nama, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak kata untuk menjawabnya. Bisa jadi, lawan bicara Anda justru tertarik dengan informasi yang tercantum di dalam kartu nama Anda dan banyak bertanya tentang hal tersebut. Tanpa disadari, Anda telah melakukan aktivitas networking secara efektif.

 

Baca juga:

 

TIPS MEMBUAT KARTU NAMA

TIPS MEMBUAT KARTU NAMA

TIPS MEMBUAT KARTU NAMA

Agar manfaat-manfaat di atas dapat diperoleh, desain serta informasi yang tercantum di dalam kartu nama harus direncanakan sebaik mungkin. Berikut ini adalah tips membuat kartu nama yang baik:

1. Pastikan logo perusahaan dapat terlihat dengan jelas

Jika kartu nama Anda adalah sebuah business card, pastikan di dalamnya terdapat nama dan logo perusahaan/bisnis Anda. Atur letak dan ukurannya agar dapat langsung terlihat begitu seseorang menerima kartu nama tersebut.

2. Memuat informasi-informasi penting

Setidaknya, cantumkanlah nama Anda, nama perusahaan/badan usaha/keahlian, alamat kantor/bisnis, alamat email, website (jika ada), serta nomor kontak. Pastikan informasi-informasi tersebut valid.

3. Ukuran standar

Gunakanlah ukuran kartu nama yang standar sehingga tetap praktis dan mudah disimpan di dalam dompet. Anda tentu berharap agar setiap orang menyimpan kartu nama Anda dan dapat menemukannya dengan mudah ketika diperlukan. Boleh saja Anda berkreasi dengan bentuk dan ukuran kartu nama, namun jangan sampai membuatnya sulit untuk disimpan, mudah rusak, atau mudah hilang.

4. Memliki bentuk yang unik

Agar kartu nama Anda berkesan bagi penerima, Anda dapat membuat desain kartu nama yang unik. Tidak sekadar unik, sebaiknya bentuk kartu nama juga dapat langsung diasosiasikan ke bidang usaha/keahlian yang Anda geluti. Berikut ini adalah 10 desain kartu nama unik yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda:

 

 

Itulah beberapa manfaat kartu nama dan tips membuat kartu nama yang baik. Dengan memiliki kartu nama, didukung dengan desain kartu nama yang unik, Anda telah berupaya meningkatkan profesionalitas kerja. Perusahaan Anda akan tampak lebih bonafide dan keahlian Anda dapat dilihat dengan jelas. Jadi, belum punya kartu nama? Buatlah sekarang juga!

 

 

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *