Freelance Market Baru, Minim Saingan

freelance traffic

freelance traffic

Cari kerja freelance di internet memang sekarang ini susah-susah gampang. Mulai permintaan klien yang minta nya aneh-aneh sampai saingan yang sudah nggak kehitung lagi. Apalagi kita juga belum punya portfolio yang sangat dibutuhkan klien untuk mengetahui hasil kerja yang pernah kita kerjakan. Kebanyakan dari kita waktu memulai kerja freelance dari awal pasti pernah mikir seperti ini, β€œKapan yah aku dapat kerjaan ?”, jujur aja deh.

Kalau kalian pada awal cari kerjanya di situs-situs freelance market macam GetAFreelancer, Elance, Scriptlance, Atau RentACoder pasti tahu bagaimana persaingan antar sesama freelancer disitu. Sulit bukan? Belum lagi kalau sudah ketemu sama orang dari India yang sudah punya review bagus, tapi berani memberi harga sangat murah.

Sebetulnya kalau kalian mau mencari lagi, masih ada freelance market lain yang tingkat persaingan nya masih belum terlalu susah. Saya kasih contoh freelancetraffic.com . Memang sih freelance market ini masih baru, tapi nggak ada salahnyakan mencoba? Toh dengan mencoba kita jadi lebih berpengalaman dan tahu banyak hal.

Kalau menurut saya, web ini cukup bagus bagi newbie, yang masih belum punya banyak pengalaman. Karena ini tergolong situs freelance market yang baru jadi pasti masih ada kurang dan lebih nya kan?
Mungkin ini beberapa diantara nya :

Kelebihan

Minim Saingan

Mungkin karena masih baru jadi anggota freelancernya masih sedikit, rata-rata masih belum punya review. Karena sedikit itulah persaingan antar anggota belum terlalu kelihatan. Respon dari pembeli pun bisa dikatakan cukup positif. Setiap saya menawarkan proposal selalu ada jawabannya, entah itu jawaban yang positif atau negative, tapi kebanyakan jawaban yang positif.

100 proposal/bid gratis

Kita diberi kebebasan untuk memberi proposal penawaran sampai 100 proposal. Coba banding kan kalau di GAF yang cuma 15, di Elance malah cuma dapat 3 per bulannya. Lumayankan kalau dibuat latihan, siapa tahu nanti menang lelang proyek terus dapat bayaran. Tetapi ingat, meskipun latihan, tetapi sebelum mengirim proposal pastikan dulu kamu bisa ngerjain tugas-tugas yang kira-kira bakal diberikan klien nantinya.

Kekurangan

Kurang Aman

Untuk keamanan sepert nya di situs ini masih kurang, kenapa? Karena kebanyakan halaman nya masih pakai port http, belum port https seperti situs freelance market kebanyakan. Pasti semua nya sudah pada tahu kan, beda http dengan https?

Pilihan Penarikan Dana cuma lewat PayPal

Karena pilihan penarikan dana cuma PayPal, jadi menyulitkan kita yang masih newbie. Karena untuk pendaftaran nya PayPal meminta verifikasi kartu kredit terlebih dahulu. Kalau masih awal memulai rata-rata dari kita kan belum punya kartu kredit ?

Tetapi lepas dari itu semua, daripada kita cuma melamun menunggu balasan proposal yang nggak datang-datang lebih baik kan mencoba yang lain. Lumayan untuk tambah-tambah ilmu. πŸ˜€

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Thanks buat infonya… πŸ™‚

    Emang susah sih bersaing di market2 freelance gitu, sampai sekarang aku juga baru dapat 1 job di oDesk.

    Kalo buat pemula, kayaknya lebih bagus kalo bermain di forum2 dulu, kayak Kaskus ato DP, kumpulin portfolio dulu. Syukur2 kalo di forum gitu ketemu orang yg suka outsource project, jadi project cenderung lancar. πŸ™‚

  2. namara says

    waduh,virus kaskus dah nyampe sni jga ya?he2..
    om momod,http sma https tu apa? bedany? trus VCC ap? maklum,nubi..tpi bukan krna males gugling n cari info dluar..tpi lebih mnjadikan artikel di ruangfreelance.com jadi ‘one stop reading’ wkwkwk..
    stuju gak agan2 skalian?

    • says

      http itu dapat dibuka oleh siapa saja,
      tapi kalo https hanya yg sudah login, sehingga menggunakan security yg lebih tinggi.
      VCC itu Virtual Credit Card, kita bisa dianggap punya CC untuk daftar di paypal.. walau CC tersebut sifatnya sementara

      semoga jawabannya memuaskan

      • namara says

        oouw…siip2. nais inpoh gan!!
        cek cendol dkulkas y gan..hehehee

  3. shendy luo says

    Salam kenal tmen2 web developer,

    Ada yang tertarik untuk bisnis e-comerce gak??
    g lagi nyari partner yang expert di web untuk gabung tim g. bisnisnya skala global, potensi omset bisa ratusan milyar setahun. G lg bangun tim solid & utk persen saham dibagi rata. Cuman webnya ribet & kompleks, ada fitur member, search tool yg detail, upoad download file besar, transaksi kartu kredit, security harus bagus banget, dll.

    Kira2 disini ada yg tertarik & qualified?
    kl ada bisa contact ke no.0818153288 (shendy Luo) kita bisa atur meeting dulu biar g jelasin lebih detail.
    Thanks bros.

  4. says

    Mau nanya yg keamanannya Mas. Resikonya apa kalau kita transaksi di situ pake Pay pal. Apakah bisa bonol akunnya? atau apa? Saya emang nubie, tapi udah punya paypal dan kartu kredit (maklum bekas orang offline biz dulu). Tq

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *