Sukses Belajar SEO bagi Freelancer secara Otodidak

Banyak orang sering berbicara mengenai artikel SEO friendly, namun jarang dari kita yang memahami maknanya. Nah setelah membaca artikel ini, terutama kamu yang bekerja sebagai freelancer, harus bisa belajar SEO secara otodidak.

Apakah SEO itu?

Apakah SEO itu?

Apakah SEO itu? / Ruang Freelance / www.digitalskassoc.com

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimisation. SEO menyangkut semua yang terkait pengoptimalan sebuah website bagi mesin pencari di internet. SEO merupakan:

  • Teknik untuk mendesain dan mengembangkan sebuah website agar memiliki peringkat tinggi dalam mesin pencarian;
  • Teknik untuk memperbaiki volume dan kualitas traffic sebuah website dalam mesin pencarian;
  • Teknik memasarkan dengan memahami bagaimana pencarian algoritma

Google bekerja, dan bagaimana pengguna internet melakukan pencarian. SEO ini terkait dengan e-commerce dan bisnis online, serta bagi mereka yang terlibat dalam pembuatan website dan web content. Hal ini disebabkan sebagian besar pengguna internet hanya mengeklik 5 – 10 hasil pencarian tertinggi. Oleh karena itu, makin tinggi peringkat kata kunci (keyword) atau frasa sebuah website, kesempatan klien untuk mendapatkan pelanggan baru akan lebih baik.

Bagaimana Mesin Pencarian Bekerja?

Bagaimana Mesin Pencarian Bekerja?

Bagaimana Mesin Pencarian Bekerja? / Ruang Freelance / www.blog.skytopper.com

Jika Anda merencanakan belajar SEO dasar, adalah penting untuk memahami bagaimana mesin pencarian bekerja. Mesin pencarian melakukan beberapa aktivitas sebelum menampilkan hasil pencariannya. Mulai proses mengambil semua tampilan web (webpage) dalam sebuah website, diikuti proses indeks yaitu mengidentifikasi kelompok kata dan ungkapan yang paling menggambarkan tampilan tersebut dan mengalokasikan tampilan pada kata kunci tertentu. Lalu saat permintaan pencarian masuk, mesin pencarian akan memprosesnya. Kemudian mulai menghitung relevansi setiap tampilan dengan indeks yang telah dibuat untuk mencari untaiannya (string). Setelah itu, baru menampilkannya pada peramban (browser). Mesin pencarian seperti Google dan Yahoo, sering memperbarui relevansi algoritmanya setiap bulan. Oleh karena itu, saat Anda melihat perubahan peringkat tampilan Anda, ini disebabkan oleh pergantian algoritma ataupun hal lain yang terjadi di luar kontrol Anda.

SEO Copywriting

SEO Copywriting

SEO Copywriting / Ruang Freelance / www.copyblogger.com

SEO Copywriting adalah teknik penulisan teks yang terlihat pada tampilan web dengan cara sedemikian rupa sehingga terbaca dengan baik oleh mesin pencarian, serta target penelusuran istilah. Tujuannya adalah untuk membuat peringkat tinggi dalam mesin pencarian bagi target penelusuran istilah tersebut. Selain tampilan teks yang terlihat, SEO Copywriting biasanya mengoptimalkan elemen on-page lain bagi target penelusuran istilah. Ini termasuk judul, deskripsi, penambahan kata kunci (keywords tags), dan teks alternatif. Ide di balik SEO copywriting sendiri adalah: mesin pencarian menghendaki tampilan isi yang asli, bukan yang dibuat untuk tujuan mencapai peringkat tinggi.

Apakah Peringkat Mesin Pencarian itu?

Apakah Peringkat Mesin Pencarian itu?

Apakah Peringkat Mesin Pencarian itu? / Ruang Freelance / www.mediapost.com

Saat Anda mencari kata kunci menggunakan mesin pencari, mesin akan menampilkan ribuan hasil dari database. Peringkat tampilan diukur melalui posisi tampilan web (webpage) yang diberikan oleh hasil mesin pencari. Jika mesin pencari menempatkan tampilan web Anda pada posisi pertama, berarti tampilan web Anda dianggap sebagai tampilan peringkat tertinggi. Apa yang Dimaksud dengan On-Page dan Off-Page SEO itu? Terdapat dua cara ptimalisasi, yaitu On-Page SEO – membuat isi, memilih kata kunci serta memosisikannya di tempat yang tepat, memberikan judul yang sesuai pada setiap tampilan dan lain-lain. Sedangkan Off-Page SEO – membangun link (tautan), meningkatkan popularitas link tersebut dengan mengajukan open directory, mesin-mesin pencari, pertukaran link, dan lain-lain.

Apa Kaitan SEO dengan Freelancer?

Apa Kaitan SEO dengan Freelancer?

Apa Kaitan SEO dengan Freelancer? / Ruang Freelance / www.mdwebdesignandseo.com

Bagi freelancer, misalnya penulis freelance: penulis freelance yang mampu menulis web, artikel, serta blog yang kaya SEO akan mendapatkan tawaran proyek penulisan yang lebih banyak. Artikel dan blog yang kaya SEO tersebut selanjutnya bisa menyentuh dan menghubungkannya dengan website klien, sehingga mampu meningkatkan peringkatnya yang berujung pada peningkatan penjualan onlinenya. Akhirnya artikel yang segar dan menarik yang ditulis dengan menggunakan teknik SEO dan diperkaya dengan kata kunci yang begitu halus dan sensitif, akan semakin banyak dicari. Menarik bukan? Belajar SEO supaya Anda tak akan pernah kehabisan proyek.
Source:

A Freelance Writer’s Basic Guide to SEO


http://www.tutorialspoint.com/seo/what-is-seo.htm

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Panda Gila says

    Belajar SEO itu wajib kalau kita nge-blog. Jadi makin mudah untuk mengembangkan blog kita ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *