5 Langkah Komunikasi Efektif

Komunikasi adalah suatu proses interaksi seseorang atau lebih dalam pencapaian informasi kepada lingkungan atau orang lain. Actually, semua orang bisa berkomunikasi. Tetapi, permasalahannya apakah orang itu dapat  berkomunikasi dengan baik atau tidak. Komunikasi terlihat simple, tetapi tidak bisa dipandang sebelah mata karena masih banyak orang yang belum bisa menciptakan komunikasi efektif.

Kita memang diajarkan dari SD bagaimana caranya membaca atau menulis. Tetapi, kita tidak pernah diajarkan bagaimana  berkomunikasi yang baik itu seperti apa. Kata baik tentunya memiliki perspektif yang berbeda. Mungkin, lebih cocok berkomunikasi yang efektif.

Setiap orang memiliki tujuan dalam hidupnya.Tetapi, hanya sedikit yang menetapkan komunikasi itu suatu tujuan. Komunikasi efektif hanya dapat dilakukan oleh komunikator handal. Statement ini tentulah tidak benar, Anda pun dapat berlatih agar komunikasi efektif itu dapat Anda kuasai.

 

image by media ISMA on flickr

 

1. Buat Deadline

Luangkan waktu Anda untuk bertemu dengan orang lain seperti rekan Anda , sekadar mengobrol tentang keluhan Anda atau permasalahan selama ini , tidak ada salahnya bukan?  Anggap ini sebagai pelatihan pembelajaran. Buat deadline bertemu klien bukan untuk mengobrol untuk suatu proyek, tetapi lebih dari itu,mengenal lebih dalam .

2. Tetapkan Tujuan

Jadikan suatu komunikasi itu tujuan. Apa yang ingin Anda capai dari terciptanya suatu komunikasi efektif. Misalnya, klien akan tambah mencintai hasil kerja Anda dengan presentasi terbaik yang selalu Anda tampilkan.

3. Rencanakan Kata-Kata Anda

Kebanyakan dari kita, tidak merencanakan kata-kata yang ingin kita sampaikan kepada lawan berbicara kita. Padahal, dengan merencanakan kata-kata yang ingin dikeluarkan akan membuat kita lebih matang dan siap. Pilihlah kata-kata yang mudah dimengerti dan tujuan dari suatu pembicaraan tepat sasaran.

4. Buat suatu opsi lain untuk faktor X

Kita sudah merangkai  kata sebaik-baiknya untuk mempresentasikan penampilan terbaik kita. Ternyata eh ternyata jalan menuju tujuan Anda tidak semulus seperti yang Anda perkirakan, ada hambatan yang harus Anda lewati. Anda harus mempelajari hambatan-hambatan seperti itu. Misalnya, Anda selalu merasa gugup ketika berbicara di depan banyak. Carilah penyebabnya dan temukan solusinya.

5. Optimislah !

Jika Anda telah berusaha untuk memaksimalkan komunikasi efektif, tetapi hasilnya seperti itu-itu saja. Coba lakukan lagi perubahan yang lebih baik. Tetaplah berusaha dan optimis. Keahlian berkomunikasi bisa dipelajari bukan bakat dari lahir.

 

Kunci Agar komunikasi yang Anda ciptakan efektif adalah Anda mau berusaha untuk berubah menjadi lebih baik dalam berkomunikasi dan ikhlas melakukannya 🙂

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *