9 Kekurangan PayPal

paypal-9lemah

PayPal merupakan alat pembayaran yang dikenal hampir di seluruh dunia bagi para pelaku bisnis online. PayPal menawarkan beragam manfaat, yang menjadikannya pilihan utama.

Namun, tidak ada solusi yang sempurna 100%. Peribahasa yang populer adalah Tak Ada Gading yang Tak Retak”.

Berikut saya tuliskan beberapa kekurangan PayPal atau setidaknya hal yang membuat Anda berpikir ulang untuk membuat akun PayPal.

Berikut adalah pendapat dan berdasarkan pengalaman pribadi:

Penyalahgunaan PayPal ada di mana-mana

Banyak pengguna tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah menyalahgunakan akun Anda. Mereka masuk dan menghabiskan dana Anda di PayPal sesuai dengan keinginan mereka. tentu saja hal ini sangat merugikan Anda.

Limited Access atau Pembatasan Akun PayPal

Bagi pengguna PayPal tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Your Access Account Has Been Limited” atau “Rekening PayPal anda dibatasi”. Anda diwajibkan mengirimkan bukti-bukti dokumen, seperti ktp maupun tagihan rumah. Tentu hal ini sangat menghambat transaksi karena proses PayPal membutuhkan standard waktu 3-5 hari untuk review dokumen anda.

Harus memiliki kartu kredit

PayPal memerlukan kartu kredit pada saat verifikasi. Kartu kredit ini selanjutnya akan digunakan sebagai sumber dana untuk pembiayaan transaksi pembelian atau pengiriman uang.

Penipuan berkedok PayPal

Email palsu dan web pancingan (phishing) merupakan hal yang mengerikan. Email-email ini tersebar kemana-mana bahkan mungkin sudah sampai ke email Anda.

Refund PayPal

Fasilitas Refund sering digunakan oleh penipu online(scammer) dengan berkedok telah melakukan pembayaran, namun setelah beberapa waktu klaim refund ke PayPal. Hal ini tentu sangat merugikan pihak customer.

Add fund yang sulit

Add fund hanya bisa dilakukan dari US Bank. Proses ini tidak bisa dilakukan dari bank lokal Indonesia atau dari kartu kredit.

Proses withdraw yang lama

Proses withdraw memerlukan waktu yang lama. Jika ingin menikmati uang Anda di PayPal maka Anda perlu menunggu waktu 2 ñ 4 hari kerja. Hal ini menjadi masalah ketika Anda memerlukan uang secara cepat.

Tidak tahu penggunaan PayPal

Anda mungkin bingung untuk apa memiliki akun PayPal. Jika sama-sama memerlukan kartu kredit untuk berbelanja, mengapa tidak langsung saja menggunakan kartu kredit tanpa harus bersusah payah memiliki PayPal.

Fee termasuk besar

Potongan setiap menerima transaksi 2,4% + $0,30 USD hingga 3,4% + $0,30 USD tentu sangat memberatkan penjual terutama yang baru memulai usahanya. Dibandingkan alat pembayaran lainnya seperti moneybookers atau libery reserve biayanya jauh lebih tinggi.

Jika Anda menemukan kekurangan PayPal lainnya, silakan menuliskan di bagian komentar. terima kasih 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    IPN dan API paypal tidak stabil, sering bikin kacau transaksi, terutama kalau melibatkan items2 yang limited dan butuh verifikasi secepatnya…

    *pengalaman pribadi* (doh)

  2. says

    @ Ananto : yup dengan verified, anda lebih dipercaya status keanggotaan PayPal-nya.

    @ Ade : ditunggu posting berikutnya untuk tips dan trik mengatasi kekurangan diatas 🙂

  3. says

    Mbak kalo kita ingin menabung di paypal, apakah bisa melalui bank lokal? soale dari beberapa informasi yang saya baca, alternatifnya dengan membuat account di bank America, sedangkan prosesnya agak ribet..adakah alternatif lainnya?
    Karena bagi saya yang tidak memiliki kartu kredit, kehadiran paypal sangat membantu bila ingin melakukan transaksi online.
    Terima kasih…

  4. says

    @ wedhuz gununk : terima kasih masukannya 🙂

    @ eko setiawan : untuk saat ini bank lokal hanya untuk penarikan, tidak bisa untuk menambah dana di paypal. alternatif lain anda bisa isi di penjual balance yang terpercaya.

      • says

        om tny lg dung
        klu blm verivikasi qt bsa transaksi ga?atau bsa hanya menerima ja atau bsa hanya mengrim ja?

        klu qt udh verifikasi da potngan bunga ga tiap bln na d paypal?atau kna potongan hnya saat mlakukan transaksi?

        makasi
        tolong di reply bgi yg mengerti
        aq msh newbie ni hhe

      • says

        tny lagi ya mbak hhe,,

        ktana skg paypal kan udh bsa verifikasi lngsng k bank lokal indonesia

        mnrut mbak lbh baik lgsng verivikasi bank lokal indonesia pa dngan vcc?

        kasih alasanna jg mbak biar aq ngrti

      • says

        anda bisa verified dengan bank lokal indonesia, tapi anda tetap harus mempunyai cc agar bisa melakukan transaksi 🙂

  5. says

    melihat artikel diatas memang ada betulnya juga.. tapi menurut saya sendiri kekurangan yang telah dijelaskan tidak terlalu memberatkan saya..

  6. says

    selama bermain aman, tentu akan baik2 saja. klo ada masalah, kan ada Palupi. butuh vcc, ya Palupi juga. Betul kan Mbak! kapan2 sy pesen lg ya.

  7. says

    Wah lagi pusing ma paypal ga tau kenapa akun kaka sy dah ga bisa login lagi, padahal password dah bener, mungkin gara2 dulu lupa password & dicoba berkali2 atau tau kenapa yang pasti ga bisa login lagi walau dengan password yg benar soalnya tu password di save ke notepad & baru ketemu kemaren filenya, yang parahnya lupa lagi dulu security questionya apa wadoh melayang deh tu $$

  8. says

    @paypal wishlist: thanks untuk support nya 🙂
    @iseng: security code harus diingat untuk recovery password bila lupa password. tanpa itu, anda tidak akan bisa 🙁

    • says

      Paypal kalo dipikir2 cukup aman
      contohnya pas lupa password, maka cara dapetin lagi harus tau security questionnya,

      Pertanyaannya :
      Kenapa si beberapa orang paypalnya berhasil dibobol
      Dalam bulan ini sy dah baca 2 postingan tentang paypal yg dicuri

      Apa karena orang yang punya akun ga sadar kena phising, karena kalo langsung bobol paypal kayanya susah banget deh, kecuali diawali dari email usernya,

      Kira2 gimana ya supaya paypal aman, soalnya ngeri juga kalo ada saldonya terus dibobol orang, apa mba punya tips2nya.
      Terma kasih

  9. Julie says

    Ternyata PayPal tdk hanya bagi yg punya credit card saja.
    Dgn debit card pun bisa, misalkan ada logo Mastercardnya.
    🙂

    Mau tanya, kalau diminta pilih link & verified ke bank account atau ke debit card, amannya ke mana ya?

    Thx

  10. says

    @julie: debit indonesia tidak bisa digunakan untuk paypal.
    sama amannya, tapi saya sarankan verifikasi bank dan credit card agar bisa berbelanja, karena paypal mewajibkan anda harus mempunyai credit card untuk di beberapa website tertentu.

  11. pur says

    mbak, saya mau daftar VCC, tapi saya mau beli Norton Internet Security yg harganya 300 ribuan. khan dana di paypal nanti jika diferivikasi cuma 70 ribu. Gimana cara tambah dananya?

    DEWI PALUPI IS OFFLINE

  12. E121CK says

    mbak klo qta sudah punya account di paypal,tp tdk ada credit cardnya..apakah account qta ttp berfungsi??dan limit hanya $100..mksd nya gmana??dan apakah dana dr paypal tidak bisa di transfer ke bank dalam negeri..contoh nya BCA..bagaimana caranya agar bs menaikan limit paypal menjadi unlimited..tanpa menggunakan credit card..mohon pencerahannya..dan yg paling penting sebeneranya bagaimana menambah accout qta..terima kasih mbak..maklum gaptek

  13. says

    @e12ick: tetap berfungsi namun anda tidak dapat menggunakan fasilitas paypal sepenuhnya. dana paypal bisa ditransfer ke bank lokal. saran saya lebih baik verified sebelum menggunakan paypal anda 🙂

  14. says

    Mba perhitungan limit itu dari penerimaan saja atau pembayaran juga si, soalnya ada 1 akun paypal masih unverified & akhir bulan nanti ada dana masuk kayanya lebih dari limit kalo masuk semua.

    Jadi apa pas paypal kena limit kita masih bisa nerima dana atau ngga ya ?

    makasih

  15. says

    bu dewi, saya mau beli VCC-nya donk, percuma kan punya paypal tapi ngax di verivikasi, trus bnar ngax sih kita bisa dapet $$ tambahan dari http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=feryramdani , soalnya saya udah bikin dan saya punya $75 di dalamnya, n’ udah saya transfer di paypal, trus sekarang udah 5hari, tapi paypal saya masih $00,00, apakah aw survey itu termasuk penipu mba?

  16. says

    @insurance: agar bebas limit pembayaran dan terima, verified dahulu paypal anda 🙂

    @fery: transfer antar paypal langsung tidak ada jeda. bila sudah beberapa hari belum masuk, saya kira besar kemungkinan scam.

  17. says

    mau sharing aja, barusan dapat masalah dari paypal, yg isinya “your funds has been reversed to your buyer” langsung shock krn statusnya completed, tanpa pemberitahuan kpd saya, langsung asal aja kirim balik, sementara barang sudah saya kirim. Saya contact CS paypal dgn jawaban yg bikin saya ikhlas, “mungkin dana yg dikirimkan kepada anda adalah penyalahgunaan kartu kredit”. Dari situ saya ambil hikmah, lain kali setelah saya withdraw dan dana cair di rekening bank lokal saya, baru barang akan saya kirimkan. Untuk yg menemui masalah yg sama, saya ucapkan turut berduka.

    • says

      Hi Bhima gue sering ko ngalamin hal seperti ini
      jadi paypal bisa dijadikan salah satu untuk kejahatan. awal2 sering di awal tahun bisa 5-10 kali.
      tapi kesini2 sudah mulai aman, yah minimal 1 bulan 1 lah. but its fine dari deal hampir 70an.. hitung2 amal hehehe 😛

  18. says

    paypal itu nggak newbie friendly, pernah salah submit data dikolom-kolom submit walau sudah sampaikan bahwa saya salah submit dokumen,,

    Nggak ada ampun, paypal akun malah di delete,,

Trackbacks