Website dan Blog Anda Sepi? Simak Cara Meningkatkan Pengunjung Berikut Ini

Siapa yang tidak ingin website atau blognya dikenal masyarakat? Bagi para pebisnis di dunia maya, trafik menjadi prioritas untuk meningkatkan keuntungan. Hal ini dapat menjadi masalah bagi para pebisnis yang memiliki kendala di bidang finansial atau sumber daya manusia. Tidak peduli besar atau kecilnya bisnis yang sedang Anda jalani, ada banyak cara yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan trafik blog.

1. ‘Jalan-jalan’ di Blog Orang Lain

'Jalan-jalan’ di Blog Orang Lain

‘Jalan-jalan’ di Blog Orang Lain

Cara yang satu ini mungkin sudah sangat umum bagi para pemiliki blog. Anda mengunjungi blog kawan-kawan blogger Anda dan meninggalkan pesan dan tautan blog Anda di kolom komentar. Namun, tetap jaga etika kita saat sedang singgah di blog orang lain. Hindari untuk memberikan komentar yang menjurus pada spam. Kebiasaan tersebut dapat merusak citra kita sebagai seorang blogger. Biasakan untuk membaca artikel pada blog yang Anda kunjungi, lalu berikan komentar terhadap isinya sebelum menyantumkan tautan blog Anda. Dari cara ini, Anda dapat meningkatkan trafik kunjungan blog, meskipun harus melakukan usaha ekstra untuk mempromosikan blog Anda melalui blog orang lain.

2. Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial

Manfaatkan Media Sosial

Anda tidak cukup hanya membuat konten yang bagus untuk blog Anda dan berharap orang-orang akan menemukannya begitu saja. Peran aktif Anda dalam mempromosikan blog Anda juga seharusnya menjadi  hal yang perlu Anda perhatikan. Hampir semua orang saat ini memiliki media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Anda dapat memanfaatkan situasi tersebut untuk membuat blog Anda lebih dikenal banyak orang.

3. Buat Pokok Berita yang Menarik Perhatian

Buat Pokok Berita yang Menarik Perhatian

Buat Pokok Berita yang Menarik Perhatian

Pokok berita atau bahkan judul sebuah artikel dapat menentukan jumlah trafik blog Anda. Itulah sebabnya Anda perlu menaruh perhatian lebih untuk headline tulisan Anda. Bila perlu, Anda dapat menyiapkan beberapa rancangan headline yang kira-kira mampu menarik perhatian pembaca sebelum memutuskan untuk menerbitkannya di blog Anda. Namun, jangan lupa untuk memerhatikan keterkaitan antara headline dan isi berita yang Anda buat. Headline yang spektakuler tidak akan ada gunanya jika tidak dituangkan ke dalam isi artikel yang akurat.

 

Baca juga:

 

4. Mengoptimalkan SEO

Mengoptimalkan SEO

Mengoptimalkan SEO

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan trafik blog. Anda dapat menggunakan kata kunci yang sering dicari orang pada judul tulisan. Konten yang memiliki kata kunci lebih spesifik akan dengan mudah terdetkesi oleh mesin pencari. Jadi, selain konten yang informatif dan ditulis dengan baik, penggunaan kata kunci yang cocok juga merupakan unsur penentu trafik blog Anda.

5. Pastikan Blog Anda Responsif

Pastikan Blog Anda Responsif

Pastikan Blog Anda Responsif

Saat ini, komputer tidak lagi menjadi media satu-satunya untuk mengakses internet. Semua orang dapat mengakses konten internet lewat ponsel pintar. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa website atau blog Anda dapat diakses oleh media komunikasi apapun. Perhatikan ukuran gambar pada konten serta struktur halaman Anda untuk memastikan blog Anda dapat dimuat dalam waktu singkat. Jangan sampai pengunjung Anda kabur karena terlalu lama menunggu loading.

6. Membuat Kuis

Membuat Kuis

Membuat Kuis

Kuis merupakan salah satu konten blog yang dapat menarik perhatian pengunjung. Biasanya, kuis-kuis yang berkaitan dengan karakter seseorang lebih banyak digemari dibanding jenis kuis lainnya. Para pengunjung yang berpartisipasi dalam kuis juga kemungkinan besar akan membagikan hasil kuis tersebut kepada orang-orang di media sosialnya. Semakin banyak orang yang mengambil bagian dalam kuis tersebut, kesempatan untuk blog Anda dikenal lebih banyak orang pun akan semakin besar.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan trafik pengunjung blog. Selamat mencoba!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *