Twitter bukan sekedar update status!

twitter

Pasti teman-teman sudah familiar dengan dengan Twitter. Mungkin kalau sekarang Facebook adalah social media wajib buat baby boomers generation dan Twitter masih menjadi pilihan kedua. Tapi bagi saya Twitter merupakan social media utama dibandingkan dengan Facebook yang sudah mulai penuh dengan noise, orang-orang yang tidak dikenal, tag-tag tidak bertanggung jawab, status-status yang tidak suka saya baca, dan isu privasi yang mulai muncul. Saya suka dengan Twitter dengan kesederhanaannya dan yang pasti tidak perlu membaca update dari orang yang tidak saya inginkan.

Tapi apakah Twitter hanya sebagai update status? Bagi sebagian pengguna awal mungkin iya. Atau teman-teman yang belum menggunakan masih bingung buat apa Twitter kalau belum ada temannya main di sana. Sebagian orang melihat bahwa update status Twitter kurang menarik karena hanya berupa teks dengan batas 140 karakter. Tapi disinilah kekuatan micro blogging dengan pembatasan jumlah karakter-nya. Pembatasan ini memaksa pengguna untuk memberikan update singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Sehingga informasi dapat mengalir dengan cepat tanpa menunggu para penggunanya menulis panjang lebar informasi yang ingin dia share ke followernya.

Tapi tahukan teman-teman bahwa sebenarnya Twitter lebih dari sekedar status update? Banyak yang bisa dilakukan dengan Twitter dengan keterbatasan 140 karakter-nya. Dan inilah yang bisa saya dapatkan setelah hampir 2 tahun menggunakan Twitter.

  1. Dapatkan informasi keadaan sekitar.
    Anda pengen tau keadaan sekitar? Informasi jalan, kondisi cuaca, event, dan kegiatan di kota anda? Dengan mengikuti timeline beberapa Twitter account yang mengkhususkan diri menjadi media informasi di Twitter anda bisa mendapatkan informasinya dengan cepat. Bahkan anda juga bisa mengirimkan informasi yang mungkin berguna buat orang-orang lain. Contohnya ikuti @TmcPoldaMetro dan anda akan mendapatkan informasi seputar kondisi lalu lintas dan keadaan sekitar di seputar Jabotabek. Lalu ada @InfoBandung, yang mengkhususkan menjadi media informasi untuk seputar kota Bandung. Dari @InfoBandung kita bisa bertanya dan akan dijawab oleh para follower-nya.
  2. Sharing link menarik di internet
    Website sekarang biasanya sudah mengaggregasi konten mereka ke account Twitter mereka. Dan di Twitter ada fitur untuk men-tweet ulang (retweet) tweet yang ada di timeline kita. Biasanya konten yang di-retweet adalah konten yang dianggap menarik atau direkomendasikan oleh teman anda. Jadi kalau anda melihat ada RT atau retweet link di timeline anda mungkin konten tersebut patut dibaca karena direkomendasikan oleh teman-teman anda.
  3. Media promosi
    Sekarang Twitter sudah mulai menjadi media promosi yang handal karena adanya fitur retweet. Dengan fitur ini suatu informasi dapat mengalir dengan cepat. Jadi kalau anda punya event, produk yang baru di rilis, atau informasi yang ingin di promosikan maka dengan punya banyak follower maka ada kemungkinan mereka akan me-retweet informasi anda, dan oleh teman-teman mereka informasi anda akan di retweet lagi, dan begitu seterus-nya berkelanjutan.

Tips lainnya akan diberikan minggu depan :), bagaimana pendapat kamu? mari kita diskusi 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Ada ralat , 140 karakter =)

    Untuk yang nomor 2 saya setuju sekali, tapi saya sendiri selain dapat dari twitter milik website-website juga dari master-master di teknologinya masing-masing 🙂

  2. Dian Ara says

    Sejak paham Twitter dan beragam fiturnya, List terutama, plus TweetDeck, saya nggak lagi butuh Reader, LOL.

    Kalo tadinya nyari berita dari site-site berita game berbahasa Inggris (source kedua), kini saya bisa setara dengan mereka, karena yang saya follow juga kreator dan developer game (source utama). Dan para bule itu, percayalah, sama saja dengan tweep Indo, kebanyakan attention whore juga. “I’m working on this…” Jadi deh berita! Tralalalalalala…

  3. iwan says

    Setuju. saya sendiri suka sharing link2 menarik.

    saya punya 2 twitter. yg satu lagi memang untuk update status krn follower saya bener2 temen sendiri. ntar malah bosen kl saya kasih link2. saya memberikan informasi selengkap mungkin. bukan cuma “lagi di warung”, juga warung apa, di mana, makanannya berapa harganya, enak ngga, dll.

    untuk twitter yg satu saya buat tematik (satu niche aja) yg satu lagi -yg pribadi- ngga saya buat tematik.

  4. says

    Setuju…. saya lebih memilih twitter daripada Facebook…. karena lebih global dan lebih cepat dalam men-share sesuatu terutama untuk sarana promosi!! ampuh banget hahaha….. termsuk jga dlm mendapatkan informasi

    Twitter dan FB saya hubungkan sehingga pada saat mengupdate status di twitter tidak usah repot2 untuk mengupdate status di FB….

    Twitter menjadi social site pertama kalau buat saya daripad facebook ^^

  5. says

    “Media promosi” ne yg cocok bwt sya…..ehehehhehe…

    BTW….. bnyk juga loh yg ngira RT ntu bukan retweet, tapi reply to….
    mo liat contohnya…. liat aja pmbicaraan artis” indo… RT, dianggap reply to

    • says

      Mmm.. mungkin mereka belum tau kalau ada fungsi khusus untuk reply. Atau aplikasinya yang dah ketinggalan cuma bisa RT tanpa reply?

  6. says

    satu lagi enaknya twitter, di twitter ga ada invite2 utk kuis atau game, jadi tidak perlu repot2 menghide lagi di twitter, hehe 🙂

  7. says

    Banyak yang masih menganggap twitter sama seperti update status facebook, banyak juga yang menganggap twitter seperti chat messenger; tidak sepenuhnya salah, tapi twitter tidak hanya sebatas itu. Buat saya pribadi, kita memang perlu konsisten untuk eksis di twitter dan ikut nimbrung sana-sini tanpa malu (tapi nimbrungnya ttp yg bermutu ya), pelan-pelan pasti jadi kenal & dikenal banyak orang, dari situ mulai semakin terasa manfaatnya.

    Manfaat twitter yang paling terasa buat saya adalah networking & arus informasinya. Dunia online ini cair jadi kita bisa berkenalan sesederhana karena pas becandaan di twitter nyambung, tanpa ada hambatan batasan profesi / lokasi / hal lainnya yang menghalangi untuk berkenalan di dunia nyata. Dan soal informasi, rasanya tidak perlu dijelaskan lagi, kita semua tahu seberapa deras aliran informasi yang mengalir di twitter setiap hari 🙂

    “If you think Twitter is useless, then you’re following the wrong people.”

    • says

      Betul, teman-teman saya masih malas pindah twitter karena mereka bilang masih dikit teman yang pake. Justru kita bisa dapat teman baru dengan twitter.

  8. says

    Twitter,selama tidak mengganggu pekerjaan utama masih bisa diikuti berita timelinenya.Yang terpenting jangan terlalu lupa dengan banyaknya berita-berita yang menarik yang di share kita lupa dengan pekerjaan utama kita hehehehe

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *