Transisi Dari Pegawai Menjadi Seorang Freelancer

 foto by grenphenx

foto by grenphenx

Banyak orang bosan melakukan rutinitas sehari-hari sebagai pegawai. Ingin terbebas dari kejenuhan pegawai. Sehingga timbul pikiran ini beralih menjadi freelancer. Namun biasanya mereka bingung harus bagaimana, dan takut apakah saya bisa? Tentu bisa kalau anda mau mencoba. Saya ingin berbagi pengalaman saya melakukan transisi dari pegawai ke freelancer yang mungkin alurnya seperti berikut:

Pilih Profesi Freelance

Sebelum Anda melepas pekerjaan anda tentukan pilihan karir freelancer Anda terlebih dahulu secara mantap. Apakah web developer , designer, photographer, dll.

Persiapkan diri Anda

Kalau pilihan Anda sudah ada, persiapkanย  diri anda untuk membangun karir dan image di profesi itu. Sambil masih menjadi pegawai coba cari project sampingan yang kira-kira bisa anda selesaikan dengan baik walau waktu anda tidak terlalu banyak karena masih bekerja sebagai pegawai. Tujuannya agar begitu anda keluar dari kantor anda punya portofolio dan pengalaman yang cukup untuk berkompetisi.

Belajar Kemampuan Seorang Freelancer

Sebelum terjun ke dunia freelancer jangan lupa belajar tentang bagaimana mengambil proyek, menghitung nilai proyek, menyiapkan kontrak, dsb. Hal ini untuk meminimalkan resiko yang tidak diinginkan ketika anda betul-betul telah masuk ke dunia freelancer. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah karena salah perhitungan proyek, kontrak yang tidak jelas terkadang seorang freelancer melakukan pekerjaan yang lebih namun bayarannya tidak sepadan. Dan freelancer tidak dapat menolak karena takut kehilangan klient dan karena kontrak tidak jelas cakupan dan batasan pekerjaan. Anda dapat mempelajari hal teknis menjadi freelancer dari Ruang Freelancer disini.

Siapkan Dana

Anda sudah punya portofolio, siapkan dana bertahan hidup sebelum anda melepas pekerjaan anda. Karena awal menjadi freelancer adalah tahapan paling susah karena beradaptasi hidup dari gaji bulanan menjadi bayaran per proyek. Sebenarnya langkah ini bisa diatasi bila anda masih lajang dan masih tinggal dengan keluarga. Dengan tinggal dengan keluarga anda bisa mengurangi pengeluaran untuk makan dan tempat tinggal.

Branding Diri Anda

Persiapkan brand Anda karena brand inilah jualan anda nantinya untuk mendapatkan proyek. Brand yang perlu disiapkan antara lain nama brand misalnya saya memilih THINKROOMS untuk brand jualan saya. Kemudian website, kartu nama, portofolio, dan blog. Tentu sekarang makin berkembang karena anda juga tidak akan mau ketinggalan membangun brand anda di jejaring social seperti Facebook dan Twitter kan. Anda bisa membuat Facebook Page dan Twitter account untuk brand anda. Usahakan anda mengunakan nama account yang konsisten agar client anda mudah mengingatnya.

Resign Dari Kantor

Dana cadangan sudah cukup, portofolio sudah ada, brand sudah siap, dan saatnya anda resign dari kantor anda. Cari alasan yang sebaik mungkin misalnya orang tua butuh bantuan. Jangan meninggalkan kesan buruk dengan kantor anda karena ada besar kemungkinan kantor anda akan menjadi client potensial di masa yang akan datang.

Sudah bukan pegawai lagi, saatnya mencari proyek. Caranya bisa seperti berikut:

  • Masuki web-web penyedia atau penghubung proyek seperti yang dibahas di Ruang Freelance disini.
  • Bagikan kartu nama anda kepada client potensial.
  • Jangan ragu meminta kerjaan kepada teman, kerabat, atau bekas kantor anda.
  • Promosikan keteman anda bahwa anda seorang freelancer dan bisa membantu teman anda bila mereka atau teman mereka membutuhkan tenaga anda.
  • Rajin bersosialisasi dengan para freelancer lain, siapa tau kecipratan pekerjaan dari mereka.

Semangat dan Terus Belajar

Jangan cepat menyerah, dan belajar dari tiap kesalahan. Freelancer awalnya memang sedikit berat untuk dimulai. Namun bila anda dapat melewati tahap awal, brand anda sudah baik dan dikenal maka pekerjaan akan datang dengan sendirinya.

Mungkin baru itu yang terlitas dipikiran saya bagaimana pengalaman saya bertransisi dari pegawai menjadi freelancer. Mungkin banyak para freelancer yang punya pengalaman yang lebih hebat bagaimana mereka memulai karir mereka menjadi freelancer dan bisa ditambahkan disini.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    wow… tips nya bagus sekali…
    saya lagi bimbang… pengen jadi pns atau freelancer ya? soalnya orang tua nyuruh jadi PNS . tapi hati ini pengen jadi seorang freelance…

    kasih saran donk ka2k yang baik hati ๐Ÿ™‚

    • says

      Kalo kata saya ikuti kata hatimu karena yang ngejalanin hidup kan diri kita sendiri bukan orang lain. Kenapa tidak mencoba menjadi freelancer dulu karena kapan pun anda bisa kembali menjadi freelancer. Karena kalau PNS anda tidak bisa kembali menjadi PNS kalau anda sudah keluar. Ini sepengetahuan saya sih, pastinya belum tau. Dengan begitu anda bisa menikmati dulu dunia freelance dan bisa tau apakah memang tempat anda di dunia freelance.

  2. says

    wah tulisan yang menarik..cuma saya kok masih belum berani hijrah beneran ya mas..ke freelance..apa karena baru 1 tahun freelance jadi side job saya yah??ada ide mas??

    • says

      Mungkin bisa perlahan-lahan side jobnya diperbanyak. Tapi konsikuensinya karena kerja tetap anda tidak dapat dikurangi makan beban kerja anda akan makin tinggi. Kalau nanti anda merasa side job anda sudah bisa mencukupi kebutuhan mungkin itulah saatnya untuk melakukan transisi full time freelance.

    • says

      @adeiskandar:
      memang susah di posisi pindah dari posisi aman, apalagi gajian ๐Ÿ™‚
      kalau gue sih mikirnya, masa sih kita gak dapat duit $200-$500 dalam 1 bulan?
      padahal yg nawarin project di elance, gaf, rac sampe 100-an setiap hari. belum di kali 3 marketplace tersebut.
      300 project setiap hari lalu dikali 30 hari, dan hampir 9000 project 1 bulan tidak 1 pun menang? ah masa..
      Allah selalu memberikan rejeki kepada orang yg menjemput rejeki tersebut ๐Ÿ˜€

  3. says

    iya nich,masih perlu berbenah,kayaknya masih perrlu persiapan lebih matang,biar ga lepas semuanya,bener juga sih kayaknya mesti side job dulu sebagai freelance nya,

  4. says

    wah makasi banyak mas yohan dan mas anggi, atas pencerahannya, cuma sampe hari ini belum berani nih ikut di lepak besar ky rac, elance dll,,,,daftar udah..nge bid belum berani….hiks..hiks..nape diri ini yah?mungkin karena masih banyak klien dalam negeri kali ya ,,,en ditambah wktu kerja yg habis utk main job..mudah2an pelan2 bisa lebih baik lagi..bantu doa ya mas-mas..trims..:)

    • says

      sama-sama.. saya jg sepanjang 2009 ga pernah ngebid lagi karena disibukkan ama kerjaan dalam negeri.. kalau rejeki datang sendiri masak ditolak sih?

  5. says

    wah tips yg membangun dan membangkitkan semangat, saya seorang pegawai swasta yg sedang beralih ( pelan – pelan) ke frelancer, dengan mengikuti program afiliasi di internet, yg saya tanyakan apakah program tersebut menjanjikan dan bisa di jadikan matapencaharian di kemudian hari
    thnks sebelumnaya atas jawabanya

  6. J says

    Wah sep neh. Kebetulan lagi mao nyoba jadi freelancer. Bosan kerja yang sama tiap hari, belon lagi bosnya nyebelin grrrr…

    Tapi bingung mao masuk disitus apa dan nyari krj apa. Belon lagi musti bisa bahasa inggris. Kyknya mesti bnyk2 belajar ya sblm terjun ke freelancer.

    Bole minta saran ga??
    Aku lulusan accounting, pengen nyoba nyari job di odesk (tau dr temen) bingung gmn cara krjnya. Katanya yang paling gampang data entry, tapi bingung krjan seorang data entry tuh apa (confusing). Bisa kasih masukan buat saya??

    • says

      Setau saya data entry tuh kerjannya memasukkan data dari media satu ke yang lain. Biasanya dilakukan kalau sistem belum terintegrasi keseluruhan. Misalnya laporan penjualan harus di input ke sistem keuangan agar bisa membuat laporan keuangan. Tapi saya ga tau apa banyak kerjaan seperti ini di freelance market yang bisa dilakukan secara remote.

  7. J says

    Nambah ya ^^

    Ada ga ya tulisan yang membantu kita, menjelaskan scr terperinci, dll ttg apa itu PM, bid, apa saja kerjanya??

  8. says

    Sip juga buat pencerahan.
    Walaupun kebetulan belum pernah jadi orang kantoran dan ga pernah berpkiran jadi orang kantoran. Maklum ijazah ga dapet. And kayaknya lebih enakan jadi freelance lebih bebas menentukan langkah yang akan kita ambil.

  9. says

    Gan, infonya mantabs. Boleh dong minta tambah tips gimana caranya bikin proposal n mock porto yg oke biar klien tertarik?
    Thank u bgtz.

  10. Lukman says

    dulu sih freelance, sekarang saya malah jadi orang kantoran.
    tp ini hanya sementara karena saya pengin mengetahui standar kerja orang kantoran sehingga ketika besok saya kembali menjadi freelance saya harus diatas standar kerja mereka dan yg jelas pendapatan saya sebagai freelancer lebih besar daripada orang gajian. katakanlah sekarang lagi turun gunung :))

    viva freelancer

  11. says

    Agan2 senior, ane baru mao nyemplung neh. cara awal untuk belajar freelancer gimana? harus punya ilmu apa aja, back ground ane dari peternakan. hihihihi

  12. says

    hallo gan..saya sepakat dengan artikel diatas..akhir 2011 saya lulus kuliah dalam masa antara 2011-2012 saya belajar freelance di 99dsgn dengan ngandalin project contest dari membuat logo,poster dll..mungkin karena saya belum bisa mengerti kemauan yg diinginkan client trsbt..sempat saya frustasi menjadi freelancer yg karena saya jarang menang..sampai pd akhirnya saya putuskan untuk bekerja diperusahaan dl yg sampai saat ini..di bidang IT…y se-enggaknya gak percumah ijazah saya..biar orang tua jg ikut seneng kl anaknya kerja di perusahaan..tapi kedepan pemikiran saya jg ingin kembali menjadi freelance graphich design lg gan..sembari mengumpulkan uang sebelum resign dr kantor..

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *