Tools bagi para freelancer Part I

Image by nickf

Image by nickf

Saat ini banyak sekali tools-tools yang dapat menunjang kegiatan kita menjadi seorang freelance. Dengan tools tersebut diharapkan kita dapat meningkatkan kinerja kita dalam penyelesaian proyek.

Banyak sekali tools-tools yang dapat digunakan baik itu yang bersifat komersial ataupun gratis. Saat ini saya ingin berbagi beberapa tools gratisan yang dirangkum menjadi satu dari beberapa sumber.

Manajemen Proyek

Dotproject

Aplikasi manajemen proyek gratisan yang sangat terkenal, aplikasi open source saat ini dotproject dimaintain oleh kalangan open source. Aplikasi ini membundle beberapa kemampuan seperti User Management, Email based trouble Ticket System,  Client/Company Management, Project listings, Hierarchical Task List, File Repository, Contact List, Calendar, Discussion Forum, Resource Based Permissions.

gforge

Aplikasi kolaborasi online ini lebih menitikberatkan kepada kenyamanan mengembangkan sebuah proyek. Dilengkapi dengan kemampuan CVS dan Subversion serta beberapa tools lainnya seperti survei, mailing list dan forum.

phprojekt

Aplikasi berbasis web yang dapat membantu kita untuk melakukan Group calendar, project management, time card system, file management, contact manager, mail client dan lainnya.

Jxproject

Aplikasi manajemen proyek ini dapat berjalan pada berbagai macam sistem operasi. Dengan kemampuan penyajian data gantt chart dan pengaturan task berbasis drag-and-drop, tentunya akan memudahkan kita melakukan manajemen kegiatan proyek. Aplikasi ini bersifat free dengan tambahan iklan.

Aceproject

Aceproject memberikan kemudahan kita dalam melakukan kolaborasi online. Dengan berbagai macam kemampuan seperti Project Statistics dan Reports, Gantt Charts, Time Tracking, Document Management, CSV Data Import, Excel/CSV Data Export dan masih banyak lagi yang akan memberikan kita kemudahan dalam mengatur proyek kita.

Remote Helper dan Screen Sharing

Yakkle

Aplikasi desktop berbasis java ini akan memberikan kemudahan  kita dalam melakukan komunikasi dengan client. Selain sebagai Instant Messenger (Seperti Yahoo Messenger), aplikasi ini dapat digunakan untuk bertukar informasi baik itu menggunakan sharing desktop (sebagian layar ataupun penuh) ataupun sharing file.

Yuuguu

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk melakukan remote desktop, aplikasi ini dapat dijalankan pada PC ataupun Mac

CroosLoop

Aplikasi remote desktop yang dapat melakukan remote login kepada komputer di area yang berbeda jaringan.

Teamviewer

Aplikasi remote desktop paling saya rekomendasikan, dengan aplikasi ini kita dapat melakukan remote komputer dari mana dan saja, dan kita dapat juga melakukan koneksi Peer-to-Peer (P2P) untuk melakukan transfer file.

ScreenStream

Aplikasi remote desktop gratis yang memberikan kemudahan dalam melakukan desktop sharing dan juga dilengkapi dengan audio.

Instant Messenger dan Video Conference

Instant Messenger dan video conference menjadi pilihan utama karena dengan tools ini kita dapat berkomunikasi murah meriah.

Skype

Skype menjadi salah satu aplikasi yang banyak dipilih oleh klien di seluruh dunia. Dengan kemampuan voice call yang sangat bagus dan layanan web camera yang cukup halus, aplikasi ini sangat memanjakan kita dan klien untuk melakukan meeting.

Selain itu Skype dapat melakukan multiple login untuk satu account. Hal ini sangat berguna bila kita hanya menggunakan satu account secara bersama sama.

Yahoo Messenger

Yahoo Messenger menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh klien. Dengan kelengkapan tools yang disediakan dan juga merupakan salah satu Instant Messenger tertua.

Gtalk

Layanan dari Google ini cukup terkenal ketika pertama kali muncul. Gtalk telah di-embed kedalam Gmail sehingga memudahkan kita melakukan percakapan ketika membuka dan membaca email.

Live Messenger

Live messenger lebih sering digunakan oleh masyarakat Eropa. Memiliki kemampuan seperti Instant Messenger lainnya tetapi dengan ditambah kemampuan sharing folder yang tidak dimiliki Instant Messenger lainnya.

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    kalo tool buat mengatur keuangan yg sederhana ada gak yah ?… kalo boleh usul, bisa ndak itu diulas

    soalnya sy rasa kebanyakan freelancer mempunyai pendapatan yg relatif lebih besar ketimbang pekerjaan sebelumnya, nah bagi yg ndak bisa ngelolanya kadang2 uangnya malah abis

  2. says

    Tool yang Freeware sejenis IBP (Internet Business Promoter) ada nggak Mas?

    ++++
    Saya seorang Operator Warnet yang merangkap Web & Graphic Designer, Computer Technician dan Pengelola Kursus Komputer | Usia : 19 tahun
    Pendidikan : SMK

  3. says

    mantapp … oh iya klo software kusus buat ngrancang planing aplikasi berbasis web apa yah…? mungkin semacam visio tp yang khusus web development mungkin ? ^^ thx before

  4. says

    Sedang memperlajari tools2 untuk manajemen proyek. Di RF ada semacam tutorial penggunaan tools2 manajemen proyek di atas nggak ya ?

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *