Tips untuk para Writer atau Translator di dunia Freelance

Kalau dipikir2 sampai kapan yah seorang freelancer belajar dan berkembang?? Ya seterusnya lah! P.R untuk para freelancer itu tidak ada habisnya; karena memang kami di dunia virtual jadi agar terus maju dan exist kami harus giat membaca dan sharing..

 

Untuk para writer atau translator, baca tips berikut, dijamin bermakna!

1.       Start – up: Titik awal mulai untuk seorang penulis adalah pengetahuan; yang harus dimulai dari sebanyak bidang mungkin. Writer atau Translator harus mempunyai wawasan, dalam berbagai bidang agar dapat mengerti kebutuhan klien dan bisnis yang berbeda.

2.       From general to specialized: Nah, setalah itu baru para writer dapat mengerti keahlian mereka dan berkembang dari general kearah specialized fields. Misalnya, seorang translator dapat mencari ‘niche’ atau bidang yang ingin didalami, seperti ‘medical translator’ atau ‘Literacy translator’. Sama juga dengan writer yang dapat mengasah niche nya di dunia puisi, blogging ataupun financial.

3.       Now, You are a Pro: Dengan ini, seorang penulis dapat memanggil dirinya ‘a perfect professional’ karena memang telah specialisasi di suatu bidang. Disinilah, bahasa dan vocab yang digunakan di bidang yang dipilih, dikuasai sepenuhnya.

4.       Development & Learning: Kembali ke intro kami dimana pelajaran untuk para writer atau translator freelance memang tiada batas. Sangat penting untuk menjajah ilmu dengan mengambil development course ataupun workshop dan mendapatkan sertifikat khusus yang dapat dipamerkan (buat modal…J )  Mempelajari software terbaru atau gerakan Information Technology yang bersangkutan dengan writing juga penting agar tidak di cap ‘gaptek’.

 

Nah, dengan tips simple ini lebih gampang kan terjun ke dunia freelance dan menjadi writer ataupun translator yang handal, profesional dan dinamis!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *