Tips Menjadi Karyawan Teladan Bagi Diri Sendiri

Mendapat julukan karyawan telandan adalah dambaan setiap karyawan. Jika Anda seorang freelancer, tentunya menjadi karyawan bagi diri sendiri pun berlaku aturan yang sama dengan di kantor. Anda sudah menjadi bos dengan mengatur waktu kerja sendiri, kan? Nah, untuk mendapat julukan atau gelar itu bagaimana sih caranya? Apakah harus cantik atau ganteng? Pastinya bukan!

shutterstock_178724309

Credit Image via Shutterstock

Memahami Ruang Lingkup Pekerjaan Anda

Bagaimana Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik jika Anda sendiri kurang memahami rincian tugas yang sebenarnya. Hal paling pertama yang harus Anda lakukan adalah benar-benar mengerti sebenarnya apa saja tugas utama Anda yang sudah disodorkan oleh klien. Dengan begitu Anda akan menemukan pekerjaan-pekerjaan yang memang harus Anda prioritaskan dan bisa diselesaikan berikutnya.

Disiplin

Karyawan yang memiliki disiplin yang tinggi seringkali mendapat perhatian lebih dari atasan. Terlebih disiplin dalam hal waktu. Nah, freelancer pun sama. Bayangkan bila Anda ditegur atasan di kantor, maka bayangkan pula Anda ditegur klien karena proyek tenggat waktu tak tercapai. Usahakan kerjakan semua tugas lebih awal minimal sepuluh menit sebelum jam kerja yang sudah ditentukan oleh diri Anda sendiri.

Disiplin dalam hal penyelesaian pekerjaan juga sangat penting. Buatlah target maksimal Anda akan menyelesaikan pekerjaan sehari sebelum tenggat yang diberikan.

Mau Belajar dan Mengembangkan Diri

Terus belajar untuk memberikan sumbangsih lebih pada portofolio Anda. Carilah pelatihan yang banyak ditawarkan di luar sana. Adanya sikap insiatif untuk terus belajar ini akan membuat seseorang memiliki nilai lebih. Karena pada praktiknya mereka yang terus belajar dan mengembangkan diri lebih bisa diandalkan daripada karyawan yang tidak pernah ada perkembangan baik ilmu maupun kepribadian.

Mampu Bekerjasama Dalam Tim

Freelancer biasanya berkarir secara solo. Tetapi, tak semua proyek bisa ditanggung sendiri. Plus, pada kenyataannya tidak semua orang mampu bekerjasama dengan baik. Seringkali terjadi persaingan tidak sehat dalam sebuah tim. Anda harus tetap mau melakukan yang terbaik dalam tim meski ada bagian tim itu yang lebih menonjol daripada Anda. Upayakan Anda memiliki tim yang kuat dan kompak.

Mampu Bersosialisasi dengan Baik

Untuk menyandang gelar karyawan teladan, Anda tidak cukup hanya mampu menjalin hubungan yang baik dengan atasan yaitu diri Anda sendiri atau pun klien. Tapi Anda juga harus menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja yang lainnya. Anda harus bisa menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan orang lain.

Selamat mencoba. Semoga mampu menjadi karyawan teladan di mana pun Anda bekerja. Meski itu hanya dari sudut di ruang baca rumah Anda. Salam. IKD

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *