Tips Mengembangkan Kreativitas

Bukan sebuah rahasia jika kreativitas sangat diperlukan dalam setiap pekerjaan. Kreativitas inilah yang membantu memunculkan ide-ide terbaik dan memudahkan seseorang dalam memecahkan masalah.

Kreativitas tidak muncul dengan sendirinya. Tapi, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi lebih kreatif. Proses berkreativitas dapat dipelajari dan didapat melalui beberapa cara berikut ini.

Tips Mengembangkan Kreativitas

Tips Mengembangkan Kreativitas

Tips Mengembangkan Kreativitas

Cara berpikir kreatif biasanya muncul saat seseorang tidak berada dalam keadaan tertekan atau stres. Pikiran dan suasana yang santai cenderung memicu kreativitas untuk berkembang.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang dimaksud disini bukanlah tidur. Tapi melakukan suatu kegiatan yang tidak membutuhkan banyak gerak, seperti berkebun atau berjalan-jalan. Kegiatan yang santai dan cenderung membosankan ini merangsang otak untuk berpikir lebih kreatif.

2. Jangan Remehkan Tidur Siang

Tidur siang merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk membantu seseorang menjadi lebih kreatif dan produktif. Tidur siang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan memori dan membuat seseorang dapat berpikir dengan lebih jernih saat bangun. Tapi, jangan tidur siang terlalu lama. Cukup selama 20-30 menit saja.

3. Lakukan Meditasi

Meditasi dapat dilakukan dimana saja. Anda hanya perlu duduk dengan tegak dan duduk diam selama beberapa menit. Fokuslah mengatur napas dan istirahatkan pikiran Anda dari hal-hal buruk. Proses meditasi ini akan mendorong seseorang untuk memiliki pemikiran yang lebih kreatif.

4. Dengarkan Musik atau Suara Sekitar

Bekerja di lingkungan yang sepi dan sunyi akan sangat membosankan dan justru merusak konsentrasi. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa bekerja di lingkungan yang bising justru membantu seseorang menjadi lebih kreatif dan produktif. Anda dapat mencoba menyelesaikan pekerjaan Anda di kedai kopi, di taman, atau di kafetaria. Jika ingin bekerja di rumah, nyalakan musik yang Anda sukai atau suara televisi agar suasana tidak sepi.

 

Baca juga:

 

5. Segarkan Mata dengan Alam

Warna hijau ternyata dapat meningkatkan pemikiran kreatif seseorang. Luangkanlah sedikit waktu Anda untuk melihat pemandangan hijau, seperti taman atau pegunungan. Tapi jika Anda tidak memiliki waktu, hiasilah rumah Anda dengan tanaman hijau di setiap sudutnya.

6. Berkendara ke Tempat yang Belum Dilewati

Saat otak sudah terbiasa dengan suatu pola, dia tidak akan berkembang. Sebaliknya, saat otak sering menemukan hal baru, dia akan secara aktif mengolah ide-ide baru tersebut dan hal inilah yang membantu meningkatkan kreativitas. Cobalah berjalan-jalan melewati sudut kota yang belum pernah Anda kunjungi. Selain menghilangkan penat, siapa tahu ada ide menarik yang tiba-tiba muncul di benak Anda.

7. Kurangi Media Sosial dan Game

Saat bosan dan ingin mencari inspirasi, jangan melakukan dua hal ini: membuka media sosial atau bermain game. Kedua hal tersebut tidak akan membantu otak menjadi lebih kreatif.

Akan lebih baik jika Anda melakukan doodling atau menggambar, lalu melakukannya sambil berpikir, bercakap-cakap, atau melamun. Cara ini lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas.

8. Melamun dan Berkhayal

Bukan hal buruk jika Anda senang melamun dan berkhayal. Membayangkan diri Anda lima tahun yang akan datang, merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba saat melamun. Pikiran seperti ini membuat otak menjadi lebih kreatif. Selain itu, secara tidak langsung Anda sedang memotivasi diri Anda sendiri.

Untuk menjadi seseorang yang kreatif memang dibutuhkan sebuah komitmen. Anda harus konsisten melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kreativitas dan sabar melakukannya. Terkadang, ide kreatif muncul justru bukan pada momen yang dipaksakan, melainkan pada hal-hal yang alami dan mengalir. Teruslah menggali potensi yang Anda miliki dan perluas wawasan Anda. Selamat menjadi kreatif!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *