Tips Mencari Proyek di Freelance Market

Sukses dengan freelance market - photo by csitscenter

Sukses dengan freelance market - photo by csitscenter

Saya merasa mempunyai hutang kepada teman-teman semua untuk memberikan tips mencari proyek di freelance market. Berikut tips sederhana yang Saya buat untuk kalian semua..

    1. Jangan takut untuk mendaftar disemua freelance market. Cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing freelance market tersebut.
    2. Karena kamu newbie, jadi Anda jangan terlalu berani untuk nge-bid (lelang) dengan harga tinggi, walaupun kualiatas kamu di indonesia sangat ternama (atau jago banget deh) tapi Anda belum punya nama di dunia Internasional, jadi Anda bisa mengambil harga tengah saja.

  1. Bid antara $30-$100 atau $100-$300 di freelance market, saran Saya lagi Anda jangan memberikan bid harga tertinggi $100 atau $300, kenapa?? karena saingannya kamu itu seluruh dunia (apalagi orang india), mereka (calon klien) belum mengetahui kualitas diri Anda yang belum mempunyai rating atau review yang mumpuni. saran saya, kamu memberikan bid 1/2 harga, misal $50-$75 atau $130-$160.
  2. Raihlah review atau rating sebanyak-banyaknya dengan kerja rodi sedikit, nanti hasilnya akan Anda raih setelah rating mencapai angka 10 lebih dan Anda boleh sombong dengan menaikan harga.
  3. Berusahalah meminta YM, MSN, gtalk dan email untuk selalu dekat dengan klien.
  4. Jangan pernah mengenal lelah untuk nge-bid, bersabar, dan belajar mengetahui selah dari nge-bid.
  5. Selalu memberikan PM (Private Message) kepada klien mengenai proyek tersebut dan selalu berikan penawaran-penawaran kepada calon klien kita.
  6. Bila kita mendapat klien jangan lupa kasih mereka progres perhari, walaupun progres yang kita lakukan belum banyak tapi kita WAJIB untuk memberikan progres setiap saat. Berilah kenyamanan kepada klien Anda.
  7. Jangan sampai melewati DEADLINE. Sekali Anda melewati deadline kepercayaan akan cepat luntur.
  8. Berbaik-baiklah kepada calon klien atau klien, agar mereka menjadi klien tetap kalian.

Semoga Anda dengan mudah mendapatkan klien pertama Anda, bagaimana dengan pengalaman Anda sendiri, apakah Anda punya cara lain?
Share pengalaman Anda dan Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Sep…, saya salah satu yg belum begitu banyak mengenal Freelance Market.
    Informasi ini sangat berguna. Thanks om… 🙂

  2. says

    saya duluuuu banget pernah tuh ngebid2.
    tapi lama lama capek,

    itu indiahe-indiahe ga bermoral! ngasih harga serendah2nya.

    jadi males…

  3. says

    butuh kesabaran aja sih, dan bukan merendahkan karya kita 😀 tapi bisa dibilang tau diri di wilayah orang, kalau sudah merasa jago sih gak papa juga. semangat!!

  4. says

    Hmm tulisan yang menarik. RuangFreelance memberikan tips yang berguna bagi saya :). Mengenai bid memang orang2 india dan yang lainnya sering memberikan harga yang (kelewat) murah. Tapi percayalah ga semua harga murah itu menang :). Cheers Freelancer Indonesia. Btw ada milis yang berhubungan dengan freelancer indonesia ga ya?

    Thanks

  5. says

    wakakaka… hal pertama yang kulakukan sejak kenal mas anggi dan ruang freelance adalah nge-bid di GAF. jatah 17 bid sebulan kuabisin dalam 2 minggu, dan ancur semua! bulan berikutnya malah habis dalam 1 minggu, tetep ancur!

    aku nyerah nge-bid di freelance market, tapi nggak nyerah sebagai freelancer. dan sekarang dapet job yang aku bener-bener suka. dari 1 job ke job laen, sampe akhirnya lupa nge-bid lagi, wakakaka…

  6. irun says

    serius pusing bener ya…..heheheh maklum anak baru (baru belajar freelance), banyak istilah yg aq gak ngerti..(mohon bantuannya), mang kemampuan masih standar banget, tapi aq gak mau nyerah pasti bisa (cayo..)

    tapi dari artikel diatas kayanya sasarannya luar indo ya, ada gak yg di dlm negri sendiri? mohon bimbinganya….

    thanks a lot

  7. says

    Tips #4 penting banget. Jangan langsung ambil kerjaan yang ‘berat’, ambil yang ringan-ringan aja dulu biar dapet banyak review.

  8. anak baru says

    saya pengen coba buat freelance, krn katanya gak terikat waktu dan bisa kerja dr rumah ya… tp buat anak baru apa aja sih yg harus diketahui? knp ya biasanya yg diminta itu selalu berhubungan dgn IT…??

    • says

      kalau menurut gue, untuk masalah bekerja ini harus tau passion lo sendiri
      kalao memang ke penulis atau fotografi… hal ini juga banyak ko
      dan tidak berbau IT, yg wajib diketahui bahasa inggris, menggunakan komputer dan internet
      thats all 😀

  9. anak baru says

    lalu mengenai job desk, dead line bagaimana kita taunya ya..? dimana saja ya kak yg bisa cari info freelance…? dan bagaimana dengan pembayarannya..?

  10. says

    Hmmm, dulu aku pernah mencoba Freelancer dot com, dapat job 1 artikel per hati 500 words dengan fee $1. Baru dapat $5 aku dapat job lain lagi yang aliran dananya lebih cepat dan pasti (masih online juga). Saldo $5 itu tidak bisa diambil (kalau bisa kan lumayan buat tambah saldo paypal).

    Selain itu, aku jadi berpikir tentang rendahnya harga tenaga freelancer yang menulis dengan sungguh-sungguh seperti aku (baca, riset dan menulis dengan tenggat hitungan jam).

    Lalu aku coba People Per Hour. Di sini lebih manusiawi. Kalau ada yang menawarkan job dengan harga serendah di Freelancor dot com (biasanya dari India atau Filipina), para penulis yang berbasis di UK dan English native pasti langsung kasih komentar pedas.

    Penghasilan dari PPH lumayan. Aku pernah dapat job 100 pound buat kerjaan mudah banget. Saat itu PPH masih menerapkan potongan 15 persen untuk penarikan dana ke paypal. Jadi, aku dapat 85 pound, tarik langsung semua saat kurs masih lumayan.

    Aku rekomendasikan PPH buat pemula maupun yang mengaku sudah pro.

    • Adnan says

      Bang,baru coba 2 minggu terakhir PPH,udah dapat sekitar 4 job,tapi masalahnya pas mau withdrawn kan disuruh verifikasi data dlu,trus katanya disuruh upload recent utilty bill
      Itu gimana ya bang? Bisa dijelasin ngak? kalo cari”di internet utility bill kayak tagihan listrik tapi masih bingung nih
      Mohon responnya ya bang 😀

  11. says

    Tips2 mantaaap! Bikin semangat bro…! Aq dah coba di freelancer.com, elance.com, odesk.com… msh nebie sih js seangat lg…! Thanks for tips!

  12. Riesta says

    Tips yang menarik ini, memang betul, tips2 tersebut akan cukup menolong terutama bagi rekan2 yang baru memulai di dunia online freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *