Tips Freelancer Membagi Waktu Untuk Rutinitas Hidup

Menjadi seorang freelancer, baik yang full-time maupun part-time, bisa dikatakan memiliki waktu yang fleksibel. Tidak peduli freelancer tersebut bekerja dengan cara ngantor di rumah maupun menyewa sebuah kantor murah di dekat rumah, antara kehidupan pribadi dan pekerjaan nggak ada bedanya. Meski demikian, kebebasan mengelola waktu ini bisa menjadi masalah tersendiri bila kita tidak bijak mengendalikan aktifitas sehari-hari.

Setiap freelancer memiliki sejumlah tugas kecil yang harus dikerjakan dalam waktu dekat. Misalnya membayar rekening listrik, berbelanja kebutuhan rumah, menyelesaikan pekerjaan rumah di halaman, perbaikan hal-hal yang kecil, mengirim paket, membaca buku referensi, menelepon klien dan lain-lain. Jika seorang freelancer menjalankan tugas-tugas tersebut tanpa menggunakan sistem yang tetap dan baik, kemungkinan besar dia akan menambah pekerjaannya menjadi lebih banyak tetapi dengan hasil yang sedikit.

waktu kerja freelance

waktu kerja freelance - photo by ToniVC

Salah satu cara menjaga agar hal-hal yang sepele ini tidak mengganggu efektivitas bekerja seorang freelancer adalah dengan mengelompokkan tugas-tugas tersebut dan mengerjakan pekerjaan tersebut per kelompok. Usahakan untuk mengerjakan beberapa kegiatan pada suatu saat. Contohnya, pergi berbelanja ke supermarket sekaligus ke bank, tempat pencucian mobil, pompa bensin dalam satu kali perjalanan.

Freelancer juga bisa melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga secara berurutan, atau gabungkan beberapa pekerjaan bila mungkin. Hematlah rekening Anda dan bayarlah semuanya pada suatu saat tertentu pada setiap bulan. Misalnya tiap tanggal 10 kita bayarkan semua tagihan melalui satu rekening bank. Hal ini tidak terbatas kepada freelancer wanita, freelancer pria pun dituntut lebih disiplin membagi waktu kegiatan sehari-hari.

Menyediakan waktu khusus untuk rutinitas hidup yang kelihatan nggak terlalu penting adalah cara yang efektif untuk mencegah hal-hal kecil di dalam kehidupan seorang freelancer menghambat pencapaian target kerja dan tujuan pribadi. Dengan demikian, kerjaan freelancer jadi lancar, kehidupan pribadi juga menyenangkan. Semoga tips manajemen waktu untuk freelancer ini berguna untuk Anda.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *