Tips Cerdas Kelola Income Freelancer yang tidak teratur setiap bulan (Part #3)

email | facebook | twitter

Sudah baca Part #2?…

Tulisan ini merupakan lanjutan dari Part #2, dan akan menjelaskan alokasi dana setiap rekening di langkah ke-3 hingga ke-6.

 

Langkah ke 3 : Alokasi Dana Setiap Rekening

Rekening #2 : Rekening Gaji
Sebesar gaji bulanan yang telah ditetapkan.yang dapat menutup biaya kebutuhan pokok bulanan dan gaya hidup.  Misalkan Rp. 5 juta, Rp. 20 juta dsb. Segala biaya hidup bulanan Anda, diambil dari Rekening Gaji ini.

Jika akan habis, segeralah berhemat. Tunda untuk membelinya bulan depan.

Salah satu hal penting yang kadang dilewatkan adalah harus dialokasikan untuk membeli polis asuransi ; jiwa dan kesehatan. It’s a must !

 

Rekening #3 : Rekening Dana Darurat

Paling minim, anda memiliki sejumlah 3 bulan gaji minimum. Jika terjadi no job no income, minimal bisa bertahanlah 3 bulan. Idealnya freelancer, terutama jika sudah berkeluarga dan memiliki dua anak, memiliki rekening dana darurat sd 3 tahun (36 bulan) gaji minimum Anda.

Pengumpulan jumlah dana darurat, jika tidak mampu sekaligus maka dilakukan bertahap. Jika Dana Darurat terpakai, maka di isi kembali. Saldonya tetap dijaga.

 

Rekening #4 : Rekening Investasi

Disisihkan dari Rekening Job secara teratur min 10% atau sampai 50% lebih. Dalam melakukan investasi idealnya ditetapkan dahulu tujuan investasi dan kapan akan digunakannya. Sehingga bisa di buat portofolio investasi baik dari sisi komposisi likuid dan non-likuid serta jenis dan tingkat resikonya.

Secara umum freelancer harus menyiapkan investasi untuk :

  • Dana Pensiun
  • Biaya sekolah anak
  • Menyiapkan DP untuk membeli rumah
  • Dana untuk modal bisnis
  • Dll

Ulasan investasi ini cukup panjang, dibuat tulisan terpisah.

 

Rekening #5 : Rekening Hobi

Yang masuk dalam kategori hobi atau have fun seperti keinginan untuk beli dan upgrade barang barang hobi ; photography, motor besar, gadget, traveling dll. Misalkan ditetapkan 5 % dari income yang masuk.

Membeli barang hobi atau shopping dilakukan setelah jumlah dananya mencukupi.

 

Jika Dana Masih Tersisa

Jika dana sudah di transfer dari Rekening Job sesuai alokasi yang sudah ditetapkan dan masih ada sisa dana, sangat disarankan dipindahkan ke Dana Darurat agar jumlah Dana Darurat yang diperlukan segera tercapai.

Jika Dana Kurang

Jika dana di Rekening Job minim, kurang atau bahkan tidak ada (nol) untuk di transfer ke Rekening Gaji sesuai jumlah yang ditentukan, maka sisa kekurangan atau seluruh jumlah dana diambil dari rekening Dana Darurat.

 

Urutan dan transfer rekening ini, berdasarkan skala prioritas :

Dari Rek Job di transfer ke : Rek Gaji, Rek Dana Darurat, Rek Investasi dan terakhir Rek Hobi.

Jika dana tidak memenuhi, maka transfer ke rekening yang di bawahnya dikalahkan atau ditunda terlebih dahulu.

 

Langkah ke-4 : Periode Transfer

Transfer ditetapkan setiap akhir bulan (gajian), misalkan setiap tanggal 25, uang yang masuk dan terkumpul di Rekening Job dari awal bulan sd tanggal 25 ditransfer ke masing masing rekening sesuai jumlah / alokasi.

 

Langkah ke-5 : Disiplin dan Konsisten

Untuk berhasil melaksanakan tips ini, peran emosional sangat berperan penting. Anda harus disiplin dan konsisten melakukannya terus menerus.

 

Langkah ke-6 :  Action !!!

Ayo tunggu apa lagi? Just do it.

Ada 1001 alasan untuk menunda nunda. Tapi cukup cari 1 alasan untuk Take Action !!!

Go Freelancer!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *