Tips dan Trik Freelance Online

Alhamdulillah, dapat melanjutkan tulisan tips yang ke #2. Insya Allah berguna bagi freelance newbie :mrgreen: Oh ya, thanks bagi Zeusbox yang membagi ilmunya untuk mengetahui tips and trik memilih proyek di site freelance, cool dude.. ūüėÄ

  1. Selalu baik terhadap klien. Jangan selalu menanyakan tentang proyek yang  sedang kita kerjakan. Coba buka percakapan ringan tentang hal lain, misal hobinya, film favoritnya, dan kondisi keluarganya. Semakin dia nyaman dengan kita, semakin baik hubungan secara profesional atau pertemanan, maka calon pekerjaan lainnya akan mengalir kepada kita.
  2. Apabila pekerjaanmu overload (apabila kamu sudah dapat memegang 5-7 proyek sekaligus), jangan ragu untuk outsourcing ke teman-teman kamu yang mempunyai potensi baik. Kita harus menjaga kepercayaan dan jangan sampai mengecewakan klien.
  3. Selalu bertukar pikiran untuk mengasilkan kualitas yang baik, tapi jangan sampai kamu terbawa arus. Jika ada revisi di luar timeline yang disepakati, malah semakin berantakan.
  4. Jangan jadikanlah freelance online agent sebagai pegangan hidupmu.¬†Karena secara tidak langsung kamu akan dirugikan oleh berbagai potongan dan tidak membuat dirimu mandiri untuk menjadi freelance sejati (halah… apa sih? :D). ¬†Usahakan freelance online agent hanya sebagai tempat mengumpulkan banyak teman (yang pasti bisnis, bukan teman main) jangka panjang. Alhamdulillah saat ini banyak klien yang mengajak aku untuk proyek lanjutan tanpa menggunakan freelance online agent.
  5. Say hi to your old client. Basa basi (yang seharusnya lebih tepat disebut silaturrahim) untuk bisa mendapatkan long term project, bisa melalui Yahoo! Messanger, Whatsapp, surel, Skype, atau yang terbaru adalah Telegram.
  6. Jangan buat dirimu jenuh dengan beban pekerjaan yang menumpuk, usahakan punya rencana untuk VACATION and NOT DISTURBED BY YOUR CLIENT. Seminggu ke hutan atau gunung lumayan, lho.
  7. Menabunglah, karena kita tidak tahu sampai kapan akan mendapatkan pekerjaan ini. Mungkin saja dalam 1-2 bulan kita belum mendapatkan proyek. Kita harus bisa bertahan demi keluarga dan diri sendiri.
  8. Berani menolak pekerjaan, apabila kerjaan kamu sudah mempunyai beban yang tinggi atau kamu mempunyai hanya satu pekerjaan dengan tuntutan kualitas akhir yang baik (tentu saja hal ini mungkin bisa menjadi referensi portfolio yang diandalkan).

Dengan 8 other tips and trick freelance online ini, dijamin mampu membuat kamu lebih handal dalam dunia persilatan freelance online. Jangan mudah menyerah dan gak perlu takut. Karena menurutku pekerjaan ini hanya mempunyai risiko yang kecil dengan hasil yang banyak. Percaya? Jangan, kalau belum dibuktikan sendiri.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *