Tip Manajemen Waktu Untuk Si Super Sibuk

Guys, pernah nggak ngerasa 24 jam sehari itu nggak cukup? Kerjaan ini belum kelar, itu belum beres, belum lagi tugas-tugas lain yang mengantri minta dibereskan sementara deadline semakin dekat.  Fiuhh… Kepala rasanya mau pecah dan tak tahu mana yang harus diberesin duluan. Kalau bisa rasanya pingin merengek pada Tuhan supaya diberi tambahan waktu sehari menjadi 25 atau 26 jam, but it’s absolutely impossible khan? So, apa yang harus kita lakukan supaya tidak mengalami hal kayak gitu? Yup, melakukan manajemen waktu yang baik itulah jawabannya!

shutterstock_179698964

Freelance Image by Shutterstock

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya waktumu ter-manage dengan baik:

Buatlah Priority List

Buatlah priority list atau daftar tugas yang dibagi menjadi 4 kategori besar yaitu Penting-Mendesak, Penting-Tidak Mendesak, Tidak Penting-Mendesak, dan Tidak Penting-Tidak Mendesak. Jadi, kelompokkan tugas-tugasmu yang bejibun ke dalam empat kategori tersebut. Kerjakan prioritas pertama yaitu kelompok tugas penting-mendesak, kemudian dilanjutkan kelompok tidak penting-mendesak, lalu penting-tidak mendesak, dan terakhir yang tidak penting-tidak mendesak.

Menepati Schedule

Setelah membuat priority list buatlah deadline kapan tugas harus diselesaikan untuk masing-masing tugas yang kamu masukkan ke dalam priority list. Tepati deadline yang telah kamu buat, agar jadwal pekerjaan tidak bebenturan atau menumpuk di akhir tenggat waktu.

Stop Menunda

Jangan pernah menunda apapun yang bisa kamu kerjakan sekarang. Do it now! Karena menunda dapat menyebabkan tugasmu menumpuk di kemudian hari dan selanjutnya bisa membuatmu  pening tujuh keliling karena dihadapkan dengan deadline yang hampir bersamaan.

Letakkan Barang-barangmu Dengan Rapi

Apa hubungannya meletakkan barang dengan manajemen waktu? Mungkin terbesit pertanyaan demikian. Eits, ternyata meletakkan barang dengan rapi bisa membantumu agar tidak perlu kehilangan waktu sia-sia hanya untuk mencari barang-barang sepele yang dibutuhkan saat itu. Buatlah folder yang rapi sesuai dengan kategori pekerjaanmu. So, cukup membantu menghemat waktu bukan?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *