Template Kontrak Kerja

Sebuah template kontrak kerja juga penting untuk dibahas dalam hal kontrak kerja dengan klien. Banyak yang masih belum mengetahui bagaimana template kontrak kerja yang baik. Setelah pembahasan sebelumnya mengenai pentingnya sebuah kontrak kerja, hal-hal apa saja yang ada dalam sebuah kontrak kerja.

image from here

Dokumen yang paling penting ini harus serius dalam pembuatannya karena menyangkut kelangsungan kesepakatan bisnis Anda dan klien. Seperti telah disinggung sebelumnya, ini akan membantu menghindarkan dari penolakan pembayaran oleh klien atau posisi Anda sebagai freelancers yang dikuasai klien. Jika Anda pemula sebagai pembuat kesepakatan, lebih baik sewa pengacara. Namun, untuk menghemat biaya yang dikeluarkan saya akan membagikan contoh-contoh template yang biasa digunakan freelancers.

Terdapat beberapa referensi template yang mungkin bisa membantu Anda. Template ini tinggal Anda ganti pada bagian-bagian tertentu sesuai dengan kesepakatan yang terjadi. Mudah kan?

template kontrak kerja freelance writer

template kontrak kerja website designer

 

atau bisa juga download di sini

Intinya, hal-hal yang harus diperhatikan:

  • pihak-pihak yang terlibat;
  • kesepakatan proyek (nama, pekerjaan, waktu, biaya, pajak, dll);
  • pembayaran;
  • kondisi tertentu;
  • legalisasi.
Ayo segera buat template kontrak kerja usaha Anda. Semoga tidak ada lagi hal-hal yang tidak diinginkan freelancers terjadi lagi ya 🙂
Ada saran lain?

 

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *