Teknis Memulai Menjadi Seorang Freelance

Teknik Menjadi Freelance - photo by blogpigs

Teknik Menjadi Freelance - photo by blogpigs

Telah banyak dibahas dalam ruangfreelance tentang bagaimana memulai menjadi seorang freelancer. Tapi terkadang kita ragu bagaimana teknisnya dan langkah awal untuk melangkah kesana.

Untuk dapat melangkah lebih jauh ada baiknya kita melihat artikel-artikel terkait berikut ini, dan coba memperhatikan dan melihat:

Kayaknya semuanya sudah dibaca dan dicerna dan pasti mulai mendapatkan gambaran secara tidak langsung tentang lingkup kegiatan freelance, tapi muncul beberapa pertanyaan baru di otak, antara lain bagaimana sih teknis menjadi seorang freelance?

Secara teknis freelance online itu diharuskan memiliki beberapa point:

  1. Koneksi internet
  2. No telp yang bisa dihubungi
  3. ID messenger yang available
  4. Portfolio
  5. Skill yang akan dijual
  6. Kemauan Dan Aksi

Saatnya kita membahas point-point diatas secara teknis

Koneksi Internet

Koneksi internet menjadi hal yang sangat penting bagi seorang freelance online, karena kita dapat berhubungan dan mencari kerja menggunakan media ini. Internet untuk orang Indonesia merupakan hal  yang cukup mahal untuk dimiliki, karena dilihat harga starter yang cukup mahal.

Bila hal tersebut menjadi sebuah masalah, mungkin beberapa tips berikut dapat menjadi sebuah solusi.

Gunakan Internet Kantor

Menggunakan fasilitas semaximal mungkin dan biaya seminimal mungkin itulah mungkin gambaran menggunakan internet kantor. Bila para pembaca masih bekerja di kantor dan mendapatkan fasilitas internet tidak ada salahnya melemburkan diri dikantor untuk berinternet dan mencoba mencari satu atau beberapa project awal sebagai pengenalan dunia freelance. Kantor dapat menjadi nilai plus karena kita akan terbebas dari biaya internet, komputer dan listrik.(Hal ini tergantung kebijaksanaan kantor)

Share internet dengan teman kost

Bagi para pembaca yang  masih berstatus anak kost, mungkin dapat merayu teman-teman kost untuk melakukan sharing biaya Internet.  Anak kost sekarang ini membutuhkan internet untuk sekedar browsing, chatting ataupun mencari jurnal buat skripsi dan tesis, dengan sedikit melemparkan ide untuk langganan internet kita dapat berbagi biaya internet ke sesama anak kost.

Meminjam internet teman

Bila teman atau sahabat kita memiliki Internet mungkin kita bisa mencoba untuk meminjam internet pada malam hari (sedikit bergadang tidak masalah), karena kebanyakan para pemilik project di negara lain memiliki perbedaan waktu yang sangat signifikan dengan negara kita.  Ada baiknya kita ikut serta meringankan beban biaya internet-nya.

Berlanganan Mobile Internet

Jika kita memiliki uang lebih dan membutuhkan Internet yang mobile, mobile internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Koneksi 24 jam, berada pada lokasi yang memiliki jaringan dan dengan harga yang relatif murah mobile internet menjadi alternatif terakhir.

No. Telp Yang Bisa Dihubungi

Setiap perusahaan atau client pasti tidak mau kehilangan kontak dengan para freelance atau pegawainya, karena selain mereka dikejar oleh sebuah timeline mereka juga ingin membuktikan kalo kita ada dengan cara melakukan kontak langsung. Karena hal tersebut kita diwajibkan memiliki no telp yang mudah dihubungi.

Sebagai saran ada baiknya kita memiliki dua nomor, nomor pribadi dan nomor khusus klien. Nomor khusus klien digunakan karena ada beberapa klien yang tidak mengenal waktu dan terus menerus akan melakukan kontak langsung dengan kita, untuk menghindari hal tersebut memang dibutuhkan sebuah nomor yang bisa di silent.

ID Messenger Yang Available

Selain telp messenger adalah media komunikasi yang murah dan mudah. Semua client yang akan kita temuin pasti ingin melakukan diskusi secara text dan biasanya akan menggunakan layanan messenger.  Oleh karena itu ada baiknya kita memiliki id di semua messenger yang terkenal (Skype, Gmail, YM, MSN) karena ada beberapa klien yang tidak mau menggunakan messenger tertentu.

Portfolio

“Give me your portfolio“, itulah mungkin kata-kata yang sering dilontarkan oleh klien yang baru kita kenal.  Setiap orang pasti tidak mau meng-hire seseorang tanpa bukti. Portfolio sangat dibutuhkan disini. Baik itu portfolio yang bebentuk code, design, tulisan ataupun semacamnya.

belum ada portfolio?

Bila belum memiliki sebuah portfolio ada baiknya kita membuat sebuah dummy portfolio.

Coder

Bila anda seorang coder ada baiknya buat sebuah portfolio tentang web baik itu modifikasi dari opensource ataupun juga membuat sebuah aplikasi kecil tetapi memang menunjukkan kemampuan anda . Sebagai permulaan buatlah sebuah aplikasi kecil yang menggunakan teknologi terbaru dan design code yang baik.

Designer

“Show your style and rock on” yups tunjukan gaya elo dalam design, bila belum memilikinya luangkan waktu 2-7 hari untuk membuat portfolio design yang memukau. Dan upload ke dalam flickr ataupun blog.

Writer

Sebuah tulisan dapat mengambarkan sesuatu, dan dengan tulisan orang akan dibuat percaya akan sebuah produk dan ide. Disinilah dibutuhkan peran penulis karena nanyak orang yang punya ide/produk tapi tidak dapat mengungkapkan dalam tulisan, dan mereka butuh orang-orang yang jago dalam menulis. Tunjukkan tulisan kita kepada mereka dengan membuat sebuah portfolio tulisan blog yang terstruktur dan menarik atau melakukan sebuah review akan produk.

Other

Masih banyak keahlian yang dibutuhkan diluar sana dan mereka kita membutuhkan sebuah portfolio untuk meyakinkan mereka. Jadi buatlah portfolio sesuai dengan seni dan bidang yang kita miliki.

Skill yang akan dijual

Cari tau skill apa yang akan kita jual, karena bila kita tidak mengetahui bidang apa yang memang menjadi nilai plus kita, kita akan menjadi seorang loser. Banyak hal yang kadang tidak kita sadar atas potensi diri kia, tapi didunia freelance ini banyak hal yang bisa kita jual.

Sebagai contoh, bila kita jago menjual kita dapat menjadi seorang freelance marketing. Atau bila kita hanya jago menulis dan humor kita dapat menjadi seorang freelance on writing.  Atau bila kita hanya sanggup menjadi seorang leader kita dapat menjual diri sebagai seorang project manager.

Kemauan dan Aksi

Hal yang paling dasar dari semua teknis itu adalah kemauan dan aksi. Semua hal dapat diselesaikan dengan memiliki kemauan yang tinggi. Tapi sebuah kemauan tanpa aksi sama dengan nol besar.

Mungkin hal diatas bisa menjadi panduan teknis bagaimana memulai perjuangan menjadi seorang freelance. Dan jangan pernah menyerah karena sekali kita sukses dan berprestasi dalam dunia freelance maka kita akan dapat terus maju.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • kupu ngaeran says

      Portfolio itu hasil karya kita.. dummy itu dibentuk bisa secara printout, kurang lebih kayak gitu

  1. says

    kalo kita belum pernah ngerjain sebuah project buat client, kita bisa bikin portfolio sendiri, dengan cara showoff kerjaan pribadi kita yang menunjukkan kemampuan dan skill kita. Kira-kira itulah dummy portfolio

  2. says

    terimakasih atas penjelasannya. tp binun nihh bro.
    koneksi internetku seadanya starone 1gb kadang2 lelet. trus yang mau kujual apa. skil ku cuma bikin blog sendiri. itupun sederhana banget. kl dikantor(pekerjaan tetap) aku paling sering disuruh buat laporan yang banyak menggunakan excel disuruh buat chart atau penghitungan kalkulasi yang bikin otak ku kadang – kadang ampe mau pecahhhh.

  3. says

    Terima kasih tentang segala infonya, saya baru ingin terjunke dunia freelance mohon bimbingan dari denior.

  4. teddy says

    Gw ga setuju dengan menggunakan internet kantor sekalipun kantor tidak sedang pakai. Kita dihire kantor 8 jam untuk kerjain bener-bener. Kalau mau freelance / side job ya pake internet dan komputer rumah dong. Karena itu ga ada hubungannya dengan kantor. Bukan masalah seberapa bny kantor dirugikan ato nggak. Apa bedanya dengan kita pake telp kantor buat telp bisnis kita sendiri atau telp pacar? nggak fair kan.

  5. says

    untuk yang Messenger itu, boleh2 saja invis dari teman2, khawatir terganggu dari fokus kerjaan.

    Tapi utk klien yg sedang kita kerjakan projectnya, hrs selalu menyala.

    Ohya, ama pacar juga harus selalu nyala .. lha kalo dianya ngambek, malah bikin kerjaan lagi T__T *jokes

  6. says

    Great artikel mas, thank you very much atas sharingnya. Sangat bermanfaat buat yang mereka mau migrasi ke kwadran self employee. Sebagai batu loncatan menuju Business Owner, sampai mencapai kwadran Investor. 🙂

    Mohon ijin di publish artikelnya di blog saya mas ? Boleh kah ?

  7. says

    Seep sangat berguna, tapi mungkin perlu tambahan lagi :
    – Suka ber-komunikasi dengan para freelance lain sapa tau mereka sibuk kita dapat limpahan kerjaan 😉
    – Buat kartu nama digital ataupun cetak dan dibagikan ketika bertemu orang yang pantas dijadikan klien atau marketing kita 😉
    – Selalau rendah hati dan menerima koreksi dari siapa saja yang membangun

  8. Thing Thing says

    Saya ingin sekali kerja freelance, tapi saya sendiri bingung apa yang cocok buat saya kerjakan, mencipta lagu baru ada 3, jadi data entry mungkin, soalnya saya sering lihat berita tertulis di tv salah tik, coba sy yg tik. Saya senang musik, sepakbola, sy pernah punya keinginan kerja di duta suara. Adakah yg mau kasih saran?

Trackbacks

  1. […] Sebelum terjun ke dunia freelancer jangan lupa belajar tentang bagaimana mengambil proyek, menghitung nilai proyek, menyiapkan kontrak, dsb. Hal ini untuk meminimalkan resiko yang tidak diinginkan ketika anda betul-betul telah masuk ke dunia freelancer. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah karena salah perhitungan proyek, kontrak yang tidak jelas terkadang seorang freelancer melakukan pekerjaan yang lebih namun bayarannya tidak sepadan. Dan freelancer tidak dapat menolak karena takut kehilangan klient dan karena kontrak tidak jelas cakupan dan batasan pekerjaan. Anda dapat mempelajari hal teknis menjadi freelancer dari Ruang Freelancer disini. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *