Tips Tampil Modis Untuk Freelancer

Siapa bilang tampil modis berlaku hanya untuk kalangan atas? Freelancer identik dengan dandanan kucel ala geek tidak pernah mandi? Hmm, freelancer tetap bisa tampil modis loh! Tetap ingin tampil modis dengan budget tipis? Siapa bilang low budget membuat kita mati gaya. Mungkin beberapa kalangan masih asing dengan istilah flea market. Flea market atau biasa disebut dengan pasar loak/ barang bekas. Biasanya yang dijual adalah barang-barang secondhand atau baru namun dengan cacat layak pakai. Pakaian, sepatu, tas, dan accesoris, second yang dijual dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga di toko pada umumnya. Biasanya tempat ini familiar di kalangan mahasiswa berkantong tipis seperti saya 😀

Alasannya bukan hanya karena murah saja, namun juga karena modelnya yang cenderung tidak pasaran dan justru terkesan unik, vintage, dan terlihat tampil beda.

Saya memiliki beberapa tips untuk para freelancer dalam memilih barang di flea market agar bisa lebih modis:

Fokus pada satu tujuan

Sebenarnya tips ini berlaku tidak hanya saat berbelanja di flea market saja, namun juga di tempat-tempat lain. Yang namanya belanja ada baiknya menetapkan pada satu tujuan. Selain menghemat budget juga menghemat waktu. Di tempat ini Anda akan menemui banyak sekali pilihan model, corak, dan harga tentunya, isinya tidak kalah lengkap dengan tempat-tempat perbelanjaan pada umunya. Jadi daripada buang-buang waktu, lebih baik Anda fokus pada satu tujuan barang apa yang akan Anda beli. Apalagi pekerjaan Anda sebagai freelancer tidak bisa ditinggal lama-lama :p

Tetapkan budget

Kadang saat berbelanja meskipun sudah menetapkan budget sekian rupiah, pada kenyataannya sering melebihi target yang ditetapkan. Wajar jika ekspektasi tidak sama dengan kenyataan. Oleh karena itu, ada baiknya jika uang yang ada di dompet terbatas agar tidak overload. Ingat lagi jika pendapatan freelance Anda belum tetap, jadi harus pintar membagi prioritas.

Teliti sebelum membeli

Berhubung yang dijual merupakan barang-barang second yang pasti rentan akan cacat sana-sini, oleh karena itu sebagai pembeli yang gak mau menyesal setelah membeli teliti terlebih dahulu sebelum membeli, kalau perlu teliti sampai detail yang terdalam. Cacat yang sering ditemui biasanya masalah lepasnya kancing, warna luntur, dan sedikit cacat sobek. Semakin tinggi harganya semakin sedikit cacatnya, biasanya begitu. Harga tak membohongi kok. berhubung ini merupakan barang second, jangan lupa mencucinya sebelum dipakai, ada baiknya jika Anda merendamnya dengan air panas terebih dahulu agar kuman dan debunya hilang.

Siap tampil beda? Silakan mencoba 😉

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *