Survey Freelancer di Seluruh Dunia

Survey Freelancer - photo by Ian Andrew

Survey Freelancer - photo by Ian Andrew

Bahasan yang sangat menarik dan pastinya ditunggu-tunggu oleh semua freelancer, khususnya freelancer Indonesia 🙂 Saat ini kami ingin memberikan informasi seputar statistik freelancer di seluruh dunia yang dibuat oleh A List Apart, Rockable Press dan Freelanceswitch. Sebelumnya mereka telah melakukan survey kepada semua freelancer di tahun 2007 dan 2008.

Web Design Survey oleh A List Apart

The Web Design Survey 2007 by A List Apart

The Web Design Survey 2007 by A List Apart

Pada April tahun 2007 , A List Apart dan Event Apart menyelenggarakan survey untuk para kreatif pembuat website. Hampir 33.000 profesional web menjawab 37 pertanyaan survey, dan menghasilkan data yang terkumpul dari bisnis web desain dan developer di seluruh USA dan dunia. Hasil yang didapat yaitu 82 halaman dengan format PDF dan semua membahas mengenai freelancer. Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

Statistik Freelancer 2008 oleh Freelance Switch

Freelance Statistic Report by Freelanceswitch

Freelance Statistic Report by Freelanceswitch

Rockable Press dan Freelanceswitch juga tidak mau ketinggalan untuk membuat survei yang serupa pada tahun 2008. Contoh pertanyaan yang dikeluarkan seperti: Apakah freelance memberikan quotation atau estimasi dalam proyeknya?, Berapa penghasilan yang diterima perbulan?, Bekerja berdasarkan jam atau perproyek? dan masih banyak lagi. Sekitar 3700 orang mengikuti survey tersebut yang terdiri dari 6 benua dan 10 industri kreatif. Sayangnya Hasil statistik freelance-nya dibanroll oleh Rockable Press sebesar $19 dengan jumlah 55 halaman.

RuangFreelance Gratisan

RuangFreelance karena hadir untuk Anda yaitu para freelancer Indonesia, maka kami memutuskan untuk membagikannya secara gratis Statistik freelance Rockable dan web desain survey A List Apart kepada Anda. Walaupun hasil survey atau statistiknya sudah dibilang tertinggal waktunya (basi), tapi sangat bagus untuk memprediksikan rencana freelance Anda di tahun 2009. Kami mempunyai syarat-syarat sebagai berikut:

Tunggu apalagi? Ayoo ikuti Twitter RuangFreelance

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    @Bagus Prakoso : gue lupa masukin informasi mengenai yang sudah follow :). untuk yang sudah akan kami kirim minggu ini :D. Just wait us ok

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *