Situs Freelance Online Bagi Calon Freelancer

Freelance Agent - photo by VizionQuest

Freelance Agent - photo by VizionQuest

Anda ingin menjadi seorang freelancer online, dan ingin mencoba terlebih dahulu dan memahami karakteristik freelance market. Hal tersebut sering kali muncul dalam benak calon freelancer dan akan secara otomatis bertanya-tanya, dimana dan bagaimana para freelancer online mendapatkan sebuah projek dan bagaimanakah untuk memulai sebuah projek itu.

Ada baiknya para calon freelancer bertanya kepada para senior-senior yang telah berkecimpung dalam bidang ini atau langsung terjun. Bila anda memutuskan untuk langsung terjun kedalam dunia ini ada baiknya untuk mencoba beberapa situs-situs penyedia di bawah ini:

Scriptlance

Scriptlance Image

Scriptlance Image

Untuk memulai sebuah kegiatan freelance online ada baiknya kita mencoba situs outsource ini, karena banyak sekali project-project yang simple yang dapat kita ambil. Dari mulai perbaikan sebuah situs, penambahan feature-feature, perubahan layout dan juga pembangunan situs dari nol.

Situs freelance online ini beralamatkan di http://www.scriptlance.com

Kelebihan

Scriptlance memiliki kemudahan dalam melakukan registrasi dan ikut serta dalam sebuah project. Selain itu pemotongan biaya project relatif kecil dari $5 sampai dengan 5% dari harga project (tergantung lebih besar yang mana).

Selain itu pencairan uang pada scriplance dapat dilakukan dengan berbagain macam cara, dan besarnya pencairan tergantung dari masing-masing freelance. Pengalaman dari penulis pencairan dana melaui wire transfer memakan waktu 2 hari kerja. Berikut ini  type pencairan dana yang disupport oleh scriptlance.

  • Check – Regular Mail ($3 fee)
  • Check – FedEx Overnight ($38 fee)
  • Paypal (No fee)
  • E-Gold (No fee)
  • Moneybookers (No fee)
  • Payoneer Debit Card (No fee)
  • Bank Wire ($25 fee)

Pada scriptlance tidak ada minimal bid yang dilakukan, sehingga dapat melakukan bid semaksimal mungkin disesuaikan dengan kesulitan suatu project.

Kekurangan

Harga murah

Pada situs ini terlalu banyak pemilik project yang memberikan harga sangat murah, dikarenakan banyaknya saingan dari negara seperti india, nepal, bangladesh yang memberikan harga murah. Sehingga harga menjadi jatuh dipasaran.

Larangan Publish Info

Selain itu kita tidak dapat mempublish informasi pribadi (telepon, email, IM ataupun link yang mengarah ke informasi pribadi) di message bord ataupun di bid message. Bila kita melanggar larangan ini maka kita akan mendapatkan peringatan ataupun juga penghentian account.

Escrow

Escrow tidak diwajibkan pada situs ini, karena setiap buyer bebas menentukan apakah akan memasukan uang kedalam rekening escrow atau setelah project selesai dikerjakan. Karena hal tersebut maka banyak terjadi penipuan bagi provider-provide baru.

Rentacoder

RentACoder Image

RentACoder Image

Bagi para pemula rentacoder adalah salah satu pilihan bagus untuk dicoba, selain tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain itu  situs ini sangat profesional dimana pemilik situs dan team bertanggungjawab penuh dengan situs yang dimilikinya.

Pencairan dana pada situs ini menggunakan:

  • Snail Mail Check
  • Western Union (wire/telegraph)
  • Payoneer Prepaid Mastercard®–economical and convenient recurring job option
  • Pay Pal

Situs ini beralamatkan pada : http://rentacoder.com

Kelebihan

Kenyamanan bertransaksi

Rentacoder sangat memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi baik itu kepana provider(freelancer) ataupun kepada buyer. Setiap log percakapan akan selalu tersimpan di sistem dan report provider akan selalu ditanyakan setiap 1 minggu sekali.

Bila terdapat masalah terhadap project baik dari buyer ataupun provider dapat melakukan laporan kepada admin untuk membantu penyelesaian persoalan sampai tuntas berdasarkan log percakapan, report serta konfirmasi dari kedua belah pihak.

Escrow

Pada situs ini setiap buyer (pemilik project) wajib menaruh uang kepada sistem sebelum project dimulai sehingga setiap project dipastikan dibayar oleh para pemilik project.

Deadline Yang Sesuai

Deadline project akan dibuat sesuai dengan persetujuan buyer dan provider sehingga setiap project akan tepat waktu dan bila buyer tidak memberikan kabar selama waktu tertentu kita dapat melaporkan buyer tersebut dan uang transaksi akan masuk ke kantong provider.

Kekurangan

Pencairan Uang Yang Tidak Instant

Tidakseperti situs scriptlance yang dapat mencairkan dana kapan saja, situs ini menawarkan pencairan dana setiap 2 bulan sekali dalam 1 bulan, pada pertengahan bulan dan akhir bulan. Sehingga kita tidak dapat menikmatin langsung hasil dari transaksi kita.

Pemotongan Biaya Yang Besar

Setiap transaksi yang dilakukan pada situs ini akan melakukan pemotongan sebesar 15% dari harga project dan selain itu untuk pencairan akan dikenakan biaya sebesar n $ tergantung dari layanan yang digunakan.

Expert Guarantee

Ini adalah layanan yang disediakan oleh rentacoder, layanan ini akan menyebabkan kita membayar sebesar n% project ketika project disetujuin. Fungsi ini dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan kepada buyer bahwa kita dapat menyelesaikan project. Bila project tidak selesai uang yang telah kita masukkan akan otomatis menghilang. Di Indonesia lebih dikenal dengan bank garansi.

Navigasi Yang Sulit

Dari semua situs yang pernah dikunjungin situs ini memiliki tingkat kesulitan navigasi yang parah, bila belum terbiasa dengan panel-panel yang ada kita akan kesulitan untuk memahamin situs ini. Ada baiknya sebelum melakukan transaksi untuk dapat mengunjugin halaman pertolongan yang telah disediakan.

Elance

Elance Image

Elance Image

Elance situs yang beralamatkan pada http://elance.com adalah salah satu situs favorit para freelancer, situs ini merupakan situs freelancer profesional.  Selain tampilannya yang enak dilihat situs ini juga memberikan pembagian kategori kerja secara specific.

Situs ini merupakah sebuah situs berbayar dimana untuk mengikutin sebuah project kita harus menyerahkan connect yang telah kita beli pada situs ini.

Kelebihan

Halaman bantuan

Elance memberikan sebuah halaman bantuan yang lengkap, baik itu yang berbentuk video ataupun textbase. Dengan kemampuan search text bantuan akan memudahkan kita mencari bantuan yang diharapkan.

Pencarian Project

Elance memberikan sebuah halaman pencarian project menggunakan ajax, dengan memberikan parameter-parameter lengkap kita dapat menemukan project yang cocok dengan kita. Selain itu terdapat project berdasarkan  kategori.

Pembatasan Project Untuk Setiap Provider

Setiap provider akan mendapatkan maksimal 60 connect sehingga setiap provider hanya akan dibatasin mengirimkan 60 proposal dalam setiap bulan. Karena hal tersebut persaingan antar provider bisa lebih dibatasin. Sehingga kesempatan untuk memenangkan project lebih besar.

Kekurangan

Merupakah Situs Berbayar

Situs ini merupakan situs freelancer berbayar, dan memiliki membership plan yang beraneka ragam. Semakin mahal membership akan memberikan keuntungan berlebih. Walaupun situs ini berbayar kita dapat mencoba menggunakan layanan situs ini secara free dengan menggunakan 3 connect  gratis setiap bulannya.

Pemotongan Nilai Project

Walaupun kita telah melakukan pembayaran membership kita tetap dikenakan biaya project sebesar 4%-6% tergantung plan membership yang telah kita lakukan pada situs ini.

oDesk

ODesk Image

ODesk Image

Situs ini adalah salah satu situs freelance online, dimana kita akan bertemu secara langsung dengan para buyer melalui sebuah aplikasi khusus. Aplikasi ini akan merekam semua kegiatan kita ketika sedang mengerjakan sebuah project dari buyer dan buyer dapat mengawasi secara langsung komputer yang kita gunakan melalui capture yang didapat.

Situs ini sangat cocok bagi orang yang ingin mendapatkan penghasilan yang dihitung secara perjam. Situs ini akan melakukan pemotongan sebesar 10% kepada provider yang mendapatkan sebuah project, baik itu project hour base ataupun project time base.

Sebelum dapat menjadi provider kita harus terlebih dahulu mengikutin sebuah test tentang bagaimana cara kerja situs oDesk ini. Sehingga setiap orang akan sedikit memahami bagaimana cara kerja situs ini.

Saat ini penulis belum dapat memberikan kekurangan pada situs ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa dilihat oleh penulis pada situs ini:

  • Free Test buat semua bidang dari expertrating
  • Halaman Bantuan yang mudah diakses
  • Pengubahan data provider yang bersahabat
  • Free registrasi
  • Navigasi yang bersahabat
  • Pencarian project yang mudah dan bersahabat

Situs ini dapat diakses melalui http://odesk.com

116 Comments

  1. zamdesign

    jangan lupa untuk tiap-tiap situs: ketik “indonesia” di search form, untuk mengetahui siapa saja saudara kita yang sudah berkiprah di tiap situs tersebut 🙂

  2. yahya

    @deny
    Iya bru, GAF kurang menarik buat jagoan sekalibar Deny 😛

    @agoes82
    Di bagian odesk :

    Situs ini akan melakukan pemotongan sebesar 10% kepada provider yang mendapatkan sebuah project, baik itu project hour base ataupun project time base.

    Uhmm sedikit koreksi, 2 tipe di Odesk adalah fixed price & hourly based ( hourly sama dg time based ). Fixed price bisa ditagih borongan atau per milestone, hourly di charge sebanyak waktu kita kerja perminggu.

  3. Deny Sri Supriyono

    @yahya: nggak gitu, om :d

    saya malah belum cobain ini semua, jadi banyak dapet info dari artikel ini mengenai plus minusnya.

    dulu suka dikasih referensinya cobain GAF pas mau nyoba freelance.

    nah, sekarang GAF nggak/belum dibahas secara detail di sini — jadi bertanya, masih menarik atau nggak ya main di GAF? plus minusnya apa gitu? :d

  4. adit

    nice review

    btw kekurangan odesk, ya potongan 10% ituh 😀

    oiya mungkin ada satu lagi situs yg bisa untuk dipertimbangkan … guru.com

  5. anggi krisna

    @All : bagi yg mengetahui keuntungan atau kekurangan web freelance market yang lainnya bisa ditulis disini ok 🙂

    @Deny : GAF tunggu tanggal maennya

    @adit : Guru.com, kami belum pernah maen kesana. jadi belom mengetahui secara jelas

    @yahya : seperti harus ada 1 sesi posting all about Odesk, yahya salah satu pentolan Odesk indonesia 😀

  6. yahya

    @anggi : ih fitnah, jelas saya gak salah, apalagi pentolan odesk 😛 … tar deh gw coba interview nyang beneran pentolan odesk asal Indonesia, kalo berasil di post disinih.

  7. agoes82

    @didats : emang kebanyakan ngasih harganya kecil, tapi buat awal2 dan cari kenalan lumayan berguna.\

    @all : lam kenal buat semuanya

  8. eno

    oks, ku juga pengen bgt ber-freelance (translate b.ind ke b.inggris) di internet.tapi ga tau caranya. kalau ada yg bisa bantu, makasih bgt 😀

  9. andri

    saya sudah menjadi anggota elance.com. kesulitan saya belum juga dapat proyek. kira-kira bagaimana tipsnya untuk dapat proyek?

  10. devi iriawan

    salam kenal buat mas agoes dan para master freelance di sini. saya bingung mulai dari mana utk jadi freelancer online. saya hanya menguasai photoshop dan keahlian standar utk dreamweaver. apa ada job2 utk photoshop lwat internet ya mas??

    tolong reply ke uanginternetcash@gmail.com ya mas

    trims

    devi iriawan

  11. jasfario

    Salam kenal buat mas agoes. Sukses selalu.

    Buat nambahin kelebihannya RentaCoder (Baca : RAC), Project yang bejibun setiap hari kayak gak ada habisnya, so kalo RAC ambil 15 persen per project rasanya worth la… buat team marketingnya. 🙂

    Tapi best freelancer site saya rasa masih Elance, disamping kelebihan2 diatas yang sudah dirangkum mas Agoes, pencairan dana cuman butuh waktu kurang dari dua hari and minim sekali fee-nya.

    Even Saya mulai dari GetAcoder (baca:GAC), (kenapa gak ada logonya diatas mas? :P) akhir2 ini kerjaan di GAC sepi2 aja… malah kepotong buat perpanjangan keanggotaan tiap 3 bulan :((

    Sukses selalu bagi Freelancer Indonesia.

  12. vhie

    Ass. wr. wb
    yth mas agus.
    saya baru menyelesaikan S1 dibidang manajemen, pernah memperoleh diploma 3 ( english), menguasai komputer literatur (ms office, internet), dan bahasa inggris. ingin menjadi freelancer bahasa english (translator) mohon bantuan infonya segera.
    thanks a lot..

  13. Hero

    Saya paling suka ODESK cuma ada kelemahannya yang setimpal, yakni ada pretest yang susah banget saya udah coba 2 kali masih dibawah standart…..

  14. Rizky Abdilah

    update donk mas..
    ditambahinn freelancetraffic.com => baru, jadi persaingan nya dikit, paling2 dari india

    terus setauku kalo elance yang bayar, sebulannya 80 connect,

    hehehehe

  15. asfan

    wah aku masih blank dengan sistem pembayaran online gituh 🙁 gimana caranya sich, apa itu pay pal dsbnya, gimana caranya bos…

    • dharmanto aji

      iya donk boss…bayangin aja waktu wikipedia belum diterjemahkan dalam bahasa Indonesia…rasanya saya mau nangis kalau cari artikel atau info di wikipedia..but now kita tinggal enak karena hampir semua sudah mulai diterjemahkan ke bahasa Indonesia..(walau masih banyak buanget terjemahan dari wikipedia Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia masih amburadul…he…he…)

  16. catur

    saya pernah daftar di beberapa situs yang disebutkan diatas, tapi belum pernah sekalipun dapet job. 🙁
    karena emang saya hampir gak pernah bid..
    selain karena emang belum pengalaman, rata2 job yang dibutuhkan jauh diatas kemampuan saya,,
    emang biasanya para freelancer disini suka ngerjain job yang seperti apa sih.?

  17. oto

    saya bekerja di perusahaan swasta di jakarta, dan karena saya suka dengan komputer saya cari order2 untuk pengetikan dokumen dll dari kantor atau personal.
    Apakah ada situs atau website yang membutuhkan tenaga mengetik dokumen dengan ms. office secara freelance?
    jika ada yang tahu email gw ya: otto.jkt@gmail.com

  18. feryhendrawan

    di odesk.com ada beberapa buyer nakal yang bisa nembak (nggak bayar), pada fix price project.kalou buyer memang niat nggak bayar, dia bisa nggak bayar, karena tak ada garansi. untuk amannya pilih yang hourly, pasti dibayar.

    • dharmanto aji

      tul bos…karena pada dasarnya manusia ingin bebas tdk suka diatur…itu sifat fitrah manusia… nantikan artikel saya tentang nikmatnya hidup sebagai freelance…ya..

  19. salnan

    nambahin bro untuk odesk.com ( udah 1 tahun lebih join ). Kelebihan dari odesk dibanding yang lain adalah sitem pembayaran / jam nya. Sejak pertama aku join aku selalu mengambil yang jaman. Pembayaran untuk sistem jam sangat dijamin oleh odesk.com. Jadi berapapun kita kerja, pasti dibayar. Kelemahanya pada sistem fixed jobnya. Untuk system fixed job tidak ada jaminan pembayaran..

    Aku sangat merekomendasikan odesk.com. Alhamdulilah aku dan beberapa temenku yang sama – sama ikut di odesk sudah merasakan nikmat kerja disana. sampai – sampai temenku keluar dari kantornya hanya demi intent di odesk. kalau bener-2 serius dan full. Perbulan bisa dapat $2000 an bro 🙂

  20. rijal

    salam buat semuanya ada ga ya buku penuntun praktis lengkapa tentang dunia freelancer /
    saya teratarik dengan free lanncer

  21. dhiani

    hi mas,,

    saya dah lama gabung di odesk.. tapi kebanyakan job apply saya ditolak,,mohon banget masukannya….

  22. yarfik

    Pernah daftar Elance, tapi masih mandek di konfirmasi…
    Dua kali gagal pas ditelepon untuk konfirmasi dengan menyebutkan deretan angka menggunakan bahasa Inggris. 🙁

    Di Rentacoder.com (RAC), pembayaran terjamin karena buyer wajib menyetor uang (escrow) terlebih dahulu sebelum memulai proyek. Tapi besar proyek kebanyakan tidak terlalu besar.

    Saat ini saya mencoba untuk menembus ODesk yang sepertinya memang lebih menjanjikan. Apalagi yang sistem per jam-nya.

    Thanks buat infonya.

    Semangat..! o/

  23. picachu

    saya pernah diberitahu mengenai website freelance lain
    dari teman namany http://www.freelancer.com

    krn situs ini belum disebutkan penjelasannya diatas
    kira-kita anda tau tidak bagaimana kekurangan dan kelebihanny?

    makasih y buat infony

  24. daily blog news

    idem sama picachu, coba daftar di freelancer.com, tapi pas test exam ga lolos 2 kali, posting diatas dengan yang saya maksud beda apa sama yah ? buth tips nih buat lolos freelancer.com…:((

  25. fery

    di Odesk pada sistem fixprice sering buyer tidak membayar…ini sudah3 kali terjadi pada saya…hati2 kalou dapet job fixprice di odesk

  26. Raden

    ngomong2 soal online freelancer..
    saya punya sekedar cerita singkat hehe..
    ya mungkin hoki2 an aja alhamdulillah.. , saya termasuk tentara2 newbie di 99D. Pernah suatu saat menangin Web Design Project, ternyata eh ternyata.. CH nya expat Australia domisili di Jakarta. Trus beliau sering memberikan langsung project2 rekanannya dan sembari bantu startup nya dia dan saya ajak juga temen saya yg lain untuk web development. malah skrg saya di modalin usaha.. sekali lagi alhamdulillah.. hehe.. mayan lah dari pada manyun, web2 freelancer gini nih yang membantu membuka kesempatan pekerja grafis..

    motto saya:
    “kalo menang jadi dolar, kalo kalah jadi portfolio”

    nah.. ngomong2 soal portfolio, ada cerita lagi nih..
    pernah denger http://www.upstack.com? nah gw mayan sering “hired project disitu”..
    disana dibayar di muka, walaupun enggak terpilih design kita. tapi kalo kepilih dapet bonus fee.. jadi gini..

    e.g Design Fee: $400 Bonus: $600.. kalo gak dipilih dapet Design Fee Only kalo terpilih ya dijumlahin aja semua. enaknya itu disana karya kita engga bisa di intip2 designer lain.. fair bgt dan interface untuk submit design nya juga lbh interactive drpd website2 contest design yang lain.

    Portfolio2 yang gak menang jangan di hapus, kumpulin aja trus submit ke http://www.upstack.com siapa tau agan2 di hire sama mereka. kalo enggak salah setelah yang ke empat kali, baru pengajuan saya via email di approval mereka.

    tambahin lagi sedikit, buat yg belum tau aja 🙂
    untuk jualan “logo” ready made/stock bisa submit proposal ke http://www.brandstack.com atau http://99designs.com/logo-design/store disana kita dapet fee dari royalti yang terjual.

    wassalam

  27. Hafiz

    thanks frend…. bagus infonya.. 😉
    saya juga ada ni… yang ingin dapat penghasilan minimal $200 bisa pelajari di http://www.pcudi.blogspot.com , saya freelancer designer….. dan situs ini untuk yang niat kerja,bukan bisnis kecil-kecilan…… melauinkan bisnis bagi para desainer grafis.

  28. indra zudin

    saya sudah lama mengikuti elance, namun saya belum berani mencobanya karena kesulitan dalam bahasa, mungkin bisa saring bagi yang sudah pengalaman?….

    • anggi krisna

      mengikuti ini cuma liat2 aja yah :), saya dulu sering di tolak oleh calon klien karena fakto bahasa ini dari yg NOLAK 5, tp akhirnya yg NERIMA bisa 10 😀
      so kapan kamu bisa tau tingkat kemampuanmu :). JUST DO IT buddy 😀

    • fery hendrawan

      selama masih ada google translate pd aja lagi…toh walaupun kita chat nya belepotan, mereka tetep ngerti kog… 🙂
      yang penting tetep semangat kalau mau sukses….

  29. herman

    Wah menarik nih…
    saya ada beberapa pengalaman project di GAF sekarang berubah menjadi freelancer.com.

    saya merasakan cukup nyaman di freelancer.com. dan belum dapet project di situs selain freelancer.com.

    Keuntungan buat saya