Serunya Freelance Writer

Freelancer Image by Shutterstock

“Beneran nih sudah melahirkan? Ah, bercanda kan, Mbak Miyosi!”

“Beneran! Tunggu aja nanti siang. Pasti heboh di Facebook.”

Halaman rumah Facebook yang dihuni oleh 25 penulis wanita pada 25 Mei 2010 penuh dengan nuansa pink. Bersama 24 penulis lainnya kami ‘melahirkan’ buku antologi ‘EmakFesbuker Mencari Cinta’. Buku tematik yang ditulis keroyokan. Dan selama proses menulisnya, kami hanya bertemu secara online di Facebook.

Sejak kelahiran buku antologi pertama ini, saya dan beberapa rekan penulis mulai memantapkan niat menjadi freelance writer. Satu demi satu pekerjaan menulis freelance saya dapatkan. Di antaranya menjadi penulis SEO (search engine optimization), menulis buku non fiksi dan beberapa proyek menulis pribadi.

Freelance writer adalah pekerjaan impian saya sejak mulai kenal internet. Saya membayangkan bekerja di balik laptop dengan fasilitas internet, santai, tidak terikat di suatu perusahaan, dan menghasilkan income. Pada tahun 2009 akhir, ketika saya menemukan harta karun berharga ‘Facebook’, saya semakin dekat dengan impian.

Asyiknya Jadi Freelance Writer

 

Memutuskan untuk menjadi freelance writer tentu bukan sekadar ingin dan suka. Banyak benefit yang bisa diraih, di antaranya :

  • Fleksibilitas waktu kerja
  • Level pekerjaan yang bisa dipilih sendiri
  • Bisa bekerja secara mobile (di mana pun)
  • Meski dalam beberapa proyek dibatasi deadline, kemungkinan untuk diberhentikan (dipecat) sangatlah kecil.
  • Income yang akan diperoleh bisa dihitung sendiri. Plus, kita akan mendapatkan berbagai pengalaman menarik.

Yuk Mulai Menulis!

 

  • Siapa pun bisa memulai menulis. Pilihlah ide tulisan dari hal-hal kecil yang paling dikuasai. Misalnya, kamu suka memasak, maka tulislah tentang aneka menu dan kreasi masakan. Setelah itu, posting tulisanmu di social media atau simpanlah dalam bentuk draft sampai bertemu dengan penerbit yang mau ‘menculik’ naskahmu.
  • Bergabung dengan komunitas menulis online yang selalu mempunyai proyek menulis bersama. Seperti grup Facebook IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), Untuk Sahabat, dan Women Script & Co.
  • Bergabung dalam grup agensi naskah yang akan menjodohkan kamu dengan penerbit mayor. Misalnya, agensi naskah Indscript Corp dan Re Media! Service.
  • Carilah website khusus yang membutuhkan jasa penulis SEO seperti http://anneahira.com.

So, siap untuk memulai nulis sekarang? Hari gini nggak jadi freelance writer, rugi lho! 😀

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    saya pernah menjadi freelance writer sebagai content writer untuk perusahaan online yang baru saja lahir, dan saya menikmati prosesnya. benar kata Anda, fleksibilitas yang kita dapat itu sangat luas pengaruhnya, selain menghasilkan, jam kerja dan kontrak kerja tak tetap, ada banyak produk juga yang bisa kita rangkum dalam tulisan2nya. nice post

    • ulfahkh says

      based on my experience…saya ikut milis penulisan gitu, seperti milis Asma Nadia dan rajin ngikutin grup2 penulisan di Fb…good luck, mbak ! ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *