Seri Self Promotion: Self Promotion di Event

Tulisan ini rencananya akan menjadi tulisan pertama dari serial tulisan yang membahas tentang self promotion atau promosi mandiri yang selanjutnya akan kita sebut sebagai self promotion saja.

Bagi para freelancer, promosi punya peranan penting, karena seorang freelance hampir melakukan semua hal secara mandiri, maka promosi juga sangat diperlukan terutama bagi para freelancer pemula atau mereka yang belum mendapatkan banyak klien.

Promosi bagi freelancer juga terkadang minimalis bahkan ada yang seadanya, namun kini telah berkembang istilah low budget high impact, promosi dengan harga murah juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu cara berpromosi yang bisa dilakukan oleh para freelancer adalah dengan menghadiri berbagai event dimana disana kita bisa langsung memperkenalkan diri atau membagikan kartu nama secara langsung. Event yang dimaksud bisa event semacam FOWAB, Bancakan, #startupLokal meetup, Fresh, Ignite, TED-X, PechaKucha, BarCamp, WordCamp atau bahkan seminar, workshop atau talkshow atau event lainnya.

Tapi tidak semua event cocok untuk para freelancer, jadi bagaimana caranya membuat agar self promotion dengan menghadiri event bisa efektif? Berikut beberapa tips yang semoga bisa memberi inspirasi.

Pelajari event sebelum hadir.

Perhatikan detail acara serta perhatikan juga pembicara serta background mereka secara detail, ini akan berhubungan dengan prediksi audience yang akan hadir, dan akan menentukan apa yang bisa dilakukan di event tersebut. Setelah kita membayangkan siapa saja yang akan hadir maka kita bisa menentukan apakah event tersebut cocok untuk melakukan self promotion atau tidak.

Siapkan persenjataan pertama.

Kartu nama kadang tampak old school, tapi ini masih menjadi medium paling sederhana dan paling ampuh, siapkan kartu nama yang sederhana namun unik serta menonjolkan nama, alamat kontak, serta keterangan tentang apa yang anda lakukan.

Jangan malu untuk memulai pembicaraan.

Dari beberapa komentar di artikel saya terdahulu, ada juga freelancer yang tidak biasa atau menghindari event karena kurang bisa mingle atau ada alasan tertentu yang lain, nah kartu nama bisa menjad medium penghantar paling sederhana, coba sodorkan kartu nama maka dari sana bisa muncul berbagai topik untuk mencairkan suasana.

Kartu Nama

Selain kartu nama ada beberapa persenjataan lain yang bisa disiapkan oleh para freelancer, seperti yang dituliskan dalam artikel yang membahas self promotion berikut ini, misalnya para freelancer bisa memproduksi alat tulis dengan tulisan promosi tertentu atau stiker yang juga bisa dibuat sendiri dengan mudah menggunakan kertas stiker dan printer rumahan.

Yang terakhir, laksanakan.

Semua rencana tidak akan memberi dampak apapun jika kita tidak melaksanakannnya. Belajar untuk memulai terkadang sulit, seperti memulai percakapan saat pertama kali berkenalan dengan orang lain terkadang sangat menggelikan, namun jika sudah terbiasa, semuanya akan berjalan lancar.

Self promotionadalah hal lumrah yang dilakukan oleh freelancer, bahkan bisa menjadi sesuatu yang sangat perlu bagi mereka newbie atau yang baru masuk ke dalam dunia freelance. Event menjadi salah satu sarana untuk berpromosi, selain bertatap muka secara langsung dengan berbagai orang yang kemungkinan bisa menjadi klien, event adalah tempat berkumpul, dimana terdapat banyak orang yang berarti banyak sasaran promosi.

Namun tidak semua event cocok, dan tentu saja ada saatnya semua tidak seperti apa yang diprediksikan dan dibayangkan, namun satu hal yang pasti, persiapan adalah hal mutlak yang secara ‘default‘ harus bisa disiapkan para freelancer.

Semoga ide diatas bermanfaat, dan tunggu tulisan lain yang akan membahas tentang berbagai hal seputar self promotion.

Anda punya ide lain untuk self promotion di event, mari share pada kolom komentar.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *