Sebelum Terjun ke Dunia Freelance : Coba Tanya Diri Sendiri

Menjadi freelancer?

Menurut saya menjadi freelancer itu adalah pilihan yang menyenangkan, tetapi tiap orang tentunya memiliki perspektif yang berbeda dalam hal ini. Basically, Tiap pekerjaan pasti ada plus minusnya. Udah ada resiko masing-masing tentunya. Menjadi freelancer, itu artinya anda memiliki skill tertentu yang bisa anda promosikan kepada klien. Baiklah, sebelum terjun menjadi freelancer, ada baiknya anda tanya pada diri anda . sudah siapkah? go go go…

image by cmdshiftdesign on flickr

1.  Apakah Anda sudah yakin untuk bekerja sendiri?

Yakin yang dimaksudkan disini, Anda tahu konsekuensi dan resiko yang anda terima sebagai freelancer dan terjun di dunia freelance. Baik itu positif atau negatif yang anda dapatkan. Sudah siapkah anda melakukan semua pekerjaan sendiri, mengatur waktu dan tetek bengek lainnya. Mandiri dalam banyak hal .

2. Bagaimana dengan MOTIVASI?

Kita tahu freelancer bekerja tidak terikat dengan waktu, untuk itu yang  harus selalu diingatkan pada diri sendiri adalah bagaimana motivasi anda. Menjaga mood agar tetap stabil. Ada kalanya anda akan merasa dibawah, yah seperti roda. Di situasi inilah, apakah anda bisa memotivasi diri sendiri dari dalam. Sebagus apapun motivasi yang timbul dari luar ,jika anda tidak berusaha mendorongnya dari dalam. Semuanya akan percuma.

 3. Dimana Kantor Anda nanti?

Perencanaan untuk menjadi freelancer adalah sesuatu yang penting. Yang harus anda pikirkan, dimana nanti kantor anda nanti. Anda mau kerja di kafe atau rumah ataupun memiliki  kantor sendiri itu adalah pilihan.Kalau kata pepatah nih, jika anda gagal merencanakan, artinya anda merencanakan kegagalan.

4. Bagaimana Portfolio Anda?

Portfolio menjadi bagian sangat penting bagi seorang freelancer. Karena Apa? Untuk mendapatkan klien kelas kakap, pastinya mereka juga melihat portfolio yang kelas kakap juga dong . So, buatlah portfolio yang berkualitas.

Menjadi freelancer, ada beberapa hal yang penting dan harus dipegang teguh dalam diri masing-masing. Komitmen dan Konsistensi. 2 hal yang harus ditanamkan dalam hati.

 

Jadi, Sudah siapkah anda menjadi freelancer? Tanya lagi pada diri sendiri. Tunjukkan jika IYA 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    wah yang keren poin2nya sep saya sdh siap!… 🙂
    no. 4 hrus banyak portofolio lagi yang bertaburan didunia maya spy bs terkenal ckckckc… 🙂

  2. says

    Setiap pertanyaan tersebut harus bisa dijawab dengan baik supaya kita bisa yakin dan mantap untuk terjun ke dunia freelance..
    thanks buat infonya mbak..

  3. says

    Wah, saya sih terjun ke dunia freelance karena sudah bisa menjawab poin pertama. Sisanya ya, langsung mencoba. Karena pengalaman saya, jika kita banyak memikirkan ini itu akan menyebabkan keputusan tidak diambil (jadi bimbang selamanya gitu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *