Sampai Kapan Harus Promosi?

email | facebook twitter

Sudah seberapa seringkah anda melakukan promosi? Jika jawabannya sering, maka pertanyaan selanjutnya, sampai kapan anda promosi? Freelance juga tak lepas dari kegiatan ini. Perlu disadari jika seorang freelance tetap membutuhkan klien untuk mengepulkan asap di dapur mereka. Karena freelance pun tetap mementingkan hasil kerja untuk memehuni kebutuhan hidup yang semakin lama semakin tinggi biayanya.

Image by BRNFRRR on Flickr

Sadarilah jika promosi diri sebagai freelance adalah bentuk keberlanjutan tiada akhir. Kecuali anda ingin lepas dari dunia freelance dan kembali pada rutinitas kerja yang patuh pada atasan. Seringnya promosi pun tak luput dari rasa jenuh. Karena promosi yang rutin pun belum tentu mendatangkan calon klien yang tepat. Apalagi jika sudah berjalan lebih dari sebulan tanpa hasil. Sungguh sangat melelahkan.

Inilah yang dapat dipelajari. Freelance tak dapat bekerja tanpa klien dan tak dapat klien jika tak promosi. Sehingga jangan pernah lelah untuk promosi.

Break and Learn Again!

Tips termudah dari saya adalah break/berhentilah sebentar dan belajar lagi. Mungkin anda sudah promosi lebih dari yang freelance lain lakukan. Menghabiskan waktu, tenaga, bahkan rela di akhir pekan tidak istirahat demi mendapatkan klien. Solusi mudah adalah istirahat sebentar. Anda perlu untuk merenung. Renungilah apakah jasa yang anda tawarkan sudah tepat. Baik dari segi kualitas, kuantitas maupun harga yang ditawarkan. Belajarlah kembali. Perenungan sudah anda lewati. Kini belajarlah kembali. Tingkatkan kualitas jasa anda. Tawaran proyek tentu butuh keahlian. Dan tak jarang keahlian itu harus disamakan dengan kemauan klien. Jadi belajarlah kembali.

Learn How to Promote Your Self

Dunia Freelance itu dinamis, maka jadilah freelance yang siap dan sigap dalam pembelajaran ilmu apapun termasuk teknik promosi. Sudah banyak buku, motivator, marketing yang mengajarkan sistem promosi era globalisasi. Sehingga promosi pun perlu dipelajari. Semakin banyak ilmu promosi yang anda pelajari akan mendorong anda untuk tidak lagi enggan berpromosi. Rasa percaya diri akan terbangun. Semangat anda akan membuat hilangnya rasa lelah akan berpromosi. Semakin yakin jika klien akan datang pada anda dan memakai jasa anda. Sistem jemput bola bahkan terasa semakin ringan dilakukan.

Berceritalah itu Promosi Termudah

Setelah bermacam-macam gaya promosi anda pelajari. Berbagai macam promosi dilakukan. Klien sudah datang pada anda dan penghasilan sudah semakin membaik, langkah mudah selanjutnya adalah bercerita. Semua freelance, online tentunya dapat memiliki blog. Tempat dimana kita dapat bercerita pengalaman tentang dunia freelance yang kita hadapi. Karena bercerita adalah sisi humanis yang dimiliki setiap orang untuk bersosialisasi. Pengalaman yang anda ceritakan akan menjadi pelajaran indah bagi mereka yang membaca, bahkan calon freelance sekalipun. Tak menutup kemungkinan, calon klien berikutnya akan datang dari pembaca blog anda.

Jadi sampai kapan harus promosi? Kalau saya, sampai tidak bisa lagi bekerja sebagai freelance. Bagaimana dengan anda?

Klik di sini untuk submit Artikel Tamu seperti yang satu ini,

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. adhiepradana says

    Promosi yang terbaik bagi bidang yg saya tekuni (designer) adalah portfolio yang menarik & work ethic yang baik. Sekarang tanpa saya sadari hari2 saya sudah dipenuhi kerjaan dari klien2 dan terus bertambah, tanpa harus beriklan sana sini lagi.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *