Saatnya Freelancer jadi Rockstars

Sudah memutuskan menjadi seorang freelancer dan saatnya memberikan surat pengunduran diri :D.

Get rid of your boss already! Be a Freelancer!
G Andhika Riyadi

Lalu step selanjutnya yang harus saya lakukan apa? Anda harus menjadi Freelancer Rockstar dengan membangun personal branding Anda. Bagaimana caranya? simak aja beberapa tulisan teman-teman @ruangfreelance berikut

we-can-do

Awalnya Anda harus mempunyai PASSION dan SEBUAH NAMA

Passion lo apa?

Bila Anda pendengar Hardrock FM, pasti sudah sering sekali mendengar Rene Suhardono mengatakan hal ini, dan dia akan terus mengatakannya. Mengapa pertanyaan ini diulang-ulang terus? Karena passion adalah hal paling penting dalam mempertimbangkan karir Anda baik sebagai freelancer maupun pegawai kantoran.

Freelancer, Kita Adalah Pejuang Independen!

Apalah arti sebuah nama?
Jawabannya: sangat penting! Nama, bagi sebuah musisi indie, terutama band, amat sangat penting artinya. Nama adalah identitas.

Personal Branding Sebagai Senjata Rahasia Para Freelancer

Anda kenal dengan nama ini?
Jeffrey Zeldman,David Heinemeier Hansson, Steve Jobs, Kevin Rose, Jason Fried, Jason Santamaria, Gina Bolton,Veerle Pieters, Daniel Burka, Enda, Budiputra, NDorokakung, Roy Suryo?

Bersosial networkinglah untuk menambah teman, klien, partner dan network lainnya

social-networking

Bagaimana Mempromosikan Dirimu Lewat Social Networking Site

Dengan adanya Social networking, kita jadi lebih mudah untuk sharing dan berkomunikasi dengan teman-teman seprofesi, se-alumni, sehobi, pokonya yang sesuai dengan kebutuhan networking kita.

Personal Branding diri dengan social media

Social media seperti Facebook, Multiply, Twitter, Plurk, Koprol dan lainnya sudah menjadi sesuatu yang sangat populer di kalangan anak jaman sekarang. Coba de, siapa si yang tidak punya facebook?

Maka dari itu Anda dipastikan dapat menjual diri (keahlian) Anda lewat internet. Saat ini semua serba mudah, karena internet meng-koneksi-kan kita hingga ujung dunia.

Menjual Diri di Internet

Kemarin ponsel saya berbunyi dan sebuah sms dari nomor yang tidak dikenal muncul, sebuah pertanyaan melayang yang menanyakan apakah saya benar seorang freelance di dunia maya. Dan sms tersebut menanyakan apakah saya bersedia untuk menjadi salah satu freelancer-nya di perusahaan mereka untuk mengerjakan proyek yang sedang mereka kerjakan. Akhirnya saya mecoba membuka website freelance market online yang dikatakan oleh si peng-sms, website tersebut telah lama saya tinggalkan dan ternyata disana saya memberikan informasi yang lengkap tentang siapa saya.

blog-today

Freelancer-pun harus nge-blog, hal ini menjadikan diri Anda lebih dikenal secara dekat.

Feelancer, Ngeblog lah!

Sekarang pertanyaan yang muncul adalah, apa itu blog? kenapa harus ngeblog? apa untungnya blog untuk karir saya sebagai freelancer? Tanpa perlu berpanjang lebar, mari kita langsung bahas.

Hi, karena internet Anda menjadi geek dan autis. Jangan dong :D, lakukan kopi darat juga dengan freelancer lainnya untuk menambah ilmu dan network tentunya.

Menjadi Rockstar saat kopi darat

Dalam artikel sebelumnya saya menyarankan kalian semua untuk bertemu teman baru dan memperluas jaringan. Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukan itu adalah dengan bergabung di komunitas internet seperti FreSh, milis webpm web designer/developer, dan tentu saja komunitas pembaca ruangfreelance.com.

Bagaimana? Anda sudah famous (terkenal) ? coba baca ulang lagi, mungkin ada yang terlewatkan karena kita sering melupakan sesuatu yang dianggap enteng/kecil. Mau jadi freelancer hebat? yah jadilah Joker πŸ˜€ .

joker

Hal-hal yang Biasa Kita Lupakan dalam Membangun Personal Branding Online

Setiap pribadi adalah berbeda tetapi tidak semua menyadari itu, seringkali manusia terbawa arus mengikuti trend yang akhirnya menjadi sama dengan siapa saja tidak lagi menjadi pribadi yang berbeda. Apakah perlu kita berbeda? Perlukah seorang freelancer berbeda? dalam konteks personal branding, tentu jawabannya adalah: β€œHarus” dan β€œIyah!”.

Ingin Jadi Freelancer Hebat? Jadilah Joker!

Joker yang saya maksud di sini adalah karakter Joker dalam Dark Knight (2008). Filosofinya mengagumkan, dan menurut saya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari freelancer.

Welcome to our world,
we are Freelance Rockstar!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. isron says

    bwetuull sekali mas,semangat 45 bangkit lagi,saatnya kita jadi freelance sjati n biar bisa ngurangin pengangguraN di Indonesia kalo 1 orang freelance bisa rekrut 3 atau 4 orang kan lumayan.be Young enterPrenership n get your job Right now,

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *