Review PPC Lokal Indonesia

PPC Lokal Indonesia, foto hanya sekedar ilustrasi semata bukan diagram sebenarnya

PPC Lokal Indonesia, foto hanya sekedar ilustrasi semata bukan diagram sebenarnya

Menjadi Freelancer mau tidak mau harus memikirkan keranjang telur lebih dari satu. Disamping jasa services design, menulis maupun programing. Perlu juga bagi seorang online freelancer memikirkan sisi bisnis onlinenya. Beberapa diantaranya bisa melalusi advertising seperti Google AdSense, AdBrite, Bidvertiser dan masih banyak lagi.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang advertising services diatas, saya akan membahas beberapa PPC lokal atau Made in Indonesia. PPC (Pay Per Click) services di Indonesia awal 2007 mulai tumbuh. Dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan, disini saya akan membahas 4 buah jasa PPC yang saya kenal dan saya sendiri masih terlibat didalamnya. Semoga wacana saya ini bisa memberikan gambaran kepada para Freelancer dalam memilih PPC lokal.

KlikSaya

Diakui tidak diakui inilah PPC Lokal pertama yang saya kenal dan saya masih cukup nyaman menggunakannya. Interface dari KlikSaya yang sederhana, pengaturan iklan yang mudah dan juga statistik yang cukup mudah dibaca adalah beberapa kelebihannya.

Kelebihan lain dari Klik Saya adalah jasa PPCnya yang cukup kompetitif, mulai dari Rp. 250 sampai dengan Rp. 450. Untuk bergabung dengan KlikSaya cukup mudah dan tidak ada syarat yang berbelit belit. Cukup memliki website dan Account BCA (karena pembayaran akan melalui Bank BCA) Satu syarat yang wajib adalah situs tersebut mempunyai trafik yang bagus, karena jika trafik kurang dari yang disyaratkan besar kemungkinan Adsvertising anda akan di disabled.

Kumpul Blogger

Kumpul Blogger adalah karya dari KukuhTW.com Banyak blogger Indonesia yang menggunakannya (lebih dari 19038 publisher yang terdaftar per 1 Desember 2008). Jasa PPC yang diberikan juga terbilang kompetitif, antara Rp. 250 – Rp. 350. Kelebihan dari KumpulBlogger adalah kode iklan yang support diberbagai macam social network, mulai dari WordPress.com, Blogger.com, Multiply.com dan Friendster.com

Salah satu kekurangan yang saya tangkap, adalah pengaturan iklan yang terbatas.

AdSentra

Ini adalah salah satu jasa PPC Lokal yang saat ini saya juga masih menggunakan, tampilan yang sederhana dan interface yang nyaman adalah kelebihan dari jasa ini. Tarif PPC yang diberikan termasuk paling rendah diantara 2 jasa PPC Lokal diatas, dalam statistik kami, tarif /klik dihargai Rp. 100

AdSense Camp

PPC Terakhir yang kami review adalah AdSense Camp, PPC Lokal ini tampilannya cukup profesional dan juga interface yang nyaman. Administrasi bergaya tabbed dan juga warna yang soft membuat para Advertiser maupun Publisher nyaman didalamnya. Tarif PPC yang diberikan juga tidak terlalu mengecewakan sekitar Rp. 300,- klik.

Salah satu kelebihan dari AdSense Camp adalah featured referal.

Itulah beberapa PPC Lokal yang kami coba review, semoga review ini bermanfaat. Dengan teknik yang cerdas saya rasa kita bisa menggunakan jasa beberapa PPC Lokal ini sekaligus. Apakah Anda juga mempunyai pengalaman lain dengan PPC lokal, Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter atau bisa sharing pengalaman Anda di kontes kami yang berhadiah iPOD dan usb Flash 8GB

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Sebenernya kekurangan yang selama ini, tidak terwakili dengan tulisan mas jauhari. kelemahan yang jelas2 adalah

    klik yang tidak transparant. misalnya klik yang double atau 2 kali maupun lebih dengan IP yang sama akan dianggap cuma satu kali saja, sisanya invalid.

  2. says

    hmm ppc lokal, iklannya menurutku itu itu saja masihan 🙂
    semoga seiring berjalannya waktu banyak juga pengiklan yang mau beriklan lewat ppc lokal

  3. says

    Saya sebelunya pakai indofad
    sebagai advertiser dan pulisher
    ngak tahunya kemana sekarang indofadnya
    baru bayar lagi

    bagaimana tu mas ?

  4. says

    Bagaimana misalnya kalo ada PPC lokal yang bisa menyesuaikan iklannya sesuai dengan content/isi website (kayak mbah google gitu)?

  5. says

    adbide.com PPC dengan sistem contextual relevan ads, iklan disesuaikan dengan konten halaman website, kunjungi adbide.com

    Hormat kami
    adbide team

  6. says

    wahhh pass bner nihh. saya lagi butuh info yang kayak gini brooo. makasih banyak . sekali lagi makasih yaa

  7. says

    3 hari lalu dapat surat penolakan dari gugel, nyoba adsensecamp langsung di aprove, trus gimana meningkatkan earningnya mas????

  8. says

    nurut saya kalo advertiser mo masang iklan di adsensecamp bagus, krn aku sendiri udah pernah nyoba, llumayan dari beberapa impresi laku juga penjualan, ada juga yg —indo itu malah ga kasil blas

  9. says

    Kalau saya sendiri untuk diindonesia masih percaya dengan PPC kliksaya.com dan juga adsensecamp, karena memang sudah terbukti membayar blog saya.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *