Review : BlackBerry bagi freelancer

Ingat diskusi hangat tentang iPhone VS Blackberry di RuangFreelance? kalo belum tau tentang diskusi  tersebut ada baikknya teman-teman untuk mengunjungi halaman berikut ini.  Nah kalo sudah baca-baca dan kasih pendapat saatnya membaca ulasan tentang blackberry berikut ini. BlackBerry bagi para freelancer.

Setelah sekian lama berkutat dengan gadget asus P320, saya akhirnya beralih ke sebuah gadget yang di gandrungin oleh anak muda sekarang, BlackBerry. Sebuah gadget yang terkenal dengan pushemail-nya. Saya akan coba mereview BlackBerry pada tulisan kali ini dan saya Menggunakan BlackBerry onyx (BOLD 9700) ini sebagai penunjang kerja, dan bukan mereview secara teknis tentang apa dan bagaimana mesin ini bekerja.

Sebelum bercerita saya akan coba mengambarkan spesifikasi gadget ini:

Main Specs:

  • 3.2 megapixel autofocus camera
  • 480×360 screen
  • AWS 1700MHz + 2100MHz UMTS/HSDPA
  • GPS
  • Optical trackpad
  • QWERTY keyboard
  • Wi-Fi

Lebih lengkap

Pertama kali mengguakan saya masih belum terbiasa dengan tuts keyboard yang ditawarkan oleh BlackBerry, walaupun megusung keyboard QWERTY, bukan berarti semua tombol berada pada posisi yang sama, jadi terkadang ada kesalahan ketik ketika kita melakukan penulisan. Tapi lama-lama digunaanaan semakin terampil. Secara fisik BlackBerry onyx lebih ringan ditangan dengan body yag cukup kecil buat digemgam serta memiliki kecepatan akses data yang kencang. Dan kita dapat dengan mudah mengintasll berbagai macam aplikasi di dalamnya.

BlackBerry memang sangat terkenal dengan kemampuan push emailnya .  Sebelum mencoba BlackBerry saya agak skeptis tentang pushemail, saya berangapan bahwa gadget yang telah terkoneksi dengan Internet sudah dapat memenuhi kebutuhan saya. Tapi teryata saya benar-benar salah, kemampuan pushemail si BlackBerry sangat bisa diandalkan.  Hanya dengan mendaftarkan email kita semua email baru akan masuk dengan sempurna dari mulai layanan Yahoo, gmail sampai ke dedicated mail semua dilayanin dengan baik.  Jadi karena saya termasuk mobile BB ini sangat membantu.

Bila kita orang yang maniak dengan social networking, semuanya juga terasa lebih mudah, segala macam notifikasi di layanin oleh BB secara special. Icon notifikasi akan muncul di bar layar yang menandakan seseorang melakukan mention/DM di twitter atau chat yang sedang di jawab. Asyik dan mudah. Untuk layanan yang tersupport twitter, yahoo messenger, gtalk, facebook, myspace, Window Live Messenger, skype.

Tapi BlackBerry bukan gadget entertaiment, untuk masalah entertain dan interface iphone atau smartphone masih tetap berada lebih baik. Jadi jangan pernah berharap untuk mendapatkan layar animasi dan game yang superb di BlackBerry seperti di Iphone.

Hal yang terberat dari memiliki BlackBerry adalah cost. Kita harus merogoh kocek lagi utuk mendapatkan layanan dari RIM sebesar 150-180 ribu perbulan, dan itu belum termasuk dengan biaya streaming ke youtube atau situs sejenis. Tapi untuk mendapatkan harga yang lebih murah kita bisa berlangganan paket lainnya yang ditawarkan provider di Indonesia.

Dan terakhir saya mendapatkan kabar bahwa wordpress juga telah memiliki blackberry aplikasi, yang bisa di unduh di http://blackberry.wordpress.org. Jadi kita tetap dapat melakukan posting dimanapun dan kapanpun.

Ok intinya BlackBerry sangat cocok dimiliki oleh para freelancer yang membutuhkan mobilitas tinggi, dengan koneksi Internet yang 24 jam kita tetap dapat stay tune kapanpun dan dimanapun. Tapi BlackBerry memang bukan sebuah aplikasi Entertaiment.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

    • says

      iya bener, masalah semua gadget gitu ketika terkoneksi dengan internet nggak bisa bertahan lama. Kalo cuma berada pasa posisi standby percuma juga.

  1. says

    Tapi BlackBerry bukan gadget entertaiment, untuk masalah entertain dan interface iphone atau smartphone masih tetap berada lebih baik. Jadi jangan pernah berharap untuk mendapatkan layar animasi dan game yang superb di BlackBerry seperti di Iphone.

  2. says

    Membawa BlackBerry layaknya membawa “kantor’ dalam genggaman. Memang kekuatan fungsi BlackBerry terletak pada push email dan komunikasi yang terintegrasi (email, instant messaging, social-networking).

    Memudahkan untuk selalu bisa berkomunikasi setiap saat. Bahkan jika menggunakan BlackBerry lawas pun fungsi utama BlackBerry tetap mantapp. Saya masih menggunakan BlackBerry Electron produksi tahun 2007 dan masih sangat berfungsi dengan baik. beragam aplikasi tambahan yang mendukung produktifitas pun tersedia cukup banyak.

  3. says

    BB hanyalah alat. Jd kuasa utk menjalankan bisnis,termasuk freelance adlh kita sendiri. Mau pake hp apa sj tdk mslh. Krn bagi sebagian org,notifikasi email,akun media sosial,atau notifikasi lainnya kadang mengganggu saat kita sdg negoisasi dgn klien (misalnya).
    Salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *