Resolusi 2010, dapatkan yang kamu mau di 2010

Photos from flickr by Katherine Ridgely

Happy new year, selamat datang di tahun yang baru 2010. Tahun yang harusnya menjadi tahun yang diawali dengan tulisan baru, semangat baru, dan ide baru. Awal tahun biasanya diawali dengan pemikiran-pemikiran apa yang harus dilakukan di 2010. Di Twitter orang sibuk mendiskusikan resolusi 2010 menjelang akhir 2009. Dan sampailah kita di tahun 2010, dan apa selanjutnya setelah kita disini? Apakah resolusi sekedar pemikiran atau bakal menjadi kenyataan?

Mumpung masih Januari, masih awal tahun, dan belum beranjak terlalu jauh. Mari kita berpikir bagaimana kita sebagai freelancer merealisasikan pemikiran kita tentang resolusi 2010 yang sudah kita rancang sebelum tahun baru 2010. Sebagian orang merancang realisasi 2010 dalam bentuk daftar seperti berikut:

  1. Menjadi freelancer full time
  2. Ke luar negeri
  3. Dapat lebih banyak proyek dan klien

Dan daftar tersebut menjadi acuan atau panduan untuk menjalani 2010. Apakah bisa daftar tersebut dicapai di 2010? Kata saya sulit dan mungkin untuk mencapainya justru akan bingung terlebih dahulu bagaimana mencapainya. Hasilnya di akhir 2010 nanti saat kita mengevaluasi diri kita akan melihat sebagian besar list kita untuk resolusi 2010 hanya sekedar resolusi tanpa kenyataan. Jadi bagaimana mencapainya? Mudah, buat lebih detail, dan tentukanย  waktu atau target kapan harus dicapai.

Buat Lebih Detail

Anda tentu tahu kalau pemerintah punya rencana strategis dan rencana kerja. Perbedaannya adalah rencana kerja merupakan target yang ingin dicapai dan rencana kerja merupakan strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai target. Untuk kita sebagai freelancer, contoh resolusi 2010 diatas barus sebatas rencana strategis. Untuk itu kita harus menyusun rencana kerja bagaimana mencapai target kita atau resolusi kita di tahun 2010 ini. Contohnya untuk 3 target diatas makan rencana kerja kita adalah:

  1. Melengkapi peralatan untuk kerja dirumah. Misalnya desktop, internet, meja kerja, kursi yang nyaman, dan peralatan lain yang dapat mendukung pekerjaan penuh dirumah.
  2. Persiapkan brand identity seperti website, dan kartu nama.
  3. Keluar dari kantor
  4. Survey tiket murah di AirAsia.
  5. Cari informasi backpacker
  6. Cari teman untuk backpacker
  7. Backpack ke luar negeri
  8. Mendaftar di website penyedia proyek untuk freelancer (GAF, Elance, Odesk, 99Design, dll) dan lakukan bidding.
  9. Bikin CV dan portofolia yang lebih profesional
  10. Minta testimonial dari klien sebelumnya

Seperti kita lihat diatas, point 1-3 merupakan strategi untuk resolusi kita pada point pertama yaitu menjadi full time freelancer. Point 4-7 merupakan strategi untuk resolusi kedua yaitu keluar negeri. Dan point 8-10 merupakan strategi untuk resolusi ketiga yaitu mendapat pekerjaan dan klien lebih banyak. Dengan strategi yang lebih detail tentu kita bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan resolusi 2010 kita. Tapi apakah hal itu sudah cukup? Belum, kita harus pasang target kapan strategi untuk kita jalankan. Bisa dibilang kapan deadline untuk tiap task untuk project realisasi resolusi 2010 kita ini.

Bikin Timeline dan Tentukan Kapan Target Harus Dicapai

Agar kita punya panduan mana yang harus ditempuh lebih dulu maka kita harus menyusun timeline. Kita juga perlu menentukan prioritas dari resolusi kita itu. Lalu selanjutnya menentukan kapan deadline dari rencana strategi kita. Nah untuk resolusi 2010 contoh diatas prioritasnya adalah:

  1. Menjadi freelancer full time
  2. Dapat lebih banyak proyek dan klien
  3. Ke luar negeri

Logikanya dalam menyusun prioritas diatas adalah seorang freelancer tidak akan bisa mengerjakan banyak proyek bila masih kerja kantoran karena waktu di rumah lebih sedikit dibanding di kantor. Dan keluar negeri butuh dana lebih yang bisa didapat dengan mendapatkan banyak proyek. Berdasarkan prioritas itu saatnya menyusun timeline untuk strategi kita. Berikut adalah timeline untuk contoh strategi diatas:

  1. Melengkapi peralatan untuk kerja dirumah. Misalnya desktop, internet, meja kerja, kursi yang nyaman, dan peralatan lain yang dapat mendukung pekerjaan penuh dirumah. (Februari)
  2. Persiapkan brand identity seperti website, dan kartu nama. (Maret)
  3. Bikin CV dan portofolia yang lebih profesional(April)
  4. Mendaftar di website penyedia proyek untuk freelancer (GAF, Elance, Odesk, 99Design, dll) dan lakukan bidding.(April)
  5. Minta testimonial dari klien sebelumnya(April)
  6. Keluar dari kantor(Mei)
  7. Survey tiket murah di AirAsia.(2 kali sebulan)
  8. Cari informasi backpacker(Mei)
  9. Cari teman untuk backpacker(Juni)
  10. Backpack ke luar negeri (November)

Sebenarnya timeline lebih menarik disusun dalam bentuk tabel dimana ada kolom bulan dan strategi kita dimasukkan kedalam kolom bulan sesuai dengan waktu deadlinenya.

Dengan adanya panduan dan deadline mengenai apa yang harus kita lakukan dan kapan strategi kita harus dijalankan maka paling tidak kita ada arah untuk mencapai target resolusi 2010 kita. Kita akan lebih terpacu untuk mengejar target kita sehingga resolusi 2010 tidak menjadi sekedar resolusi diakhir 2010 tanpa kejelasan.

Teman-teman freelancer, mumpung masih bulan awal di tahun 2010, mari kita rencanakan resolusi 2010 kita dan kita kejar agar semua mimpi dan cita-cita kita di tahun 2010 ini bisa dicapai. Tahun 2010 adalah tahun dimana kita harus mencapai 10 dari nilai 10 untuk resolusi 2010 kita.

Go.. Go.. Go..!!!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    wah mas saya kemarin baru saja ngomong mau keluar kerja dan bertekad mau jadi freelancer full time.
    namun ke inginan saya itu di tolak oleh boss saya, dan saya di janjikan bahwa saya boleh jadi freelancer asal masih ngantor…artinya bos saya mengijinkan saya untuk melakukan pekerjaan freelancer saya di kantornya dia…bagi boss saya yang penting saya ada disitu ketika saya di butuhkan…

    bagaimana ini, apakah saya tolak atau saya terima…oh ya saya juga di janjikan naik gaji…mohon petunjuknya…

    • says

      @anjar: untuk menjadi freelance bisa dimulai dari kantor, dan segala tindakan pasti memiliki resiko dan selalu saja “resiko besar hasil besar” dan gitu juga sebaliknya. Saran paling jitu ikutin kata hati. Mungkin temen-temen lain ada yang mau menambahkan.

  2. says

    Menjadi freelancer full time berarti tanggung jawab akan waktu menjadi lebih berat, kebebasan waktu yang kita miliki, bisa menjadi bumerang bila tidak kita manfaatkan dengan baik. Resolusi tahun 2010 saya, agar karir saya bisa meningkat lebih baik lagi. Bisa mengatur waktu lebih baik dan lebih bertanggung jawab.

  3. says

    Wah resolusi 2010 saya sih simpel…
    1. beli laptop, susahnya kerja ngandalin komputer di rumah aja (deadline tengah tahun).
    2. mantapin skill di web programming, sekarang baru mantapnya di web desain ๐Ÿ˜€ .
    3. kerja di kantor sambil freelance.

    tinggal cara mencapainya aja nih… *semangat…

  4. says

    Wah keren2 resolusi nya, gw sih saat ni masih ngantor + freelance jg, tp resiko ngantor telat n pinter2 bagi waktu buat ktmu klien hehe

    • says

      Resolusi diatas cuma sekedar contoh kok.. Hehehe.. Kali aja ada yang bingung belum punya resolusi mungkin boleh pake yang diatas.

  5. says

    Tanggal 1 Februari ini, 0102-2010 *nomor cantik* saya resmi resign dari kantor dimana saya sudah bekerja hampir 9 tahun disana.

    Alhamdulillah, saya akan segera merealisasikan resolusi-resolusi saya berikutnya. Bisa dekat dengan keluarga, dan menyalurkan ide-ide dengan leluasa.

  6. says

    Perlu ditingkatkan dari tahun sebelumnya memanfaatkan media-media yang membuat suatu perubahan yang sangat cepat sehingga diperlukan Management (waktu,uang,mode,dll), promosi-promosi, merencanakan dengan menulis, tetap berusaha dan sabar.

    Saat ini seh terasa perubahan dari tahun sebelumnya, ingat kata2 si Bob Sadino sang pengusaha “bila ingin sukses, mulai berfikir dari -dengkul-” WHAT dengkul…artinya mulai bergerak tidak diam jangan terlalu banyak berfikir ini itu tapi mulailah berusaha.

  7. says

    oke nih idenya :D,

    timeline ku..:

    btw, bulan depan (menikah)
    bulan depan lagi (full time freelancer) ๐Ÿ˜€

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *