Refreshing Singkat Bagi Freelancer

berlibur

Dalam konteks pekerja kantoran, kita masih mengenal kata libur di kala akhir pekan, cuti tahunan, outing bersama rekan kantor, atau sekedar ngopi bareng di kafe sepulang kerja. Dengan kata lain, refreshing, penyegaran diri, istirahat dari berbagai kesibukan.

Sebagai freelancer, kita mau tidak mau harus menentukan sendiri kapan kita bisa melakukannya. Mungkin selintas terdengar mudah saja buat freelancer untuk berlibur, berhenti bekerja dan bersantai sejenak. Namun pada kenyataannya justru banyak freelancer yang mengeluhkan kurangnya waktu untuk refreshing karena proyek sedang banyak. β€œNanti kalau libur ngambil proyek, malah gak ada pemasukan dong,” begitu kira-kira yang ada di pikiran.

Benar kan?

Di bawah ini ada beberapa usulan β€œliburan” yang singkat, tidak memakan waktu, dan yang penting juga, tidak memakan banyak biaya. Silakan dicoba.

Piknik di Taman.

Beberapa komplek perumahan biasanya memiliki taman kecil yang bisa dinikmati bersama. Siapkan minuman segar di termos, bawa makanan kecil sesuai selera, bawa buku bacaan ringan, selembar koran bekas ke sana.

Pilihlah saat di mana cuaca terasa cerah namun tidak panas menyengat. Cari tempat yang kira-kira nyaman untuk duduk. Gelar Koran, keluarkan bekal dan buku bacaan. Sila dinikmati.

Atau tidak perlu bawa buku bacaan dan bekal. Lakukan saja apa yang kita suka. Duduk-duduk sambil menikmati keriaan anak-anak di sana, misalnya. Menikmati angin sepoi-sepoi.

Tidak ada taman di dekat tempat tinggal? Bisa juga pergi ke taman kota. Kebun Raya Bogor, misalnya. Atau Taman Menteng, Jakarta.

Menonton Film.

Tidak perlu marathon di bioskop. Cukup menyewa film-film yang belum atau sudah pernah kita tonton di tempat penyewaan film, beli sebungkus kentang goreng, minuman kaleng. Goreng kentang sampai garing, taburi bumbu, leyeh leyeh nonton film sambil mengunyah kentang goreng dan minum minuman ringan.

Pilih film yang bisa membuat kita tertawa, membuat kita merasa rileks dan segar. Tidak suka film komedi? Ya pilihlah jenis film kesukaan kita. Hari ini adalah hari kita, manjakan diri kita.

Jadi Turis di Kota Sendiri

Kadang sebagian orang cenderung kurang berminat untuk mengunjungi tempat wisata di kota sendiri dengan berbagai alasan. Bagaimana kalau kita mulai hari ini? Kunjungi museum, taman bermain, taman kota, danau, atau apapun yang biasanya menjadi daya tarik wisata di kota kita.

Mungkin bisa ditambahkan dengan point satu di atas, piknik, supaya tidak pengeluaran tidak habis untuk jajan di sana. Biasanya makanan dan minuman di dalam tempat wisata lebih mahal kebanding di luar.

Yang paling penting dalam refreshing adalah, lupakan pekerjaan.

Fokuslah pada diri kita sendiri dan bagaimana menyenangkan diri kita. Ajak kekasih, sahabat, atau siapapun yang bisa membuat kita merasa rileks dan bahagia. Cobalah hal-hal baru.

Jangan turuti godaan untuk membawa laptop dan mencari tempat yang ada wifi. Matikan handphone Anda, atau setidaknya pindah ke mode silent untuk sejenak.

This is your day. You should enjoy it.

Anda memiliki cara refreshing lain? Yuk berbagi, siapa tahu berguna juga buat para freelancers lainnya πŸ™‚

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Wah, Menarik sekali untuk diterapkan, apalagi yang menjadi turis di kota sendiri πŸ™‚

    Memang sih, dulu sebelum keluar dari perusahaan punya pikiran kalau jadi freelancer itu bisa santai kapan aja, eh ternyata setelah menjadi fulltime freelance setiap waktu hanya kerja-kerja dan kerja, malah lebih sedikit santainya πŸ˜€

    Artikel yang menarik πŸ™‚

  2. says

    saya sering mengalami masa-masa di mana terpaksa tidur hanya dua tiga jam dalam sehari. tapi setelah proyek selesai biasanya balas dendam tidur seharian. istirahat πŸ™‚

  3. Bima Arafah says

    enaknya siii tidur. klo ngk, yaa ngelayap.. alias jd turis di kota sendiri..haha

  4. says

    Kerjaannya freelance berat semua euy.
    Gw dengar komentar2 yang diatas langsung jadi miris…tidur cuman 2jam. Sadiz.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *