Prahara Business Account Paypal

Sebagaimana kita ketahui Paypal merupakan salah satu sistem pembayaran yang paling krusial dalam keuangan para freelancer yang bekerja bagi client luar. Memang ada alternatif lain, tapi Paypal merupakan pelayanan mayoritas yang mendukung banyak negara di Dunia. Selama ini saya memakai tipe akun Business, dan tidak mengalami masalah sama sekali, walaupun rekening bank saya merupakan rekening sebuah rekening atas nama pribadi. Tapi hal tersebut berubah semenjak bulan lalu, tanpa peringatan saya tidak bisa menarik uang dari Paypal ke Bank CIMB Niaga.

CIMB Niaga yang dulunya bernama Bank Niaga telah merger dengan Bank Lippo, yang menyebabkan namanya berubah menjadi CIMB Niaga. Saya kira itu hanyalah disebabkan oleh perubahan nama bank saja. Kemudian saya update informasi bank di Paypal, dan merubahnya menjadi CIMB Niaga, dan mencoba menarik lagi. Setelah 5 hari kerja, ternyata masih di tolak. Hal tersebut cukup membuat saya frustrasi.

Saya coba mencari informasi tambahan dengan mendatangi customer service untuk  meminta informasi mengenai kegagalan transfer. Seperti biasa, perbankan Indonesia sepertinya masih gelapan mengenai pembayaran online, dan masih mengaku kalau mereka tidak mendukung Paypal baik untuk menarik ataupun menyimpan uang. Ya, hal tersebut tidak saya gubris, tidak masuk akal apabila suatu bank menolak kiriman uang, padahal mereka membutuhkan uang di dalam brankasnya.

Pada awal minggunya mencoba menghubungi costumer service Paypal melalui halaman Contact Us, tapi lagi-lagi bukanlah jawaban yang memuaskan. Paypal tidak bisa memberikan informasi kesalahan yang terjadi, apa saja yang sebenarnya salah?!

Setelah memikirkan kemungkinan kesalahan yang membuat transfer dari Paypal di tolak, saya mengira karena tipe akun Business. Setelah itu saya mengontak kembali Paypal untuk meminta downgrade tipe akun ke Premier.

Perbedaan dari tipe akun bisa di lihat di sini, Business dan Primeir akun tidak terlalu beda jauh, yang berbeda hanyalah kemampuan multi user di Business. Saya membutuhkan layanan merchant dari Paypal. Untuk merubah tipe akun, klik Contact Us di footer, kemudian pilih Email Us, dan di halaman kategori pilihlah Account Type.

contactuspaypal

Halaman Contact Us

Selanjutnya akan ditanya lagi, pilihlan downgrade, dan dihalaman selanjutnya akan muncul form email. Tuliskan informasi dan jenis akun yang diinginkan, dalam hal ini akun Premier.

Dalam waktu 1-3 hari Paypal akan menurunkan tipe akun Anda.

Setelah mendapatkan email pemberitahuan dari Paypal, saya mengupdate informasi Bank, dan kemudian mengirimkan lagi ke CIMB Niaga dalam jumlah kecil, tapi diatas $160 untuk menghindari potongan. Setelah 2 hari, uangpun diterima.

Siapa sangka, pada sebelumnya Paypal atau CIMB Niaga masih memakai nama saya sebagai pemegang rekening dikarenakan tipe business memakai nama usahan, tapi sepertinya ada perubahan di salah satu pihak yang mengganti nama pemegang akun ke nama Perusahaan. Setelah downgrade ke premier, nama pemegang rekening memakai nama pribadi, dan ternyata semuanya berjalan dengan lancar, dan saya pun bisa menikmati gajian lagi.

Semoga pengalaman ini berguna bagi semuanya dalam memilih jenis akun di Paypal.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    dimana2 kok pelayanan Bank begitu ya, kaya robot…saklek…kalo ga ada dimanual ya bilang ga bisa, mereka tidak bertindak sebagai manusia yg ‘mencoba’ untuk menanyakan atau memberikan solusi 🙁

  2. says

    oh gitu ya ternyata jenis akun paypal bisa memperngaruhi transaksi online kita baik itu menerima atau mengirim.. saya dapat ilmu lagi ni ternyata disarankan jika penggunaan pribadi baik nya menggunakan tipe premier..

    tentang pelayanan bank saya malah hampir berantem sama adim bni waktu itu tentang penerimaan transfer dari paypal.. katanya adminya dia adalah yang sangat mengerti tentang transaksi online di bni paypal aja gak tau bikin malu aja udah gak tau malah ngotot gak bisa menerima pembayaran dari paypal..

  3. says

    nambah wawasan nih, thx infonya.

    @alfon : bukan bank bni doang kaya’nya, sekelas bank mandiri juga gitu koq. Gk tau soal paypal. Hanya karyawan tertentu aja yg tau

  4. birgitte says

    Mas.jadi kode banknya sama nih? dulu mama saya punya account di bank Lippo tapi sekarang karena di ganti jadi BANK CIMB niaga.
    Jadi kode banknya yang 7 digit samain aja kaya di LIPPO?
    Mama saya punya Account untuk private user…Thank you yah replynya…

  5. says

    pernah coba utk jadi merchant dipay pal gak mas? sharing dong. Trus satu lagi, saya sudah ikutin step by step utk memasang html tag nya. namun diwordpress tdk muncul buttonnya. mohon saran dr 2 kondisi tsb ya.. thanks.

  6. says

    utk tipe bisnis memang spt itu. nama usaha akan menjadi nama pemilik rekening bank. seharusnya gak perlu downgrade. nama usahanya aja di ganti ke nama pribadi sesuai rekening bank anda. bahkan dg cara ini nama pmilik rek.bank bisa beda, tinggal ganti aja nama usaha sesuai nama rek.bank target.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *