Posisi menentukan prestasi

Image from GregÔry

Image from GregÔry

Internet menjadi dunia baru, segala sesuatu bisa menjadi uang. Dan mulai muncul sebuah dunia kerja baru bernama freelance online dengan market yang mendunia. Saat ini freelance online hanya sekedar kerjaan yang dianggap berkaitan dengan dunia komputer secara langsung. Di mulai dari web development, web design, animasi ataupun menulis. Dan semua orang hanya menggangap dunia freelance online hanya berada disana saja. Sehingga persaingan tersebut membentuk sebuah red ocean yang penuh sesak dari berbagai penjuru dunia. Siapa kuat bertahan dan dia yang akan maju dan berada di puncak.

Freelance hanyalah sebuah akronim kata “pekerja bebas” ataupun “pekerja kontrak dengan batas waktu yang pendek”. Pekerja berarti orang yang melakukan sesuatu untuk orang lain. Bidang dan kegiatan pastinya bisa apa saja. Selama itu terjadi simbiosis mutualisme semua hal bisa menjadi bidang pekerjaan.

Saya tertarik menulis artikel ini karena membaca tulisan dian ara tentang adik temannya yang bekerja di sebuah tabloid olahraga terkenal karena kegemarannya bermain game bola ataupun membaca komentar seorang raiderhost tentang memposisikan diri dalam dunia freelance.

Memposisikan diri sebenarnya bukan hal yang sulit untuk sebagian orang tapi juga bukan hal yang gampang buat yang lainnya. Kita harus rela menghabiskan waktu kita dan membuat waktu kita untuk menciptakan sebuah brand. Ingat sebuah pepatah “bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian” mungkin itu hanya sebuah konsep usang dan bila kita dapat merubah ke konsep “bersenang-senang dahulu dan bahagia kemudian” maka kita akan dapat berinovasi dengan apa yang kita miliki.

Ingat tulisan dari aria rajasa tentang passion ataupun tulisan dian ara tentang joker, ataupun tulisan zam tentang Tersesat dari Jurusan Tak Selamanya Menyesatkan. Hal tersebut bila digabungkan menjadi satu kekuatan kita untuk menciptakan konsep tersebut dan menciptakan blue ocean kita sendiri.

Passion sebuah hal yang membuat kita hidup dan ingin memberikan yang terbaik, joker karakter yang selalu tersenyum dan membuat segalanya mudah serta membuat kita tetap fresh dan selalu membuat ide-ide gila dan pendidikan hanya hal yang menunjang kita dalam bersosialisasi. Jadi bila anda jago dalam arsitek kenapa tidak mencoba menjadi seorang online arsitek, bila anda seorang rapper coba tunjukkan siapa kalian dalam youtube. Bila anda hanya seorang idea maker buat sebuah ide-ide menarik dan share bersama-sama dan kita liat berapa orang yang akan mengambil ide anda dan rela membayar anda untuk sekedar ide gila, bila kalian seorang pecandu buat sebuah tulisan tentang seberapa menyesatkan candu dan kegunaanya. Semuanya punya jalan masing-masing.

Jadi tentukan posisi kalian ciptakan hal baru dan bermain bersama.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    ada sidejob
    ada mainjob
    ada fulltime
    ada parttime
    ada remote
    ada kantoran (karyawan)
    ada wiraswasta (entrepreneur)

    freelance termasuk yang mana yah?
    bingung? saya sendiri kadang juga bingung 🙂

    sepertinya perlu postingan khusus tentang istilah2 ini

  2. says

    mungkin kebanyakan masih takut untuk bersaing secara lebih keras dengan orang luar (ngeriiiiiiiii), tp setiap orang yg tanpa disadari bisa membuka peluang dengan caranya tersendiri untuk mendapatkan posisi atas.

    tergantung sekarang niat yg kuat beserta komitmen “that i was destined to be here!” ^_^

  3. dian ara says

    semua profesi yang disebutkan (kecuali pecandu… itu pun karena gw blom bener-bener nyari) di tulisan itu… aslinya ada kok. cuma emang mereka selama ini nggak “memamerkan diri” secara terbuka di dunia online. mereka bahkan nggak tau ruang freelance eksis!

    gw udah nemu temen-temen freelancer di luar bidang desain grafis dan web development, seperti:
    – street dancer
    – private investigator
    – legal adviser
    – drummer
    – concert crew
    – event organizer
    – announcer/mc
    – game tester
    – travel guide
    – landscaper
    – scrapbook designer

    emang ruang freelance masih rame dengan desainer grafis dan web developer. penulis aja masih baru kan. makanya, pengen banget undang temen-temen freelancer yang laen itu ke ruang freelance. biar mereka dapet wadah. sekaligus biar kalian semua melek, bahwa profesi freelancing bukan cuma dua itu.

    *sabar yah guys, sedang merayu anggi biar meloloskan ide gw untuk interview para freelancer yang kerjaannya unik-unik itu.

    • says

      bener banget, freelancer bukan hanya yg kita bahas disini sebelumnya. Yang gue temui saat ini ada private assistant yang sekedar jawab2 email klien, insert data (kalo klien males masukin kartunama di komputernya), fotografer, jualan iklan, sampai broker sekalipun… cari barang unik (khas suatu daerah) lalu dijual ke luar negeri… walhasil dollar selalu menantimu 😀

  4. dian ara says

    btw, kenapa nggak ada yang terpikir untuk mendalami “freelance boyfriend/girlfriend” yah? -.-
    gw mau outsource deh kalo ada…
    *dikemplang agus*

    atau “freelance massager”… anyone?
    *dikemplang anggi*

    atau “freelance stripteaser”… hellooooo?
    *dikemplang ibnu*

  5. says

    Mas aku baru mau ikut jadi freelancer, tp blm menemukan yg sesuai dgn bidang sy arsitektur. Ada yang th ngak dmn link-link yg menawarkan job freelance arsitektur…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *