Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis

Banyak penulis freelance yang pada akhirnya menyerah di tengah jalan dan memilih kembali ke kehidupan awalnya sebagai pekerja biasa. Meski punya kemampuan menulis yang baik, mereka tidak bisa bertahan dan menjadikan profesinya sebagai penopang hidup yang layak. Para penulis freelance ini hanya mengandalkan kemampuan mereka bermain kata dan mengacuhkan poin-poin lain yang penting untuk dicatat. Poin-poin ini tidak berkaitan dengan tata bahasa ataupun seberapa luas koneksimu. Catatan kecil ini akan sedikit membantu untuk mengingatkan poin-poin yang mungkin terlewat olehmu.

Pembukuan dan Pengelolaan Keuangan

Pembukuan dan Pengelolaan Keuangan - Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis

Pembukuan dan Pengelolaan Keuangan – Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis / Shutterstock

Penulis freelance harus tahu dasar pembukuan dan cara mengelola arus kasnya. Jika kamu terus bersikap tidak peduli, kamu akan berakhir dengan saldo minus dan bencana keuangan. Besar pasak daripada tiang. Hal ini bisa dihindari jika kamu disiplin mencatat dan realistis menetapkan tarif jasa. Jangan lupa perhitungkan pula soal pajak dan kebutuhan primermu. Tentunya kamu tidak ingin membayar pajak terlalu banyak atau menerima terlalu sedikit.

Pemilih Itu Wajib

Bukan hanya soal jodoh, dalam memilih pekerjaan pun kamu harus pilih-pilih. Jangan habiskan waktumu hanya untuk menulis, sisakan untuk dirimu sendiri, dan tentu saja seporsi untukmu memasarkan diri. Kamu tentu tidak mau berakhir sebagai seorang antisosial dengan kesehatan yang buruk dan membusuk di dalam kamar. Sungguh bukan pilihan yang bijaksan.

Teratur dan Terjadwal

Teratur dan Terjadwal - Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis

Teratur dan Terjadwal – Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis / Shutterstock

Bekerja keras hanya ketika kasmu mulai menipis akan menjebakmu dalam lingkaran setan. Temukan ritme yang sesuai dengan pribadimu dan lakukan dengan komitmen. Hitung berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk proses penulisan dan perkirakan seberapa banyak beban pekerjaan yang bisa kamu emban. Atur jadwal kerjamu dengan mempertimbangkan itu semua. Jika kamu berniat untuk menjadi seorang penulis freelance profesional, penting untuk menentukan dan menjalankan hal tersebut dengan tertib.

Pencitraan dan Koneksi

Pencitraan dan Koneksi - Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis

Pencitraan dan Koneksi РPoin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis / Shutterstock

Para penulis freelance yang serius membangun kariernya akan berhati-hati membangun citra diri. Pencitraan bukan hanya milik para politikus dan artis, penulis freelance pun memerlukannya. Membangun citra profesional sambil mengembangkan koneksi akan membuat namamu tepercaya.

Perhitungan

Krusial untuk menjadi seseorang yang sangat perhitungan di dunia penulis. Tugas mana yang akan membawa keuntungan lebih banyak atau pekerjaan mana yang akan membawa namamu lebih terkenal. Penulis profesional tahu kapan harus mengambil pekerjaan yang satu dibandingkan yang lain. Perhitungan akan manfaat dan keuntungan dari setiap tawaran pekerjaan yang datang adalah hal yang mutlak untuk dilakukan.

Tegaan

Masih berhubungan dengan poin lima, bertindak tega adalah hal yang harus kamu biasakan, terlebih lagi jika kamu adalah seseorang yang berhati lembut. Kamu mungkin akan berhubungan dengan masalah plagiat, klien yang kabur, atau persaingan tidak sehat dari sesama penulis. Untuk menghadapi itu semua dengan tegar, kesampingkan dulu rasa iba, dan maju perjuangkan hakmu lebih dulu.

Manajemen

Manajemen - Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis

Manajemen – Poin-Poin Penting untuk Penulis Freelance selain Teknik Menulis / Shutterstock

Ya, kamu harus tahu prinsip-prinsip manajemen. Kamu harus belajar cara mengelola waktu, klien, dan keuangan. Pengelolaan yang salah dari ketiganya akan menunjukkan bahwa dirimu adalah seorang amatir. Citra yang berusaha kamu bangun bisa hancur jika salah langkah dalam mengharmoniskan ketiganya.

Menulis tulisan berkualitas dan manajemen diri yang baik adalah kunci menjadi penulis yang sukses. Profesionalitas adalah hal yang harus dimiliki meski kita bukan pekerja berdasi. Catatan kecil ini untukmu yang serius menjadi penulis freelance yang bersinar di antara para penulis freelance lainnya.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *