Persiapan Menjadi Seorang Freelancer

i got the job - photo by clarity25

i got the job - photo by clarity25

Setiap kali ngobrol lewat chat, pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh teman chat saya adalah : bagaimana sih caranya menjadi freelancer?, apa saja yang dibutuhkan seorang freelancer?, dan keywordnya apa yah? biar saya mengetahui lebih banyak mengenai freelance. Yup ini merupakan pertanyaan general sebagai freelancer newbie, yang mungkin dulu merupakan tanda tanya juga bagi saya. ok akan saya jawab sesuai pengalaman πŸ™‚ . berikut beberapa tips dari saya untuk menjadi seorang freelancer

Koneksi Internet

Sebagai freelancer modern, teman-teman wajib punya koneksi internet. Kenapa? karena hal ini akan sangat mempermudah kita untuk memperluas jaringan (networking), menjual produk, dan tentu saja mempromosikan diri. Kita dapat menggengam dunia hanya dengan menggunakan mouse dan keyboard. Lalu koneksi mana yang akan kita pilih? saat ini banyak provider yang selalu memberikan janji-janji marketing yang pada akhirnya membuat kita bingung. Saran saya si, teman-teman HARUS googling untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan dari hasil ulasan teman-teman di internet. Saya saat ini menggunakan Speedy office hampir 1 tahun dan alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan lancar, walau kadang putus koneksinya tapi masih dalam taraf wajar.

Situs Pribadi

Situs pribadi merupakan syarat wajib bagi freelancer untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan siapa anda sebenarnya. Ribet? harus keluar biaya untuk membeli nama domain dan hosting? Tidak perlu! Teman-teman bisa menggunakan banyak layanan gratis yang tersedia dan dapat digunakan dengan mudah, semudah membuat email dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Mudah bukan?

Berikut adalah daftar layanan gratis yang bisa kalian pakai untuk membuat situs web gratis.

Lalu bagaimana dengan domain dan hosting? Sebenarnya ini tidak wajib, tapi lebih baik anda mempunyai domain sendiri bila ingin terlihat lebih profesional. Saran saya dalam membuat situs web, tidak perlu membuatnya dari awal, lebih baik menggunakan CMS (Content Management System) yang gratis dan bebas (opensource) seperti Joomla, WordPress, Textpattern dan Drupal. Kenapa? Karena MUDAH, banyak fungsi yang bisa ditambahkan menggunakan plugin, keamanan yang baik, mudah dipakai dan sangat menghemat waktu

Messenger dan Email

Messenger dan email juga tidak boleh ketinggalan untuk melancarkan komunikasi. Messenger dan email yang bisa kalian dipakai banyak sekali dan biasanya akun email juga bisa digunakan untuk messenger, seperti Yahoo mail dan Yahoo Messangger, Google Mail atau Gmail dengan Gtalk, Windows Live Mail dengan Windows Live Messenger. Ada juga messenger yang lebih unik seperti Skype yang memungkinkan kalian menelpon orang lain dimana saja secara gratis, melalui internet tentu saja. Untuk email utama saya sarankan menggunakan Gmail karena sangat cepat untuk akses, mudah digunakan dan mempunyai space yang sangat besar.

Memiliki Tabungan

Calon freelancer sebaiknya mempunyai tabungan 3 – 6 bulan kedepan untuk membiayai hidupnya. Memang di awal kita akan seperti Tarzan di dalam hutan belantara. Dengan diliputi berbagai pertanyaan dari apa yang harus dimakan, apa yang harus dihindari, apa yang harus ditemani dan banyak lagi. Mendapatkan suatu pekerjaan dan menemukan celah yang cukup baik akan membutuhkan waktu, tapi saya yakin dalam waktu 2-3 bulan titik terang itu akan terlihat dan menjadi lebih besar. OPTIMIS adalah kunci utamanya, dan percayalah bahwa semua ada prosesnya.

Googling dengan keyword make money

Terkadang kita bingung dengan kata kunci apa saja yang harus kita tuliskan di mesin pencari (Google, Yahoo) agar kita bisa mendapatkan situs web yang kita inginkan. Tapi jangan cepat menyerah karena dalam waktu satu bulan mungkin kita sudah mempunyai ribuan keyword yang dapat di googling. Dibawah ini beberapa list yg membahas cara menghasilkan uang. Insyaallah akan lebih mempermudah dalam mencari situs yang kita inginkan.

Ada lagi yang bisa kalian tambahkan?

Perbanyak ilmu di dunia internet

Semakin kita googling maka akan semakin banyak kita mengetahui asam garam dunia internet. Jangan pernah takut salah, karena semakin banyak salah maka semakin banyak pula pengalaman untuk menjadi lebih baik. berikut link sumber ilmu

Baik, sekian saja dari saya. Semoga semua tips yang saya berikan bisa membantu kalian semua.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Adam says

    Misal gue udah jenuh dengan rutinitas pekerjaan dan tabungan gue belum sampai batas 3-6 bulan, jualan bakso buat subsidi silang untuk beli infrastruktur dulu menerut pak guru anggi gmn?

  2. says

    Bravo bro, saya baru mau coba…tapi. urung niat karena belum yakin 100% untuk jadi freelancer. soalnya banyak penipuan…gimana kalo buat perjanjian kerja sama dulu…dijamin pasti bayar……..

  3. Achmad Sofyan says

    Terima Kasih Pak atas advice-nya

    Good Luck For Me and You

    Regards
    Achmad Sofyan

  4. Paula Elina says

    Wah..mas Anggi..thanks a lot atas pencerahannya yaaw.. Soalnya Saya berencana untuk memulai jd freelancer per Juni’09 nanti… Tips2 dari mas Anggi sangat bermanfaat buat bekal saya melangkah nantinya… Btw, ini freelancer untuk semua bidang khan?? Okay deh…salam sukses…!!

  5. says

    Bagus banget desain nya..

    Oh iya, buat semua teman freelancer, saya juga orang baru. Tapi dalam seminggu udah dapat banyak pengalaman tentang hal ini.

    Yang butuh online 24jam tapi dana tipis, buka blog aku ya..
    rizkyabdilah.blogspot.com cari postingan USB GSM Modem
    Saya juga merangkap sebagai internet merketing. πŸ˜€

  6. says

    Great artikel om,

    bener2 pengalaman pribadi niih. cuman saya bedanya di point “Memiliki Tabungan” dulu gak punya tabungan sama sekali semuanya dipake buat modal beli modem sama pasang internet demi obsesi terpendam yaitu penjadi Freelance dan tabungan pun cuman punya 100rban πŸ™

    tapi saya punya modal yang kuat yaitu SKILL dan OPTIMIS untuk maju.
    bulan pertama bener2 jadi Kuli bid sana sini, trus pas dapat tawaran semuanya di sikat dengan target balik modal dan alhamdulillah sebulan pertama jadi Freelance di rumah bisa dapet tabungan untuk 3 bulan kedepan πŸ˜€

  7. ridho says

    sukses bro..saya uda 6bulan freelance….di bidang marketing!!!!!!! enak juga…buat movitasi supaya kerja lebih max….yang pasti punya waktu bebas…kita ngutur sendri kapan kerja kapan tidur n kapan pacaran heheheh

  8. says

    100% Sangat betul sekali, karena dengan adanya koneksi internet bisa menjadikan langkah untuk maju lebih mudah dan gampang, karena disanalah gudangnya pekerjaan yang sewaktu2 menghampiri kita. jadi tips Anda menambah 1 kesempatan bagi semua calon yang mau terjun ke Freelance design atau yang lainya.

  9. harno says

    saya mau ikut freelancer…saya tidak punya kemampuan apa2…baik finansial maupun skill.
    Uang juga tidak punya….untuk beli beras saja harus ngutang warung…dah 4 bulan warung belom saya bayar..sampai mau di laporkan pak hansip dan pak rt (sepertinya bulan depan jadi bulan malu untuk saya…tapi semoga saja saya tidak malu).
    bagaimana saya bisa jadi freelancer mbak and mas….
    skill : No
    Money : No juga
    Bank : Yes….but it’s bank thithil (alias bang harian…and saya di kejar terus)
    Comp/laktop : borrow a neighbor
    Modem to acses internet : sudah di pesan tapi belum bisa di gunakan (soalnya belum diambil karena no money
    pertanyaannya…masih biskah saya jadi freelancer yang ok

    thank

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *