Perlukah PKL di SMK/SMA?

Bisa jadi, ada rasa malas menyerang ketika memulai PKL (praktik  kerja lapangan) di usia remaja yang sedang asyik untuk bermain.
Biasanya PKL dilakukan untuk pelajar SMK itu semester 1 atau 2 kelas 11. Mengapa harus ada PKL?

shutterstock_150587633

Credit Image via Shutterstock

Praktik kerja lapangan ini memang suatu prosedur dari sekolah. Tujuannya adalah agar para pelajar bisa membayangkan apa yang dikerjakan dalam sebuah bisnis atau perusahaan nantinya. Tetapi pada umumnya, para pelajar akan ditempatkan pada kantor tertentu sesuai dengan bidang yang mereka pelajari.

Kesulitan PKL

Setiap pekerjaan dan tugas pasti akan ada risiko yang mereka dapatkan. Ketika sedang melakukan PKL, salah satu kesulitannya adalah saat pembuatan laporan tentang pekerjaan mereka.
Karena dunia bekerja tentu berbeda dari dunia bermain, maka ketika PKL, mereka akan belajar untuk menyimpan dulu candaan dan fokus untuk belajar bekerja. Ini hal tersulit bagi orang yang suka bercanda termasuk saya. Dalam praktik kerja, keseriusan dan fokus sangat diperlukan, bukan semata karena mereka sedang dalam pengawasan atasan atau kepala divisi tempat mereka belajar.
Tentu saja, mereka pun perlu belajar tentang kedisiplinan waktu. Hal ini lumayan cukup menjadi beban bagi yang sering terlambat masuk sekolah. Time is money. Mereka akan belajar membayangkan ketika mereka terlambat masuk ruangan, maka perusahaan bisa saja memotong gaji.

Kelebihan PKL

Ketika mulai terbiasa dengan kegiatan ini, maka mereka akan mendapatkan pengalaman baru. Maka mereka mulai memahami hal-hal yang ada dalam pekerjaan nantinya. Mereka juga memelajari apa yang boleh dan tidak dilakukan dalam sebuah perusahaan.

Semakin sering berlatih untuk melakukan suatu tugas saat PKL, maka pengalaman untuk menyambut pekerjaan di dunia nyata bisa bertamba. Tidak menutup kemungkinan pula pengawas menyadari keahlian mereka sudah mulai terasah.
Ketika pengawas memperhatikan pekerjaan kita yang baik, maka jalan untuk mendapatkan pekerjaan akan mudah.

Selesai melakukan PKL, biasanya akan mendapat honor dari perusahaan. Maka bayangkanlah itu gaji pertama yang didapat setelah bersusah payah. Cobalah membeli barang dengan uang hasil keringat kita, tentunya berbeda rasa dengan barang yang dibelikan oleh orang lain.

Kesimpulan

Bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan sangat perlu dilatih oleh para remaja. Cukup banyak yang langsung praktik menjadi pengusaha setelah lulus dari SMK atau SMA. Mereka mendapatkan nilai penting selama mencicipi pengalaman bekerja pada sebuah perusahaan. Jadi, menurut saya, PKL sangat berpengaruh dalam membentuk jiwa pekerja tangguh. Mereka belajar menjadi karyawan saat sekolah, siapa tahu nanti akan punya banyak karyawan.

Ada yang punya pengalaman menarik saat mengikuti PKL dulu? Adakah bedanya dengan PKL saat ini? Ayo berbagi di kolom komen.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *