Perjalanan freelanceku – bagian 2

fotoby monkeyc.net

fotoby monkeyc.net

Lanjutan dari Perjalanan freelance bagian 1
Anda tidak perlu berkecil hati, karena toh saya juga belum memiliki sepenuhnya kemampuan itu, lantas kenapa bisa mendapatkan job? Buat seorang freelance yang minim skill seperti kita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar bisa terus bersaing didalam dunia maya tentunya. diantaranya:

Cari, baca dan bertanya di komunitas

Cari, cari, dan cari, baca, baca, dan baca dan bertanyalah, caranya bergabunglah dengan komunitas-komunitas di dunia maya, seperti RuangFreelance, Komunitas WordPress, Drupal, Komunitas Joomla Indonesia, Diskusi WebHosting, Forum Diskusi Web, dan lain-lain.

Praktekan

Praktek dan praktek..minimal anda bisa membuat sebuah website standar seperti Company Profile (sebaiknya gunakan CMS seperti Joomla, Drupal ataupun WordPress, walaupun mudah dalam instalasi dan manajemen website, tapi terbukti sangat kuat Core-nya.

Target Pasar

Setelah mampu membuat sebuah website, pasang target pasar alias target klien apakah dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk anda yang benar-benar pemula dan bahasa inggrisnya anjlok seperti saya, dalam negeri sangat direkomendasikan. Lantas anda kemudian masih bingung dan serem melihat saingan developer-developer dalam negeri? Persempitlah area pemasaran Anda, misalkan seprovinsi Anda, terus diperkecil jadi Kabupaten/Kota, Kelurahan maupun Desa. Pesan saya jangan pernah minder, karenanya sesuai point 1 diatas kumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya dari internet.

Promosi

Ini yang terakhir, promosi dan promosi Siapa Anda dan berbicaralah layaknya seorang marketing handal tentang pentingnya eksistensi sebuah Perusahaan/Instansi/Sekolah/Kampus dan lain-lain didunia maya kepada calon klien, kalo perlu tanyakan teman dan saudara Anda adakah yg mau membuat website? Kalo untuk yg ini cukup membayar Domain+Hosting+Koneksi Internet kalo bisa…lantas apakah kita rugi dengan biaya kecil ini?tentu saja tidak. Pekerjaan yang kita ini dapat menambah portfolio kita yang dapat ditampilkan di website tempat kita menjual jasa kita sehingga menambah keyakinan calon klien kita annti. Rajin-rajinlah berpromosi, baik melalui media massa dengan iklan baris, atau melalui website iklan baris gratis

Nah tentu timbul pertanyaan, pada point 3 diatas?

saya kan seorang newbie
gimana dong?

mana bisa saya ngerjain web sesuai permintaan klien, walaupun itu hanya sebatas Company Profile, nah sesuai urutannya pada point 1 anda dianjurkan bergabung dengan komunitas-komunitas online, disana Anda harus berusaha menjaga jati diri dan integritas anda, carilah jaringan sebanyak mungkin, sehingga tugas-tugas dari calon klien ini dapat anda minta bantuan partner Anda untuk membantunya.

Lakukan pendekatan emosional dengan anggota forum, maka anda akan selalu dibantu oleh mereka, sampaikan sejujurnya kondisi proyek dan berapa budget yang Anda miliki untuk menyewa jasa mereka. Saya yakin jika Anda rutin dan berintegrasi dalam forum akan banyak teman yang membantu Anda, bahkan siapa tau ada yang menawarkan jasa gratis, ingat sebagian orang memandang persahabatan lebih penting dibandingkan uang.

Dari penjelasan diatas, Anda sudah dapat menarik kesimpulan bahwa tidak selamanya memiliki banyak proyek diinternet atau sukses berbisnis di internet terutama dibidang website development harus memiliki skill-skill yang luar biasa, walaupun demikian tulisan ini tidak bermaksud membuat Anda malas untuk belajar dan berusaha, karena begitu terjun ke dunia bisnis dan teknologi, belajar dan terus belajar adalah sebuah kepastian! Jika tidak tentu saja anda akan tergilas oleh pesatnya ilmu dan teknologi itu sendiri dan tentu saja jika sudah berhasil jangan pernah memasang harga tinggi kepada kawan forum Anda (kalo yang ini pernah saya alami sendiri πŸ˜€ ).

Jadi pasanglah jaring sebanyak-banyaknya, bangun integritas anda di dunia maya dan di daerah anda, yakinlah kesuksesan anda hanya tinggal menunggu waktu untuk meledak. Viva Freelance Indonesia..

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Sangat inspiratif kisahnya, kalimat yang saya suka :
    “Untuk anda yang benar-benar pemula dan bahasa inggrisnya anjlok seperti saya, dalam negeri sangat direkomendasikan. Lantas anda kemudian masih bingung dan serem melihat saingan developer-developer dalam negeri? Persempitlah area pemasaran Anda, misalkan seprovinsi Anda, terus diperkecil jadi Kabupaten/Kota, Kelurahan maupun Desa.”
    Kayaknya bisa langsung dipraktekkan nih..hehe..
    Makasih mas.
    Maju terus Freelancer Indonesia….

  2. irawan says

    kayaknya lokal boleh juga tuh,bisa ga ya,coba dulu deh,thanks RF,maju teruss pantang mundur…..

  3. says

    Pengen sih punya nama di luar “bukan hanya di lokal”, tapi seperti rekomendasinya diatas, saya ga pandai dalam english language.
    Tapi dengan berjalannya waktu mungkin akan pasndai dan bisa seperti senior2 di dunia freelance yang sudah go internasional..
    hehehe..

  4. budicokro says

    mantap… saya masih newbie, tulisan ini sangat berguna bagi saya…
    thanks…

  5. says

    sudah 2 tau lebih aku ngelakuin kaya yg dikatain penulis. mulai dari freelance nulis, online masketing, spamer, desain logo, desain grafis, desain template, data entri, mulai dari getafreelance, renacoder, guru, odesk, dan gak tau sebanyak apa situs freelance yg udah aku ikutin sampai saat ini. udah gak tau brapa jenis pekerjaan freelance aku ganti. dan akhirnya aku berhenti di situs http://www.99designs.com. dari setahun yg lalu, akhirnya membuahkan hasil. walau baru 2 project yg bisa aku dapet, tapi akhirnya aku bisa berkata pada diri sendiri, “ahirnya membuahkan kaasil”. duitnya emang gak gede, tapi kepuasan batin lebih gede. tapi sekarang, semangat jadi freelance online kembali menurun, ntah udah brapa bulan ini, dari semua kerjaan freelance yang aku lakuin, blom juga membuahkan hasil. ngerasa capek sendiri. mungkinkah aku harus nyari spesifikasi diri buat kerjaan online?

  6. says

    inspiratif..

    lagian saya gak jago programming, tapi nekad ngerjain proyek2 web

    krn ada orang2 hebat di sekeliling saya (di jogja) yg siap kasih bantuan kalo ada proyek

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *