Penyedia Layanan Pembayaran Elektronik Selain PayPal

Coins -image from Flickr

Lanjut dari postingan sebelumnya, topik yang dibahas kali ini masih seputar PayPal. Bicara soal PayPal, tahukah Anda bahwa saat ini (sejak akhir bulan Mei 2011) PayPal dan induk perusahaannya, Ebay, sedang melayangkan tuntutan kepada Google? Sebab, baru-baru ini Google merekrut Stephanie Tilenius dan Osama Bedier yang sebelumnya adalah eksekutif senior di Ebay dan PayPal. Konon, perekrutan itu dilakukan Google untuk mendukung pengembangan penyedia layanan pembayaran elektronik sebagai tandingan PayPal yang akan khusus diperuntukkan bagi pengguna telepon genggam berbasis Android OS.

Tentunya artikel ini tidak akan membahas masalah tuntutan yang tengah dihadapi Google. OOT, lah. 😀 Sebagai freelancer, mungkin selama ini Anda hanya familiar dengan PayPal sebagai penyedia layanan pembayaran uang elektronik. Kali ini, RuangFreelance akan merinci perusahaan-perusahaan lain yang juga menyediakan layanan pembayaran elektronik.

Moneybookers (30,000,000 results)

Menurut kabar yang beredar di luar sana, Moneybookers adalah pesaing terberat PayPal dari segi popularitas. Sayangnya, saat ini Moneybookers hanya beroperasi untuk wilayah Eropa saja. Tidak seperti PayPal, Moneybookers tidak menyediakan fasilitas disputes, credit card chargebacks pun dibatasi. Selain itu, Moneybookers tidak mengenakan set up fee dan monthly fee kepada penggunanya.

Liberty Reserve (3,570,000 results)

Liberty Reserve memberlakukan kebijakan “transaksi telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali”. Hal yang sering menjadi tanda tanya penggunanya adalah klaim Liberty Reserve bahwa seluruh akun LR-USD dan LR-gold dijamin dengan US dollar dan emas batangan namun pihak Liberty Reserve sendiri bersikap kurang transparan tentang sistem penjaminan ini.

Kagi (2,540,000 results)

Kagi mengklaim sebagai penyedia layanan pembayaran elektronik dengan pelayanan pelanggan terbaik. Namun, sehubungan dsengan fee yang tinggi, Kagi sebaiknya tidak digunakan untuk produk dengan harga kurang dari 15 euros.

AlertPay (2,270,000 results)

Berbeda dengan PayPal, AlertPay tidak memberlakukan pembekuan akun (account freezing). Bahkan, layanan AlertPay tersedia bagi beberapa negara yang tidak terjangkau oleh PayPal . Namun saat ini, popularitas AlertPay masih jauh kurang terdengar apabila dibandingkan dengan PayPal.

Ada yang sudah pernah menggunakan penyedia layanan pembayaran elektronik selain PayPal? Kalau ya, silahkan share pengalaman Anda di sini. 🙂

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    jadi kira-kira bagaimana cara bertransaksi yang aman, baik untuk seller dan buyer. pilih jasa yang mana kira-kira ?

  2. says

    mba Shinta,
    Apakah itu berimbas juga pada sulitnya membuat akun Paypal? 3 bulan terakhir saya mencoba membuat akun PP tapi direject terus.

  3. Priyo Subarkah says

    aku kurang percaya sama electronic payment system selain paypal. aku pernah pakai LR (liberty Reserve) tapi accountku dengan mudah di hack orang, akhirnya uangku hilang semua, LR tidak transparan : benar banget!!, karena itu LR lebih sering digunakan untuk aktifitas situs2 SCAM (HYIP, judi etc), kalau mau lihat situs2nya bisa cek di http://www.goldpoll.com, hampir semua situs itu pakai LR dalam pembayarannya.
    Moneybooker : gak cocok untuk di Indoneisa…
    egold : sudah hilang dari peredaran…duitku hilang huhuhu
    Alertpay : sama saja ky LR
    Perfect Money : sami mawon
    pecunix : pamornya sudah tenggelam

  4. korban says

    Bullshit Paypal !!… aku kena chargeback padahal barang dah dikirim 2 bulan lalu tanpa masalah.. rugi USD 1028, plus spare parts yang dikirim + ongkirnya keluar negeri.. ujung2nya account sama fundnya dibekukan… orangnya entah kemana

  5. says

    sebenernya paling aman menurut sy LR/ Liberty reserve

    kelemahan LR tidak ada fasilitas refund, jadi kebanyakan dipake oleh orang yang gak bener (dimanfaatin situs2 HYIP, dengan mengumpulkan dana dari orang2 lalu tiba2 tidak membayar membernya.. dan member tidak bisa mengklaim uangnya kembali), masalah LR yang di hack kebanyakan adalah pemilik LR yang ketipu menggunakan sistem autopayment LR (dengan menyerahkan sandi2) dan LRnya dipake orang untuk melakukan pembayaran ke sebuah situs (kebanyakan juga HYIP).

    Tapi keamanan untuk password dan akses kalo bisa disimpan dgn baik LR ckp aman loh

    paypal suka limit, apalagi kalo akunnya belum verified / tiba2 ada dispute, penarikan

    alertpay, susah verifikasi dan akhir2 ini suka bermasalah dengan pengisian lewat credit card, dan minimum transfer 1$

  6. Lia says

    sebenernya kurang tau juga ini termasuk payment processor ato gak, virtapay.com
    denger2 katanya kalo buat akun di virtapay langsung dapat $100 gratis, gak tau ya dollarnya itu dollar mana. Kurang tau juga bener ato gak ttg $100, kalo mau ya dicoba aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *