Pentingnya Membangun Niche bagi Freelancer

Banyak nasehat bahwa untuk bisa sukses dalam suatu bidang adalah dengan tetap fokus. Namun terkadang hal tersebut tidak terlalu dihiraukan, terutama kita yang bekerja sebagai seorang freelancer awam. Hasil yang diperoleh dari satu bidang yang kita tekuni terkadang masih kurang untuk menutupi pengeluaran meskipun sudah berhemat.

Sedangkan ada juga yang memiliki banyak kemampuan dan merasa akan sia-sia jika hanya menekuni satu bidang. Dengan semua kemampuannya, diterimanya berbagai macam klien dengan berbagai macam job didalamnya. Sebut saja dia sebagai freelancer “multitalent“. Namun disini saya akan coba memberi ulasan mengenai pentingnya niche atau target dalam pasar.

sumber www.123rf.com

 

Bagi freelancer, hal tersebut bisa saja berbuah positif. Namun untuk menciptakan sebuah brand, belum menjadi rekomendasi bahwa kita akan disebut sebagai freelancer yang dapat mengerjakan semua kebutuhan konsumen. Sebagai seorang freelancer, kita dituntut untuk memiliki keahlian khusus yang akan menciptakan niche kita dalam pasar, sebuah pencitraan. Dan penciptaan tersebut tidak datang secara tiba-tiba ketika kita menekuni kegiatan ber-freelance. Niche perlu untuk diberi semacam “trigger”, yaitu fokus.

Kita ambil gambaran sebagai berikut. Dengan fokus pada keahlian khusus yang kita miliki, membawa bisnis ataupun kegiatan freelance kita pada satu bidang tersebut, hasil yang diharapkan adalah, konsumen akan datang dengan sendiri menjadi klien anda.

Jika anda adalah salah satu freelancer yang siap sedia menerima berbagai macam job, cobalah untuk fokus pada satu keahlian yang anda senangi,memberi umpan balik yang baik pada kehidupan sehari-hari anda serta yang memberi nilai lebih diluar sekedar “uang”.

Dengan keahlian tersebut, cobalah untuk tekuni dan membangun niche dengan target pasar yang meruncing. Sehingga anda bisa sekaligus menciptakan brand yang baik untuk diri anda, sekaligus membuat kegiatan freelance anda bisa sukses dalam jangka waktu yang panjang.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *