Pentingnya liburan

Liburan Yuk! - photo by kenzoka

Liburan Yuk! - photo by kenzoka

Mengapa liburan itu penting

Sebagai freelancer yang baik, kita tentunya sudah bekerja keras membanting tulang sepanjang tahun. Kadang kala kurang tidur bahkan 2 sampai 3 hari untuk menyelesaikan suatu proyek. Tentunya semua prosesi itu sangatlah melelahkan, daripada Anda memandang wallpaper komputer Anda yang bergambar pantai dan berpikir: “Saya memang butuh liburan!”. Ya LIBURAN DONG!

Liburan bisa menyenangkan hati dan pikiran, dan juga bisa mengembalikan mojo kerja kita. Terutama bagi kalian yang bekerja di dunia desain, gak enak dong kalau pikiran ribet, desain ga jadi-jadi nanti.

Kapan ya liburan?

Kapan saja! Itulah keuntungannya menjadi freelancer. Kita fleksibel bisa menentukan liburan kita sendiri. Bisa saja pada saat akhir pekan, atau ambil saja liburan di hari biasa. Atur saja jadwal kerja Anda untuk liburan. Saya sendiri biasanya mengambil liburan secara mencicil. Jika sedang suntuk atau jenuh, saya mengambil libur satu hari untuk bersantai dan bermain Wii seharian.

Kalian bisa menghadiahi diri sendiri beberapa hari libur setelah menyelesaikan 2-3 proyek atau 1 proyek besar yang panjang. Anda pantas mendapatkannya.

Satu lagi, biasakan libur kerja hari sabtu dan minggu. Jangan dipaksakan bekerja kecuali memang super darurat. Percaya deh, Anda akan waras lebih lama dan hidup lebih menyenangkan 😀

Rencanakan dengan baik

Hal terakhir yang kalian mau adalah liburan yang tidak worth it. Yang pasti si, jangan bawa laptop! Tinggalkan Blackberry Anda dan putuskan koneksi internet. Kabari semua klien yang aktif bahwa Anda sedang berlibur dan tidak bisa membalas email mereka. Nikmatilah liburan tersebut walaupun hanya menonton DVD seharian, tapi tanpa semua gangguan email, pekerjaan dan lainnya.

Satu hari tanpa email, pesan Instant Messenger, telepon dan segala macam kerjaan merupakan liburan yang cukup pantas buat saya 😀

Duit dari mana?

Sisihkan sedikit anggaran untuk liburan setiap Anda mendapatkan bayaran. Saya jamin Anda tidak akan menyesal mengambil liburan dari uang jerih payah Anda.

Ok, segitu saja tips dari saya. Selamat berlibur!

Share pengalaman Anda dan Update ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. joandifebrio says

    kalo saya biasa hari sabtu dan minggu tidak berkerja ,begitu juga hari libur atau tanggal merah

    oleh sebab itu jika saya kerja ,saya benar2 manfaatkan waktu dengan baik hehe

  2. says

    Kalo liburan gue ya itu.. hibernasi! 😀 kalau tubuh udah lelah diboboin aja, nah enak banget tuh pas bangunnya fresh. Kalo hari libur dipakai buat belajar atau ngereview hasil kerjaan atau hibernasi lagi 😛

    Karena ga slalu libur di hari sabtu dan minggu, jadi ketika ada janji dg teman ataupun keluarga nah saat itulah liburannya. Jadi liburannya bukan menikmati kesendirian tapi kebersamaannya itu.

    Lagian sesibuk apapun kita pasti bisa menyisihkan waktu luang dg yg lain. Kalau kerjaan kita aja bisa kita manage dg baik, masa memanage waktu luang kita ga bisa.

    hehe

Trackbacks

  1. […] Ruang Freelance wrote an interesting post today on Pentingnya liburanHere’s a quick excerptJika sedang suntuk atau jenuh, saya mengambil libur satu hari untuk bersantai dan bermain Wii seharian…. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *