Pentingkah Magang Bagi Mahasiswa?

Bagi mahasiswa yang telah memasuki tahun ketiga atau ke empat (semester 5, 6, 7 dan 8), mereka akan melakukan kegiatan magang atau PPL (bagi mereka yang mengambil jurusan pendidikan). Sebagian dari mereka mungkin memiliki pertanyaan, “Mengapa harus ada magang sih?” Untuk menjawabnya, mari kita simak jawabannya.

shutterstock_180345857

Freelancer Image via Shutterstock

Magang atau pelatihan adalah proses melatih, kegiatan atau pekerjaan (KBBI edisi 2, Balai Pustaka, 1989). Noe, Hollenbeck, Gerhart & Wright (2003:251) mengemukakan, training is a planned effort to facilitate the learning of job-related knowledge, skills, and behavior by employee. Maksudnya adalah pelatihan merupakan suatu usaha yang terencana untuk memfasilitasi pembelajaran tentang pekerjaan yang berkaitan dengan pengetahuan, keahlian dan perilaku oleh para pegawai.

Apa itu magang? Apa ada Undang-Undang atau peraturan khusus yang mengatur mengenai magang?

Masalah magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Menteri tersebut, Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Apa bedanya pelatihan kerja dengan magang?

Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK kelas 3 (PKL) sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan. Sedangkan pelatihan kerja biasanya diikuti oleh pekerja yang sudah menandatangani kontrak dengan perusahaan dalam rangka untuk mengembangkan kompetensi kerja dan produktifitas sang karyawan.

(sumber dari SINI)

Karena aku masih mahasiswa, berikut pengertian magang menurutku, yaitu suatu proses pengaplikasian materi yang didapat dalam proses belajar di kampus ke dalam dunia kerja yang nyata.
Aku memang belum melaksanakan magang, karena jadwal magangku baru ada ketika memasuki kuliah semester 8.

Pada awal bulan Mei 2014 lalu aku mendapati tugas praktik kampus yang mewajibkan aku bersama lima teman sekelompok menetap di Desa Guwo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali untuk praktik kerja lapangan di Puskesmas Kemusu II. Tugas utama kami di sana adalah melakukan investigasi penyakit potensi wabah. Karena kami seminggu berada di sana, selain tugas magang, kami pun ikut membantu pekerjaan petugas di sana.

Dari proses bekerja yang sempat kulihat di sana, kusimpulkan seperti ini:

  • Sopan santun dengan semua staf tenaga kerja di tempat magang.
  • Pro aktif menawarkan apa yang bisa dibantu, karena sepertinya kita tidak akan dimintai bantuan kalau kita tidak meminta bertanya.
  • Mengikuti segala peraturan yang ada di tempat kerja.
  • Jalin komunikasi yang baik dengan semua staf yang ada.
  • Kerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh.
  • Ambil pengalaman sebanyak-banyaknya untuk modal ketika sudah benar-benar masuk dunia kerja.

Pada umumnya setiap kegiatan akan memiliki suatu manfaat. Tak terkecuali magang pun memiliki manfaat antara lain:

  • Mahasiswa dapat merasakan langsung interaksi di dunia kerja.
  • Untuk memperoleh pengalaman kerja.
  • Untuk memperoleh pengetahuan baru dari dunia kerja.
  • Berlatih mengaplikasikan teori yang di dapat selama kuliah ke dalam dunia kerja.

Berdasarkan beberapa contoh manfaat magang di atas, pertanyaan kenapa harus ada magang sih? Jawabnya ya harus karena selain beranfaat bagi pihak sekolah (kampus) dan pihak kantor (atau perusahaan) magang juga bermanfaat untuk mahasiswa yang melakukannya.

Bagiku pribadi magang sangatlah penting. Karena selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, kita juga bisa tahu seperti apa sebenarnya dunia kerja itu, sebelum nantinya kita kerja nyata setelah kelulusan.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Hey exceptional website! Does running a blog lioe this require a great deal of
    work? I have no knowledge of computer programming
    howedver I had been hoping to start my own blog soon. Anyway, should
    youu have any recommendations or tips for new blog owners please
    share. I understand this is off topic but I just wanted
    to ask. Appreciate it!

    • says

      Blogging itu tentunya membutuhkan kerja untuk menuliskan atau memposting artikel km. Cuma kalau diawal perlu kerja ekstra untuk memilih template yang sesuai. Sedikit tips dariku mulailah bikin blog km sekarang, ga usah bingung bakalan ramai atau sepi itu blog, setelah itu rajin-rajinlah blogwalking. Salam blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *