Penawaran Freelancer yang Meniadakan Keberatan Calon Pembeli

Saat menawarkan produk atau jasa, seorang freelancer harus dapat menciptakan penawaran yang meniadakan keberatan calon pembeli. Pada umumnya keberatan pembeli adalah :

  • Apakah harga terlalu mahal ?
  • Apakah kualitasnya sesuai harapan saya?
  • Apakah saya benar-benar membutuhkan produk atau jasa ini?
Marketing : Efek Costumer Evangelist - Ruang Freelance

Marketing : Efek Costumer Evangelist – Ruang Freelance / Shutterstock

Inilah langkah lima cerdas yang harus freelancer saat melakukan penawaran cerdas, yaitu :

Money Back Guarantee

Money back guarantee menghindari penyesalan pembeli Anda jika hasil yang didapat tidak sesuai harapan. Apabila produk atau jasa kita benar-benar bagus, tidak ada satu pun yang akan mengklaim kekecewaan. Konsumen di AS dilindungi oleh undang-undang, yaitu selama 30 hari mereka boleh melakukan money back guarantee dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Bila kenaikan omzet dan keuntungan lebih kecil daripada jumlah orang yang tidak puas tetap lakukan money back guarantee, tetap tingkatkan dan perbaiki produk dan jasa Anda. Pada kenyataannya jarang orang yang tidak puas dan meminta uang mereka dikembalikan. Money back guarantee bisa Anda anggap sebagai biaya promosi bagi produk atau jasa Anda.

Coba Gratis Sebelum Membeli

Seorang penjual parfum dan kosmetik sering melakukan teknik ini. Ia menyediakan contoh parfum agar calon pembeli bisa mencoba aroma yang mereka sukai. Dengan penawaran yang sensasional ini calon pembeli banyak yang membeli produk Anda, karena mereka telah mengenal produk atau jasa Anda sebelum benar-benar mengeluarkan uang dari dompet mereka.

Berpenampilan Menarik

Sebagai penjual produk atau jasa, Anda harus berpenampilan menarik agar calon pembeli percaya dengan kualitas Anda, apa pun jenis produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Tunjukkan Hasil

Tunjukkan hasil kerja terbaik Anda, sebagai jaminan kualitas bagi calon pembeli. Contoh : Bagi freelancer yang berprofesi sebagai editor, tunjukkan buku-buku yang pernah Anda sunting. Bagi illustrator, tunjukkan contoh-contoh gambar terbaik Anda.

Bayar Berdasarkan Hasil

Konsumen hanya akan membayar bila mencapai target tertentu sesuai harapan calon pembeli dan jika tidak, mereka tidak perlu membayar Anda.

Kelima jurus di atas mampu membuat penawaran Anda meniadakan keberatan calon pembeli, sehingga freelancer berpeluang mendapatkan proyek atau pekerjaan. Semoga misi penawaran Anda berhasil.

Referensi :

Marketing Revolution, Tung Desem Waringin, Gramedia, Jakarta, Juli 2008.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *