Inilah 9 Peluang Freelancer Menghasilkan Uang

Tak mudah menjadi seorang freelancer. Banyak orang mengatakan, ini jauh lebih sulit ketimbang menjadi pekerja kantoran tetap—yakni mereka yang punya aktivitas kerja berulang selama delapan jam setiap hari, setiap bulan, setiap tahunnya. Kesulitan itu terutama kentara dalam: ketidakstabilan pendapatan. Tapi ingatlah ini, ketimbang harus menghadapi rutinitas yang sama, seorang freelancer bisa dengan bebas menentukan jam kerjanya. Adapun pola kerja seorang freelancer adalah mencari cara untuk mendapatkan klien, menyelesaikan pekerjaan, dan pindah. Lalu bagaimana seorang freelancer bisa terus mempertahankan ritme dan bertahan hidup? Berikut adalah sembilan peluang freelancer untuk menghasilkan uang:

1. Mencari Passive Income

Mencari Passive Income

Mencari Passive Income / Ruang Freelance / youtube.com

Passive income merupakan sumber pendapatan terbaik, karena seorang freelancer tak perlu melakukan apa-apa setelah pekerjaannya selesai. Seorang freelancer bisa mendaftarkan karyanya di beberapa situs yang menjual foto, ikon, template, atau konten. Ingatlah, di luar sana, selalu ada seseorang atau pihak yang bersedia menjembatani Anda dengan klien.

Tentu saja dengan ketentuan bagi hasil, ya!

Baca juga :

2. Jasa Hosting

jasa Hosting

Jasa Hosting / Ruang Freelance / b2evolution.net

Bukan berarti Anda harus memulai perusahaan hosting sendiri. Tetapi, setelah bertahun-tahun, Anda mungkin akan bekerja bagi banyak klien atau menciptakan sejumlah besar website untuk mereka. Mengapa tidak ikut serta menawarkan hosting?

“Menangkap” langsung klien untuk layanan Anda sendiri akan berdampak pada tambahan “bonus tahunan” dengan hanya sedikit usaha. Jangan lupa pula pada pembuatan perjanjian tertulis yang mengikat, untuk mencegah bila suatu saat ada kemungkinan Anda yang dirugikan.

3. Menjadi Freelancer untuk Perusahaan

Menjadi Freelancer untuk Perusahaan

Menjadi Freelancer untuk Perusahaan / Ruang Freelancer / carihoki.blogspot.com

Jenis pekerjaan ini tentu saja sangat berlaku bagi para desainer grafis. Ingatlah ini, setiap perusahaan—apa pun bentuk dan besarannya—pasti membutuhkan jasa Anda untuk merancang poster, kartu nama, plastik kemasan, dan lain sebagainya. Tawari mereka layanan Anda, lalu jelaskan tentang seberapa pentingnya kualitas desain bagi perusahaan.

Jika diperlukan, Anda bahkan bisa membuat perjanjian dengan mereka, di mana mereka harus membayar upah bulanan Anda, atau mungkin—dengan “uang tambahan” sebagai biaya lembur.

Baca juga :

4. Menulis

Menulis

Menulis / Ruang Freelance / timur-angin.com

Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menuangkan gagasan di atas kertas, mungkin inilah saatnya untuk menjadikannya peluang menghasilkan uang. Kita tahu, blog sendiri telah menjadi hal populer—juga kesempatan baik memperoleh pendapatan—dalam penyebarluasan informasi dan pengetahuan di internet.

kontenesia - jasa penulis artikel profesional

Bagaimana bila Anda lebih suka “berbicara” ketimbang menulis? Jangan khawatir. Rekam suara maupun gambar Anda—bahkan dengan kamera sederhana sekalipun—dan Anda sudah berhasil membuat video tutorial! Ada banyak situs yang bahkan akan senang menerima video Anda dengan bayaran yang setimpal!

Baca juga :

5. Bekerja Sebagai Outsourcing

Bekerja Sebagai Outsourcing

Bekerja Sebagai Outsourcing / Ruang Freelance / yandiki.com

Anggap saja, Anda berada di sebuah titik di mana Anda sudah punya reputasi dan koneksi—sementara teman-teman Anda, tidak. Tetapi bagaimanapun itu, Anda sadar, bahwa orang-orang terdekat ternyata punya keterampilan dan kualitas tertentu yang bisa “dijual.” Tawarkan keterampilan dan kualitas mereka kepada klien (tentu saja dengan perjanjian yang sudah disepakati). Hasilnya, Anda bisa mendapatkan uang (dengan sedikit usaha), sekaligus memberi pekerjaan kepada teman. Win-win solution!

Meski begitu, sebelum benar-benar memulainya, pastikan Anda punya teman yang bisa dipercaya. Jangan lupa pula untuk segera membuat kontrak (perjanjian tertulis) yang tepat untuk mencegah datangnya masalah.

6. Jualan via Toko Online

Jualan via Toko Online

Jualan via Toko Online / Ruang Freelance / kgns.tv

Banyak pebisnis yang dahulu tak pernah sadar, seberapa besar kesempatan bila menjual produk mereka secara online. Tapi, lihatlah sekarang! Bisnis online kian menjamur dan semakin marak. Apa artinya?

Bisnis online shop (toko online) sendiri berawal dari kepekaan beberapa orang dalam melihat peluang. Ketika berhasil, pada akhirnya orang akan sadar: di tengah kecanggihan teknologi dan dunia internet, seharusnya mereka bisa bekerja lebih cerdas—bukan hanya bekerja keras—untuk mendapatkan hasil yang menggiurkan dan tentunya, efektif.

Pertimbangkan hal ini: bisnis online shop merupakan sumber pendapatan yang minim risiko dan menyenangkan. Apalagi, Anda tak perlu mengorbankan sesuatu (membayar biaya toko, dsb) untuk mendapatkan sesuatu.

7. Bekerja untuk Website Perusahaan Startup

Bekerja untuk Website Perusahaan Startup

Bekerja untuk Website Perusahaan Startup / Ruang Freelance / forbes.com

Ada begitu banyak situs di luar sana, dan menjadi hal yang sangat baik jika Anda bekerja pada mereka. Selain model pembayaran “tetap” tiap bulan, biasanya, Anda akan diminta siap untuk terus bekerja dalam periode yang lama.

Anda harus tahu, pada sebuah website, suatu pekerjaan tidak pernah benar-benar berakhir. Jarang sekali perusahaan yang ingin mengganti staf yang ada. Meski begitu, harus diingat, memulainya sebagai “orang baru” pada sebuah situs besar, bukanlah hal yang mudah. Bila beruntung, Anda akan punya atasan yang menyenangkan, tetapi bila sebaliknya, pekerjaan akan jadi hal yang menyebalkan untuk Anda.

8. Menerbitkan Buku

Menerbitkan Buku

Menerbitkan Buku / Ruang Freelance / booksbytesbeyond.com

Di zaman sekarang, di mana mayoritas besar orang terpaku pada “layar” pada sebagian besar waktunya, banyak orang masih menyukai buku—kumpulan ide/informasi yang tercetak pada lembaran kertas—untuk dibaca. Karenanya, menerbitkan buku tentu bisa memberikan manfaat besar—bukan hanya bagi “kantong” tetapi juga “reputasi.”

Tidak paham soal dunia penerbitan? Tak masalah! Banyak orang di luar sana yang ingin melakukannya untuk Anda—dengan catatan bagi keuntungan dan buku yang ingin Anda cetak, harus berkualitas.

9. Bisnis Start-up

Bisnis Start-up

Bisnis Start-up / Ruang Freelance / www.teropongbisnis.com

Jika Anda seorang fulltime-freelancer, mungkin Anda wajib mencoba menciptakan bisnis start-up Anda sendiri. Punya ide tapi tak punya kemampuan? Tenang, selalu ada orang yang bisa Anda ajak kerja sama untuk melakukannya—tentu dengan perjanjian bagi hasil.

Meski bisnis ini adalah pertaruhan terbesar—di mana sebagian besar orang gagal—tetapi bila Anda ingin selangkah lebih maju, maka inilah saatnya. Setiap start-up selalu mulai dari hal kecil, dan apa yang mereka akan dapatkan tergantung pada gagasan, keterampilan, juga keberuntungan.

Baca juga :

Tentu saja, sembilan peluang freelancer menghasilkan uang di atas bukanlah hal mutlak. Anda selalu bisa menemukan sumber penghasilan tambahan yang lebih “pas” untuk Anda. Poinnya adalah: teruslah mencari. Setidaknya, bila Anda belum menemukan, Anda bisa terus menerus memutar otak dan berpikir hal-hal yang Anda butuhkan untuk berhasil.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *