Passive income: Kontes desain kaos ala Indonesia

Saat ini konten lokal semakin semarak di Indonesia, baik dari blog, marketplace hingga web audio video. Artikel kali ini membahas situs marketplace yang dibuat oleh teman-teman Indonesia untuk para desainer grafis Indonesia khususnya desainer grafis kaos. Marketplace yang kita bahas saat ini adalah gantibaju.com, Mentridesainindonesia dan mavensleague.com.

Gantibaju.com

gantibaju.com

gantibaju.com

Website yang diprakarsai oleh Aria Rajasa, Anang Pradipta, Setyagus Sucipto dan Anggi Krisna telah hadir di Indonesia sejak 17 maret 2009. Website ini sangat terinspirasi dari threadless dan mereka para founder sangat menyukai konsepnya dan memutuskan untuk mengembangkannya disini. Mereka yakin desainer lokal tidak akan kalah dengan desainer luar, dan bila diberikan kesempatan yang sama, bisa menghasilkan karya yang lebih hebat lagi. Gantibaju.com

juga memberikan hadiah total 1,4 juta dan royalti sebesar 10% kepada para desainer yang mengikuti kontes yang akan diadakan 1 bulan sekali tersebut. Hingga sekarang sudah terdaftar 160 desainer lebih dan 27 desain yang siap dipilih untuk tema INDONESIA BANGET.

Mentri Desain Indonesia

mentridesainindonesia

mentridesainindonesia

Website yang dikelola oleh Wahyu Aditya juga menggunakan konsep yang hampir sama dengan threadless. Awalnya ia mengelola situs Kementrian Desain Republik Indonesia yang berisikan hasil kreasi isengnya hanya untuk menyalurkan bakat menggambarnya dengan memberikan ide-ide segar kepada Indonesia. Setelah kurang lebih 3 tahun mengembangkan situsnya dengan mengajak para pengunjungnya ikut serta dalam pengisian konten, lalu Wahyu Aditya mempunyai ide untuk membuat marketplace dengan tema kontes baju. Hadiah yang ditawarkan sebesar 500 ribu rupiah untuk 1 pemenang dan 10% royalti. Saat ini koleksi kaos yang dijual sudah berjumlah 9 buah dengan harga 70.000-80.000/buah. Tema yang diusung hingga kini masih seputar Indonesia dan tanpa waktu tenggat.

Mavensleague

mavensleague

mavensleague

Mavenleague menyatakan dirinya sebagai website kompetisi desain T-Shirt pertama di Indonesia. Hingga kini websitenya masih dalam proses alpha testing karena kontennya masih dummy semua, tapi dalam waktu dekat website ini juga akan memberikan peluang bagi para desainer grafis Indonesia. Mereka juga memberikan hadiah sebesar 500 ribu rupiah dan 10% royalti plus 5 juta hadiah tahunan, wow 😀 . Desainer yang sudah bergabung mencapai 120 orang, jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Bagaimana dengan teman-teman desainer grafis Indonesia? apakah tertarik dengan layanan yang mereka berikan kepada Anda? Anda akan diberikan nilai lebih dari seperti biasanya, yaitu mempunyai nilai royalti 10% dari setiap penjualan kaos + hadiah tentunya yang akan diberikan setiap bulan 😀 .

Share pengalaman Anda disini dan update artikel menarik ruangfreelance dengan berlangganan RSS, email, dan twitter.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    Bagus nih bos… buat nambah adu keratif para designer INDONESIA… LANJUT BOSSS…

    jangan lupa pada kunjungi juga website pertama di indonesia yang mejual merchandise kaos band2 INDONESIA…!!!

    support ur local hero !

  2. aris says

    Jah, ini mah yang nulis blognya yang punya tu situs sendiri a.k.a pengurus di gantibaju.com Promosi nih yeeeee

  3. says

    Lomba desain kaos banyak memberikan inspirasi bagi para desainer , Alangkah bagusnya kalau desainnya asli bukan produk komputer.

Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *