Para Freelancer, Yuk, Bijak Kelola Waktu!

Kemampuan manajemen waktu yang baik, sangat dibutuhkan oleh semua orang, baik pekerja kantoran maupun freelancer. Namun, manajemen waktu para freelancer sangat menarik untuk dibahas karena merekalah satu-satunya yang menentukan bagaimana mengatur waktu kerja mereka. Jika pegawai kantor mengikuti aturan jam kerja perusahaan, lalu bagaimana dengan para freelancer?

Dalam dunia freelancing, Anda akan dibayar sebanyak waktu yang Anda habiskan untuk bekerja. Jika Anda meletakkan harga Rp 30 ribu untuk satu jam kerja, maka Anda akan dibayar sebesar Rp150 ribu ketika mengerjakan proyek selama 5 jam.  Waktu adalah uang. Pepatah ini mungkin sangat dekat dan nyata bagi para freelancer.

Lalu bagaimanakah sebaiknya para freelancer mengelola waktu yang mereka miliki? Berikut ini adalah beberapa tips mengelola waktu yang bisa Anda praktikan di rumah sebagai freelancer.

1. Prioritaskan Deadline yang Anda miliki

Prioritaskan Deadline yang Anda miliki

Prioritaskan Deadline yang Anda miliki

Tandai kalender pada tanggal yang telah Anda setujui bersama dengan klien sebagai tenggat waktu proyek diselesaikan. Jika Anda memiliki berbagai pekerjaan, utamakan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu terdekat terlebih dulu. Jangan lakukan semuanya secara bersamaan karena hanya akan membuat semuanya kacau.

2. Buatlah Jadwal untuk Makan dan Mengemil

Buatlah Jadwal untuk Makan dan Mengemil

Buatlah Jadwal untuk Makan dan Mengemil

Jangan lakukan keduanya di saat Anda sedang bekerja!

Makan di saat bekerja hanya akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaan. Mungkin saja, dengan cara tersebut, Anda justru membuang banyak waktu yang dimiliki!

3. Jangan Membuang-Buang Waktu

Jangan Membuang-Buang Waktu

Jangan Membuang-Buang Waktu

Jangan pernah berpikir bahwa Anda punya banyak waktu. Meski itu hanya 15 menit, jangan pernah membuang waktu Anda!

Gunakan seluruh waktu untuk bekerja dan usahakan untuk bekerja secara efektif. Ingatlah, 15 menit dapat Anda gunakan untuk banyak hal yang dapat membuat pekerjaan selesai dengan cepat.

 

Baca juga:

 

4. Aturlah Energi Anda

Aturlah Energi Anda

Aturlah Energi Anda

Jika Anda merasa tidak terlalu bersemangat atau sedang tidak dalam kondisi yang fit, mulailah bekerja dengan melakukan hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Sebaliknya, jika Anda merasa sangat bersemangat dan dalam kondisi yang fit, Anda bisa memulai bekerja dengan mengerjakan bagian tersulit lebih dulu.

Jangan paksakan tubuh dan otak Anda bekerja jika Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi. Lebih baik istirahat terlebih dulu, dan melanjutkannya kembali ketika sudah merasa lebih baik.

5. Matikan Wi-fi

Matikan Wi-fi

Matikan Wi-fi

Sama halnya dengan makan, koneksi internet juga merupakan salah satu penyebab pikiran Anda menjadi terbagi. Ingatlah, bahwa ketakfokusan hanya akan menghabiskan dan membuang waktu Anda secara percuma.

6. Buatlah To-do-list

Buatlah To-do-list

Buatlah To-do-list

Letakkan pekerjaan yang paling mudah di daftar paling atas untuk pemanasan agar tubuh dan otak Anda tidak “keram” nantinya. Setelah to do list dibuat, cobalah untuk menaatinya sehingga tidak berakhir sia-sia.  Ikutilah daftar pekerjaan yang telah Anda buat. Latihlah diri Anda untuk menjadi lebih disiplin lagi.

Itulah beberapa cara dan tips mengelola waktu yang dapat Anda lakukan sebagai seorang freelancer profesional. Jika tidak ada satu pun cara yang berhasil Anda terapkan, maka ingatlah kembali motivasi Anda bekerja. Apakah itu untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak? Apakah karena ingin menabung dan membeli mobil? Apa karena ingin jalan-jalan keluar negeri? Atau karena cicilan rumah yang menunggak?

Ingatlah, waktu adalah uang. Jika waktu yang Anda miliki hanya Anda habiskan untuk hal-hal yang kurang penting saja dan bukannya bekerja, maka bagaimana bisa Anda menghasilkan uang?

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *