Mulailah Sekarang! Lakukan Saja!

Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai! Jangan tanyakan dukun Anda kapan waktu yang tepat untuk memulai bekerja sebagai freelancer, (karena dukun Anda ponselnya jadul dan mustahil mengikuti linimasa @ruangfreelance- eiit jangan tertawa!). Strategi terbaik adalah langsung melompat masuk dan memulai. Untuk menjadi freelancer, Anda tak harus mengundurkan diri (resign) dari kantor Anda. Gunakan saja waktu luang Anda untuk mengerjakan pekerjaan freelance.

Mulailah Sekarang - Ruang Freelance

Mulailah Sekarang – Ruang Freelance / Shutterstock

Anda ingin terjun ke bisnis restoran? Untung pertamanya dari bisnis ini adalah Anda selalu punya lauk pauk di rumah. Cari pekerjaan di restoran dan mulailah pelajari bisnis itu. Anda ingin menjadi koki? Bagus! Daftarkan diri kursus memasak. Ambil tindakan dan mulailah hari ini juga! Anda tak perlu mengetahui semuanya untuk memulai. Masuk saja ke dalam permainan. Anda akan belajar sambil melakukan (learning by doing).

Jangan salah paham. Saya sangat mendukung pendidikan, pelatihan, dan pembaharuan keterampilan. Jika memerlukan lebih banyak pelatihan, pergi dan carilah pelatihan atau workshop yang Anda inginkan. Kuncinya adalah memulai. Berhentilah menunggu sampai Anda benar-benar siap. Hal itu takkan pernah terjadi.  Sebagian besar kehidupan merupakan pelatihan on the job. Beberapa hal terpenting hanya bisa dipelajari dalam proses melakukannya. Anda melakukan sesuatu dan dapat umpan balik – tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak. Jika Anda tidak melakukan apa pun karena takut  melakukannya, enggan banyak kesalahan, buruk, atau amburadul, Anda takkan pernah mendapat umpan balik dan karena itu Anda takkan pernah menjadi lebih baik.

Ketika memulai karir menjadi penulis artikel di Ruang Freelance ini, saya mengirimkan tujuh artikel berturut-turut dalam sepekan, tetapi semua ditolak admin. Mereka bilang terlalu ringan, tidak menarik, dan sebagainya. Kemudian saya meminjam ilmu keteguhan hati dari Om Steve Jobs, yang mengatakan, ”Keteguhan hati tidak selalu meraung-raung. Kadang keteguhan hati hanyalah suara letih pada akhir hari yang berkata, ‘Saya akan coba lagi besok.’” Dan akhirnya artikel saya dimuat.

Ketika Donald Trump membangun gedung pertamanya, ia tidak sadar bahwa ia akhirnya akan memiliki kasino, lapangan golf, resort, kontes Miss USA, dan reality show di televisi Amerika Serikat. Saat itu ia hanya tahu bahwa ia ingin membangun gedung-gedung megah dan akhirnya terjadi dalam perjalanan hidupnya. Setiap kesuksesan baru membuka kemungkinan baru yang tak terduga. Jika Anda langsung mengarah ke tujuan yang ingin Anda capai, mulailah dan terus melangkah maju, berbagai macam peluang yang tak terduga akan tumbuh dari gerakan maju itu. Selamat berpacu dalam proyek freelance.

Referensi :

1. The Success Prinsiples, Cara Beranjak dari Posisi Sekarang ke Posisi yang Anda Inginkan, Jack Canfield (guru The Secret) dan Janet Switzer, Gramedia, Jakarta, 2005.

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. says

    saya pengin ikut bergabung menjadi pekerja freelance…tapi memulainya bgmana? trus ikut dimana yg betul2 kerja bukan hanya kerja bohongan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *