Mitos Tentang Inspirasi dan Semangat (2)

Lanjutkan bacanya dari artikel sebelumnya “Mitos Tentang Inspirasi dan Semangat (1) ke sini yuk!

shutterstock_180899951

Freelancer Image via Shutterstock

Bekerjalah Meski Jika Kamu Sedang Tak Ingin

Bekerja hanya jika sedang terinspirasi hanyalah untuk seorang bintang musik rock. Lihat saja berapa banyak dari mereka yang berhenti bekerja ketika mereka merasa tak harus melakukannya. Pada akhirnya, toh kita semua ingin dibayar, kan? Kita ingin meluncurkan produk baru dan kita juga ingin sukses. Coba pikirkan ini: Maukah kamu tetap terinspirasi selama 24 jam sehari? Saya gak yakin. Kamu gak akan pernah bisa tidur. Selain itu, jika kita semua punya ide-ide cemerlang, bagaimana saat kita menghadapi sebuah ide buruk?

Kita Tak Dibayar Untuk Terinspirasi, Tetapi Untuk Menghasilkan

Ini adalah kenyataan yang menyedihkan dan hanya berlaku untuk pekerjaan klien, tetapi masih layak untuk disebut. Ketika dorongan berubah menjadi desakan, klien tak peduli apakah kamu terinspirasi atau bersemangat tentang sebuah idea tau proyek (mereka akan berkata bahwa mereka peduli), yang mereka pedulikan hanya hasil akhir. Kenyataannya, hal yang merisaukan mereka adalah membuat pengumuman untuk kantor tentang proyek itu. Ditunggu oleh para atasan, kan? Mereka ingin proyek yang sudah selesai lengkap dan beres pada tanggal yang disetujui. Tak bisa menghindar dari persetujuan ini, kan?

Semakin Keras Bekerja, Semakin Beruntung

Saya berani bertaruh bahwa pernyataan ini benar. (Eh tunggu, ini pernyataan atau motto? Entahlah.) Gak ada keraguan tentang hal ini: Semakin keras kamu bekerja, semakin kamu beruntung. Sekarang, jika ada poster inspirasi yang bagus, cobalah tempel di dinding. Dengan melihatnya setiap hari, sementara tetap menulis dan mendesain, kamu akan menemukan betapa semakin beruntungnya kamu setiap hari. Semuanya tampak mengalir dan terjadi karena kamu tetap mendorong dirimu mengerjakannya. Pernah gak sih menyadari bahwa orang-orang membantumu dengan caranya masing-masing. Terkadang saya menerima tambahan semangat bahkan dari orang yang benar-benar tidak saya kenal. Kalau itu bukan termasuk alasan untuk tetap terinspirasi lagi dan lagi, entah apa itu namanya.

Akhirnya hal ini yang akan mendorongmu saat kamu merasa down, plus membawa inspirasi dan keberuntungan lain tanpa kamu pernah memintanya. Bekerja keras dengan proyek dari klien yang memang kamu ingin kerjakan akan membantumu menyeberangi keputusasaan menuju harapan. Bangunlah sejam lebih awal jika kamu merasa harus dan yakinkan dirimu sendiri pada pekerjaan yang sangat penting itu.  Mostly, para pekerja seni atau desainer atau penulis, tidur lebih awal (pukul sepuluh malam?) bangun pada saat subuh membuat pikiran lebih cemerlang dan kreatif. Inspirasi adalah hal yang tidak tetap. Coba pindah sejenak ke proyek pribadimu yang terkadang dapat membantumu melihat proyek membosankan itu, ketika setiap jam nampak membuatmu ingin menyerah. Alihkan sedikit ketegangan pikiranmu. Tetapi ingat, semakin kamu bergerak, semakin kamu ingin memaksanya segera selesai, dan gotcha! Semakin beruntunglah kamu!

Munculkan, Sambungkan, dan Hilangkan

Cara terbaik untuk mengawalinya adalah dengan memulainya dan cara terbaik untuk mengakhirinya adalah menyelesaikannya, tanpa memerhatikan bagian keringnya antusias dan semangatmu. Jangan bingung untuk memunculkan ide dan menghilangkan cara untuk melanjutkan sebuah proyek yang seharusnya kamu buang sejak lama. Jelas banget gak semua proyek benar-benar memiliki arti buat karirmu. Tapi bagian untuk bertahan hidup sih, butuh kan? I’m talking about working on things that should and need to be finished.

Sebagai penutup, ada kutipan dari James Clear yang bisa direnungi. James sedang berbincang dengan seorang pelatih atletik yang sedang melatih para atlet Olimpiade dan dia bertanya, “Apa perbedaan antara atlet terbaik dengan orang lain? Apa sesungguhnya yang dilakukan orang sukses yang tidak dilakukan kebanyakan orang?”
“Pada satu titik,” jawab sang pelatih, “kesuksesan datang pada siapa pun yang dapat menangani kejenuhan berlatih setiap hari dan melakukan hal yang sama lagi dan lagi dan lagi.”
Keren.

Share pengalamanmu ya!

Ruang Freelance

Ruang Freelance merupakan wadah para freelancer untuk saling berbagi pengalaman mengenai dunia freelance mereka. Kategori yang dibahas seputar freelance online, money management, paypal, social networking, make money dan banyak lagi. Tapi, kami akan berusaha untuk memberikan yang terbaik disetiap tulisan. Dan, kami juga bukan ahli Bahasa Indonesia, mohon maaf apabila tulisan kami tidak EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Comments

  1. Kupu Ngaeran says

    Thanks bgt sharenya Mba..

    byk tawaran untuk balik ngantor dari temen2 ke saya yang hampir 2 tahun freelance, ditengah krisis badai keuangan gini membuat keimanan freelance saya goyah 😛

    lewat baca ini inysaAllah balikin mood lagi, untuk lanjutin projek2 yang udah masuk dan tak kunjung kapan selesai yang jelas “kesuksesan datang pada siapa pun yang dapat menangani kejenuhan berlatih setiap hari dan melakukan hal yang sama lagi dan lagi dan lagi.”

    🙂 salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *