Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan

Kerja sampingan biasanya diartikan sebagai tambahan dari kerja utama. Tetapi maksud dari kerja sampingan bukan berarti  Anda mengenyampingkan pekerjaan ini. Kunci dari setiap pekerjaan yaitu konsistensi. Jika Anda ingin mendapatkan kerja sampingan , itu artinya Anda dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual.

image by Robert Loerzel on flickr

image by Robert Loerzel on flickr

 Ada beberapa jenis kerja sampingan yang tentunya bisa meningkatkan rupiah atau malah dollar di kantong Anda berdasarkan keahlian Anda :

1. Keahlian Mengajar

Keahlian Mengajar - Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - se-lesprivat.weebly.com

Keahlian Mengajar – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – se-lesprivat.weebly.com

Jika Anda merasa memiliki sifat yang senang berbagi, sabar, dan perkataan Anda mudah dimengerti oleh orang lain , mungkin tanpa Anda sadari, Anda memiliki kemampuan mengajar. Coba tanya orang di sekitar Anda bagaimana karakter Anda dalam hal mengajar. Jika kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa Anda memiliki jiwa pengajar, Asahlah kemampuan itu.  Mungkin, Anda bisa menjadi pengajar privat untuk menambah pundi-pundi rupiah di kantong Anda lewat kerja sampingan ini.

2. Keahlian Menulis

Keahlian Menulis - Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - glints.com

Keahlian Menulis – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – glints.com

Semua orang bisa menulis. Bagaimana tidak? Kita sudah diajarkan menulis sejak kecil. Tetapi, hanya sebagian dari kita yang bisa merangkai kata sehingga tulisan yang dibuat pun menjadi enak dibaca. Jika passion Anda saat ini adalah menulis. Coba jadikan ini sebagai kerja sampingan Anda. Mulai dari mencoba menulis cerpen dan mengirimkan ke majalah, mencari klien lewat tulisan-tulisan Anda, atau Anda bisa memulai follow @nulisbuku untuk bisa mendapatkan info terbaru atau menambah teman dari sini.

3. Penjual

Penjual - Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - modus-modusan.blogspot.com

Penjual – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – modus-modusan.blogspot.com

Ada 2 pilihan jika Anda ingin berjualan, menjual kembali dari penjual sebelumnya atau membuat produk orginal dan langsung menjualnya. Semuanya terserah Anda. Bukan persoalan modal besar atau kecil, tetapi lebih ke berani atau tidak mengambil resiko. High risk hight return.

4. Social Media

Social Media - Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - forbes.com

Social Media – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – forbes.com

Anda lebih eksis di dunia maya? Suka sekali online? Nah, kesempatan ini jangan dibuang sia-sia. Jadikan ini sebagai tempat Anda meraup pundi-pundi rupiah.  Banyak loh milyarner yang meraup pundi pundi rupiah lewat social media. Anda kapan menyusul?

5. Marketing

Marketing - Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - eggzack.com

Marketing – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – eggzack.com

Ada beberapa orang yang hanya ingin mempromosikan barang yang dia jual, tetapi jika Anda memang hobby mempromosikan sesuatu dengan ide yang menarik dan inovatif, kenapa tidak dicoba kerja sampingan dengan keahlian Anda ini?

6. Keahlian Vokal

Keahlian Vokal -  Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan - yellowcabin.com

Keahlian Vokal – Meraup Pundi-Pundi Rupiah lewat Kerja Sampingan – yellowcabin.com

Anda merasa memiliki suara yang bagus? Mengapa tidak mencoba menjadi penyanyi kafe atau MC atau penyiar radio. Lumayan banget loh !

Baca Juga :

Jadi, Anda ingin meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak lagi dan lagi. Mengapa tidak mencoba  kerja sampingan?

3 Comments

  1. Irawan

    Andaikata bisa memanfaatkan peluang yang ada pastinya bila ditekuni akan membawa kesuksesan bagi kita kelak dan bahkan lebih menguntungkan dari pada usaha utama kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *